Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Potter, W. James
California: Sage, 2005
302.23 POT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Prabowo Sri Hayuningrat
"ABSTRAK
Dalam persaingan merebut perhatian pemirsa, stasiun televisi selalu
berusaha menciptakan inovasi-inovasi baru dalam tayangannya, termasuk reality
show. Penayangan reailty show mengundang cukup banyak kontroversi dari
masyarakat karena isinya yang mengandung banyak rekayasa. Penelitian kualitatif
yang bersifat deskriptif ini menggunakan definisi Potter mengenai kemampuan
message-focused pemirsa dalam melihat media literacy khalayak dewasa dini
terhadap tayangan reality show Orang Ketiga. Menggunakan paradigma
konstruktivis, kemampuan yang akan dilihat dalam penelitian ini adalah analisis,
membandingkan/mengkontraskan, evaluasi, dan abstraksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa khalayak dewasa dini menunjukkan media literacy ketika
menyaksikan tayangan tersebut. Faktor-faktor yang membentuk media literacy
khalayak antara lain adalah latar belakang keluarga, pekerjaan, pergaulan, serta
tingkat pengalaman khalayak dalam mengkonsumsi media massa.

ABSTRACT
The latest innovation created by TV stations to grab audience share is
reality television shows. These shows stir lots of controversy on the amount of
scripted materials that needed to create them. Using constructivist paradigm and
qualitative approach, this descriptive research observes media literacy on early
adulthood audience on Orang Ketiga reality show based on Potter?s message-
focused media literacy skills: analyze, compare/contrast, evaluate, and making an
abstraction. The result shows that early adulthood audience demonstrates
sufficient media literacy when watching Orang Ketiga. Factors that build media
literacy on the audience were, among others, family background, professional
background, social relationship and audience?s experience with mass media."
2010
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Satwika Gemala Movementi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5366
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Baran, Stanley J.
New York : McGraw-Hill , 2004
302BARI002
Multimedia  Universitas Indonesia Library
cover
Potter, W. James
USA: Sage Publ., 2011
302.23 POT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
David Sanjaya
"ABSTRAK
Artikel yang berjudul Persepsi Publik terhadap Akun Twitter @PKSEJATHERA menganalisis bagaimana persepsi yang ada pada publik terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang juga aktif berpolitik pada sosial mediaTwitter. Dengan respon yang cepat dan bersifat real time dari audiens dalam media Twitter, muncul permasalahan terhadap bagaimana PKS sebagai partai kader dipersepsikan oleh audiens. Dengan menganalisis opini yang beredar, dapat dikategorikan bahwa opini yang muncul melalui berbagai pertimbangan dan pemikiran terhadap informasi yang memadai (informed public opinion) atau melalui respon sesaat tanpa didasari banyak informasi yang mendukung (pseudo public opinion). Serta dari opini yang bersifat positif dan bersifat negatif dapat dilihat bahwa kedua pihak yang melontarkan opini memiliki gejala yang disebut sebagai group think, dimana solidaritas grup atau kumpulan orang yang memiliki ketertarikan yang sama dalam beropini cenderung mengutamakan kepentingan grup. Dengan alasan tersebut, PKS kedepannya diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi media dari kader dan simpatisannya agar opini yang bersifat negatif mulai berkurang.

ABSTRACT
Journal article titled Public Perception towards Twitter Account @PKSEJAHTERA analyzed about how perception towards political party Twitter account @PKSejahtera. With a real time feature that could make the audience response immediately in Twitter, found that PKS is being talked with so many form of opinion. After being analyzed, opinion towards PKS in Twitter could be categorized into well thought opinion called as informed public opinion and less thought sudden opinion called as pseudo public opinion. From the positive and negative opinion, there is some symptoms that public opinion is separated based on its interest that we called as group think. Hopefully PKS could increase its cadre and supporters media literacy, so that the negative opinion towards PKS could be decreased afterwards.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Baran, Stanley J.
New York: McGraw-Hill, 2013
302.23 BAR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Tanjung Sari
"[ABSTRAK
Berbagai penelitian mengenai media menunjukkan bahwa media memiliki efek
terhadap sikap seseorang. Sehubungan dengan penggunaan media, pemerintah
melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)
melakukan sosialisasi terkait program peningkatan kesejahteraan masyarakat
kurang mampu. Sosialisasi yang bertujuan memperkenalkan program yang
dikemas dalam istilah Kartu Sakti Jokowi menggunakan berbagai macam metode
salah satunya media massa. Bagaimana pengaruh media exposure dan media
literacy terkait berita program pada sikap penerima bantuan menjadi pertanyaan
dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk melihat
pengaruh media exposure dan media literacy terkait berita program terhadap sikap
penerima bantuan pada pemerintah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
media exposure berpengaruh signifikan terhadap media literacy karena media
literacy tidak akan terjadi tanpa adanya terpaan media. Selanjutnya media
exposure tidak mempengaruhi sikap penerima bantuan karena masyarakat
penerima bantuan sudah memiliki sumber informasi lain dalam memahami isi
berita media terkait program. Hal ini diperkuat dengan adanya pengaruh yang
signifikan antara media literacy dengan sikap. Artinya, pemahaman terhadap
konten media mempengaruhi sikap penerima bantuan. Meskipun berita memilki
sentimen negatif, tidak mempengaruhi sikap masyarakat untuk tidak menyukai
program bantuan pemerintah. Hal ini terjadi karena berbagai metode sosialisasi
yang dilakukan TNP2K menjadi sumber informasi yang menumbuhkan
pemahaman masyarakat penerima manfaat.

