Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rully Andhika
"Linear Scheduling Method (LSM) adalah metode penjadualan yang khusus diperuntukan untuk proyek repetitive. Pada metode ini ada satu pilihan cara penjadualan yaitu dengan membiarkan suatu kegiatan tidak kontinu (terputus-putus) sehingga menimbulkan adanya idle time, tetapi dengan hasil durasi proyek yang menjadi lebih pendek.
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana penerapan cara penjadualan tadi di lapangan, apakah memungkinkan dan menguntungkan, atau malah sebaliknya. Dalam penelitian ini, cara tersebut diistilahkan dengan nama Linear Scheduling Method (LSM) with idle, akan dibandingkan dengan cara pemendekan durasi proyek yang urnum dilakukan, yaitu cara Crashing. Gunanya untuk mengetahui berapa besar perbandingan kemampuannya dalam memendekkan durasi proyek.
Proyek-proyek repetitif yang akan ditinjau adalah proyek dengan jenis yang sama, yaitu proyek pemipaan. Dari masing-masing proyek-proyek tersebut, akan dihitung berapa hari durasi proyek yang bisa diperpendek dengan memakai dua metode tadi, dan berapa biaya yang dibutuhkan. Kemudian hasilnya akan dibandingkan, berkenaan dengan waktu pemendekan, dan biaya yang dibutuhkan. Setelah itu, hasilnya akan dibandingkan juga dengan keuntungan tambahan yang didapatkan oleh pemilik proyek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya maksimal pemendekan durasi dengan LSM with idle tidak lebih dari 50% keuntungan tambahan yang diperoleh pemilik proyek. Artinya metode pemendekan durasi dengan LSM with idle bisa menguntungkan untuk dilakukan, dan layak untuk diterapkan apabila metode crashing tidak bisa dilakukan.

Linear Scheduling Method (LSM) is a scheduling method which is specially made for repetitive project. In this method, there is one way of scheduling which is by letting activities to be discontinued, that will caused idles, but in a shorter project duration result.
The purpose of this research is to study about the LSM implementation in field, either it is feasible and profitable, or is it just the opposite. In this research, that method will be called LSM with idle, and will be compared with crashing method, which is the common way to shorten the project duration. The purpose is to know the ability of LSM with idle in shortening the project duration compared with crashing method.
The repetitive projects that had been studied in this research have a common type, which is piping installation projects. The days that can be shorten from each project, will be counted by those two methods, and how much cost will be needed. Then the results by those two methods will be compared according to the shortened time and the cost needed. After that, the results will be also compared to the additional profit which can be earned by the project owner.
The research results shows that the maximum cost of the shortening time with LSM with idle is less than 50% of additional profit which is earned by the project owner. It means, the shortening project duration method using LSM with idle, can be profitable and feasible to apply if the crashing method cannot be done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16095
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yan Aditya Prabawa
"ABSTRAK
Perkembangan transportasi di Indonesia saat ini khususnya di DKI Jakarta
masih kurang memadai. Transportasi di Jakarta memerlukan suatu terobosan baru
untuk mengatasi kemacetan tersebut. Terobosan tersebut yaitu proyek monorail
Jakarta. Sebelum proyek tersebut dilaksanakan perlu didapatkan hasil
penyelidikan tanah secara menyeluruh pada lintasan monorail. Penyelidikan tanah
sendiri bertujuan untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh pada kondisi
tanah guna merancang fondasi dan konstruksi lintasan monorail. Dalam penelitian
ini dilakukan untuk mencari optimasi dalam kinerja waktu dan biaya sehingga
didapat hasil yang lebih efektif dan efisien. Metode yang dilakukan adalah
menggunakan fuzzy inference system dan fuzzy linear programming. Kedua hasil
tersebut kemudian dibandingkan dan diharapkan mendapatkan hasil optimasi
lebih dari 50%.

ABSTRACT
The development of transportation in Indonesia, especially in Jakarta is
still inadequate. Transportation in Jakarta needs a new breakthrough to overcome
these bottlenecks. The breakthrough is the monorail project in Jakarta. Prior to the
project needs to obtain the results of investigations conducted thorough land on
the monorail track. Soil investigation itself aims to obtain comprehensive
information on the condition of the soil in order to design the foundation and
construction of the monorail track. In this study conducted to search for
performance optimization in time and cost in order to get results more effectively
and efficiently. The method is to use fuzzy inference system and fuzzy linear
programming. Both results are then compared and it is expected to get the
optimization of more than 50%."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43331
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library