Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 2003
401.9 NEW
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Arifuddin
Jakarta: Rajawali, 2010
401.9 ARI n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
401.9 SOE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Edinburgh: Edinburgh University Press, 1966
401.9 EDI p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2018
401.9 SOE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
New York: Holt, Rinehart and Winston, 1961
401.9 PSY (3)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Arifuddin
Jakarta: Rajawali, 2013
401.9 ARI n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Soenjono Dardjowidjojo, 1938-
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia , 2016
401.9 SOE p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Burhan Eko Purwanto
Abstrak :
This research observes a correlation of two variables, verbal reasoning skill as an independent variable and pro¬blem solving skill on storical arithmetic as a dependent variable. By observing the correlation of those two varia¬bles, the influence of one variable to the other one and tendencies coming up from responding concerning to those two skills can be found. Method used in this research is ex post facto methode as the variables being observed have happened before without researcher's manipulation.
This research is conducted in Tegal Regency, Central Java. Samples are taken from more or less fourteen years old students who have been experiencing with early formal opera¬tion of cognitive growth stage. Sampling technique used ie multistage sampling for 120 respondents. Data analysis tech¬nique used is quantitative by using two kinds of statistic, descriptive and analitical statistic.
The results of this research shows that there is a positive correlation between X variable and Y variable with significant correlation of 0,730. Significant test to the influence of X variable to Y variable using linier regressi¬on also shows that there is a significant influence, that is on the 0,05 significant value, t-student test shows that (11,583) is greater than ttable (1,645). Besides those, it is also known that either verbal reasoning skill or problem solving skill on storical arithmetic are low. The comprehen¬sion to sentence structure and the way how to make conclusi¬on generally have not been mastered well. Tendencies in making conclusion is done by combining the stated premises. In general, the respondents experience difficulties in solving the storical arithmetic problems. This problem is caused by the language comprehension and arithmetical problem itself.
Depok: Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Harwintha Yuhria Anjarningsih
Abstrak :
Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang ingin dikembangkan dalam pengajaran bahasa Inggris. Di SMU, pada setiap tingkat kelas, tujuan yang ingin dicapai tercantum dalam GBPP yang dipakai. Salah satu komponen penting dalam pengajaran membaca adalah teks-teks yang terdapat di dalam buku ajar yang dipakai. Sering kali, derajat keterbacaan teks mempengaruhi keterpahaman teks tersebut. Ada setidaknya dua hal yang dapat mempengaruhi keterpahaman teks. Hal pertama adalah kompleksitas gaya teks dan yang kedua adalah pilihan kata-kata yang menyusun teks tersebut. Kompleksitas gaya secara sederhana mengacu kepada faktor sintaksis dari teks; apakah kalimat-kalimat dalam teks tersebut terdiri atas kalimat-kalimat sederhana, majemuk, atau kompleks. Faktor kompleksitas gaya ini diasumsikan mempengaruhi keterpahaman teks karena kalimat-kalimat sederhana akan lebih mudah dan cepat dimengerti daripada kalimat kompleks. Kemudian, pilihan kata diasumsikan berpengaruh kepada keterpahaman karena kata-kata yang berfrekuensi rendah (jarang diternui) kemungkinan besar akan menghambat proses pemahaman atas arti sebuah kalimat atau bahkan makna teks itu sendiri jika kata-kata tersebut terdapat dalam jumlah yang relatif banyak. Karena alasan tersebut di atas, di dalam penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam skripsi ini dianalisis kompleksitas gaya dan tingkat pilihan kata yang terdapat dalam dua buku ajar yang dipakai di kelas III SMU Negeri 39, Jakarta Timur. Dipilih SMU 39 karena di sekolah tersebut dipakai dua buah buku ajar bahasa Inggris. Perbedaan kompleksitas gaya dan tingkat pemilihan kata di antara kedua buku ajar ini diasumsikan mempengaruhi keterpahaman teks. Pengaruh ini diharapkan terbukti dalam hasil tes keterpahaman yang dilakukan dengan menggunakan soal-soal yang terdapat setelah teks-teks yang dijadikan percontoh dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat dilihat korelasi apa yang terdapat antara kompleksitas gaya dan tingkat pilihan kata di satu pihak dengan keterpahaman teks di pihak lain.
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S14130
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library