Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Irga Abdulrahman, author
ABSTRAK
Penelitian ini telah menerapkan ikonografi dinamis, yaitu menambahkan aspek persepsi gerakan ke dalam desain rambu peringatan polisi tidur, guna meningkatkan efektifitas rambu dalam mempengaruhi perilaku kecepatan berkendara pada pengendara sepeda motor. Penelitian dilakukan dengan memasang dua buah rambu, yaitu rambu dengan persepsi gerakan lebih tinggi higher dynamism dan rambu dengan...
2017
T48194
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Imanurul Aisha Rahardjo, author
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari trait kepribadian dark triad dan iklim keselamatan lalu lintas terhadap perilaku berkendara berisiko pada pengendara sepeda motor. Partisipan penelitian adalah 111 pengendara sepeda motor yang memiliki karakterisitik memiliki SIM C, berusia 18 – 40 tahun, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi,...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Don Gaspar Noesaku da Costa, author
Deceleration rate, time to collision and impact speed have been commonly employed as accident risk indicators. However, it is hard to assess the level of accident risk since these indicators have not been developed with measurable score criteria. This study focuses on the determination of measurable risk indicators which could...
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2018
UI-IJTECH 9:4 (2018)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Marcelino Sampouw, author
Data dan fakta menunjukkan bahwa dari 3 (tiga) faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas, faktor pengguna jalan-lah yang dianggap memiliki pengaruh paling dominan terhadap terjadinya suatu kecelakaan lalu lintas. Dengan konsep Theory of Planned Behavior penelitian ini bermaksud untuk mengkaji bagaimana pengaruh perilaku masyarakat sebagai pengguna jalan, dalam hal...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25931
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Marcelino Sampouw, author
ABSTRAK
Data dan fakta menunjukkan bahwa dari 3 (tiga) faktor utama penyebab terjadinya
kecelakaan lalu lintas, faktor pengguna jalan-lah yang dianggap memiliki
pengaruh paling dominan terhadap terjadinya suatu kecelakaan lalu lintas. Dengan
konsep Theory of Planned Behavior penelitian ini bermaksud untuk mengkaji
bagaimana pengaruh perilaku masyarakat sebagai pengguna jalan, dalam hal ini
pengendara sepeda motor di...
2009
T40732
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Dela Septiana Nurfajriah, author
Investigasi kasus kecelakaan diperlukan agar pihak berwenang dapat menegakan pidana. Proses investigasi seringkali mengandalkan memori dari pihak yang terlibat dalam kecelakaan. Akan tetapi, memori rentan terhadap kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode wawancara dan jeda waktu terhadap memori pada korban kecelakaan lalu lintas. Penelitian eksperimental dengan desain randomized...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Silvia Fitriana, author
Peningkatan populasi penduduk di suatu perkotaan berdampak pada meingkatnya beban terhadap sistem transportasi, salah satunya adalah kecelaaan lalu lintas. Berada pada urutan kesembilan sebagai penyebab utama kematian di dunia dan diperkiran berada pada urutan keempat pada 2030. Kecelakaan lalu lintas di Jakarta utara memiliki indeks fatalitas tertinggi di Jakarta. Pada...
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library