Ditemukan 32 dokumen yang sesuai dengan query
Harris, John, author
London: Granada, 1980
658.151 HAR c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Reza Ari Lesti, author
Batavia sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda mengalami peningkatan jumlah penduduk pada abad ke-19. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem transportasi yang memadai untuk mempermudah mobilisasi. Transportasi publik yang populer waktu itu adalah trem, mulai dari yang bertenaga kuda, uap, hingga listrik. Sisa jalur trem listrik ditemukan pada tahun 2007 di depan...
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Ilham Adelino, author
ABSTRAK Perencanaan armada kereta adalah salah satu perencanaan untuk menyediakan jumlah ketersediaan kursi yang cukup untuk memenuhi jumlah penumpang dan meminimalkan biaya keseluruhan pada saat yang sama. Perencanaan tersebut untuk menentukan tipe kereta yang digunakan, komposisi sistem kepemilikan, dan jumlah rangkaian yang dibutuhkan. Masalah utama adalah keseimbangan dan optimalisasi antara...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T51835
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Suci Hakiman, author
Front rail adalah komponen utama pada crumple zone kendaraan yang mampu menyerap sekitar 40% dari energi kinetik saat terjadi kecelakaan frontal. Komponen front rail ini umumnya terbuat dari baja struktur berdinding tipis. Pada saat kecelakaan komponen ini diharapkan dapat menyerap energi tumbukan melalui proses deformasi (progressive buckling) sehingga mengurangi kerusakan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T43147
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Edy Purwanto, author
Elastic rail fastening adalah merupakan sistem penambat rel elastis yang digunakan untuk mengikat rel kereta api ke bantalan, komponen utama dari sistem penambat rel elastis ini adalah Spring Clip. Proses manufaktur dari Spring Clip adalah proses bending dan heat treatment.
Di dalam penelitian ini, memanfaatkan energi panas yang tersisa setelah...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Khrisna Yudi, author
ABSTRAK
Kelembagaan dalam pembangunan infrastruktur c.q. Light Rail Transit (LRT) perlu mendapatkan perhatian khusus karena skema kelembagaan yang tepat dapat menentukan keberhasilan pengelolaan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi skema kelembagaan yang pernah digunakan apabila diterapkan pada LRT, menyusun berbagai skenario skema kelembagaan LRT yang efisien dari sisi biaya, informasi...
2016
T46646
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Takdir Hidayat Salim, author
Keamanan pengemudi menjadi pertimbangan utama dalam sebuah kendaraan. Salah satu bagian yang menjadi faktor penting pada keamanan mobil adalah zona benturan/crumple zone. Penyerapan energi yang tinggi dibutuhkan pada bagian ini agar energi tabrakan yang diterima penumpang adalah seminimal mungkin. Tulisan ini membahas komponen utama pada zona benturan yaitu front rail...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
These conference proceedings include a collection of articles presented at the RailExchange conference in October 2017 at Newcastle University, UK. They will be useful for researchers in developing countries looking for opportunities of knowledge exchange. The RailExchange project aimed to develop sustainable railway education in Thailand, via international partnerships and...
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501497
eBooks Universitas Indonesia Library
Sihotang, Fransiscus Mintar Ferry, author
ABSTRAK
Kebutuhan kereta api dan moda transportasi lainnya pada koridor transportasi perkotaan meningkat hampir di seluruh dunia. Meningkatnya kebutuhan akan moda transportasi kereta api pada dasarnya dipengaruhi oleh meningkatnya populasi penduduk, perjalanan bekerja dan pengembangan tata guna lahan. Aktivitas sosial-ekonomi, kemacetan lalulintas di pusat kota dan tingginya kebutuhan bahan bakar untuk...
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Anrinal, author
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media quenching oil alternatif, temperatur tempering yang sesuai dengan media quenching alternatif, dan menciptakan Elastic rail fastening yang baru.
Penelitian dilakukan dengan variasi temperatur pemanasan 950°C, dan 1050°C, media quenching oil dengan viscositas SAE 20, 30, 40, 50, 90, dan 140, Temperatur temper 250, 350 dan...
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library