ABSTRACT
Many research about media indicated that media has effect towards someone’s
behavior. In accordance with the media usage, the government through Tim
Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) held dissemination
related to the prosperity improvement program for poor community.
Dissemination which aimed to introduce the program in the package of
KartuSaktiJokowi using some methods, which one of them is mass media. How is
the influence of media exposure and media literacy related to the program news
coverage towards the behavior of aid beneficiaries became a question in this
research. This research used quantitative method to see the influence of media
exposure and media literacy related to the program news coverageof the aid
beneficiaries behavior towards the government. The result of this research has
shown that media exposure is significantly influential to media literacy because
media literacy will not happened without media exposure. Media exposure has no
influence in the aid beneficiaries behavior because the aid beneficiaries have had
other information resources in understanding media content related to the
program. This is strengthened with the significant influence between media
literacy with the behavior. This means that the understanding towards media
content influences the beneficiaries behavior. Although there were news with
negative sentiment, the community’s behavior was not influenced to dislike the
government aid program. This happened because many dissemination methods
done by TNP2K became resource of information which grows the understanding
of aid beneficiaries, Many research about media indicated that media has effect towards someone’s
behavior. In accordance with the media usage, the government through Tim
Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) held dissemination
related to the prosperity improvement program for poor community.
Dissemination which aimed to introduce the program in the package of
KartuSaktiJokowi using some methods, which one of them is mass media. How is
the influence of media exposure and media literacy related to the program news
coverage towards the behavior of aid beneficiaries became a question in this
research. This research used quantitative method to see the influence of media
exposure and media literacy related to the program news coverageof the aid
beneficiaries behavior towards the government. The result of this research has
shown that media exposure is significantly influential to media literacy because
media literacy will not happened without media exposure. Media exposure has no
influence in the aid beneficiaries behavior because the aid beneficiaries have had
other information resources in understanding media content related to the
program. This is strengthened with the significant influence between media
literacy with the behavior. This means that the understanding towards media
content influences the beneficiaries behavior. Although there were news with
negative sentiment, the community’s behavior was not influenced to dislike the
government aid program. This happened because many dissemination methods
done by TNP2K became resource of information which grows the understanding
of aid beneficiaries]"
2015
T43946
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahlam Madany Putra Aji
"ABSTRAK
Makalah ini menganalisis bagaimana pernyataan tentang pengabaian dan komentar yang berisi kebencian yang tersebar luas di bagian komentar media sosial yang juga ditulis oleh pengguna nya sendiri. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memiliki pemahaman yang lebih baik akan pentingnya social media literacy di zaman digitalisasi jaringan sekarang, yang bisa di akses oleh khalayak banyak tanpa merendahkan atau memojokan hak kebebasan berpendapat/berbicara. Social media literacy dan kebebasan berpandapat/berbicara akan menjadi konsep dasar dari diskusi hasil penelitian dan metode penelitian yang akan digunakan di makalah ini adalah textual analysis akan pernyataan tentang pengabaian dan komentar yang berisi kebencian. Data akan diambil dari bagian komentar sebuah video yang diunggah di YouTube yang mendiskusikan sebuah masalah yang spesifik akan suatu hal. Hasil penelitian dari makalah ini menjelaskan akan pentingnya social media literacy yang dimana konsep tersebut menjadi pembeda di intrepretasi akhir pernyataan tentang pengabaian dan komentar yang berisi kebencian, yang ditulis dibawah hak kebebasan berpendapat/berbicara.

ABSTRACT
This paper analyzes how ignorant statement and hate comment are widely written in social media comment section that is provided by its own users. The aim for this paper is to have better understanding of the importance of social media literacy in today?s digitalized networking that can be accessed and used by almost everyone without disregarding the freedom of speech. Social media literacy and the freedom of speech will be the basic concept of discussing the findings and the methodology used this study is textual analysis of ignorant statement and hate comment. Data will be selected from YouTube comment section about a specific issue on a specific video. The findings reveal the importance of social media literacy as it is differentiates the final interpretation of the samples provided that were written under the right of free speech.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Mecca Yumna Ning Prisie
"Iklan tidak dapat lepas dari hiperrealitas, karena iklan merupakan penggambaran dari realitas sosial dengan simbol dan makna yang sudah diubah sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan korporasi. Dengan mengetahui realitas sosial masyarakat, pengiklan seringkali mengeksploitasi masyarakat lewat persuasinya melalui celah berupa kurangnya literasi media masyarakat. Misinterpretasi sering terjadi karena kurangnya kemampuan literasi media. Untuk mengatasi hal ini diperlukan adanya kemampuan literasi media oleh kedua belah pihak. Pengiklan dapat menyampaikan pesan yang dapat membujuk konsumen tanpa harus mengorbankan etika periklanan, dan masyarakat dapat memahami pesan iklan tersebut dengan konteks yang sesuai.

Advertisement is always tied to hyperreality, since advertisement mirrors the social reality within a society, but with its symbols and meanings altered to fit the corporation's needs. By acknowledging the social reality, advertisers often exploit the society through its persuasion, through the gap which is their target's lack of media literacy. Misinterpretation is a common case because of the absence of this skill. As a solution to this, it is important to possess media literacy, be it the advertisers or the people. Advertisers can convey messages without sacrificing the ethics, while the people can comprehend the advertisement's message with the proper context. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>