Found 1 Document(s) match with the query
Ferly Okta Abdillah
"Penurunan keterlibatan belajar siswa, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan Indonesia. Salah satu bentuk keterlibatan belajar yang krusial namun kurang diperhatikan adalah agentic engagement, yaitu keterlibatan proaktif siswa dalam proses pembelajaran. Faktor internal yang diperkirakan berperan dalam mendorong agentic engagement adalah growth mindset, yaitu keyakinan bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha dan strategi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran growth mindset terhadap agentic engagement pada siswa SMA. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 218 siswa SMA di wilayah Jabodetabek, dengan rentang usia 15 hingga 18 tahun (M = 16,3; SD = 0,84). Instrumen yang digunakan adalah Agentic Engagement Scale (AES) dan Implicit Theories of Intelligence Scale (TIS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional non-eksperimental. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa growth mindset secara signifikan memprediksi agentic engagement siswa (R² = 0,039, p < 0,01). Temuan ini menunjukkan bahwa siswa dengan growth mindset cenderung lebih terlibat secara agentik dalam proses pembelajaran di kelas.
The decline in student learning engagement, particularly at the Senior High School (SMA) level, is a significant concern in Indonesian education. One crucial yet often overlooked form of engagement is agentic engagement, which refers to students' proactive involvement in the learning process. An internal factor believed to foster agentic engagement is a growth mindset, the conviction that abilities can be developed through effort and strategy. This study aimed to examine the role of growth mindset in relation to agentic engagement among high school students. The participants were 218 high school students in the Jabodetabek area, aged 15 to 18 years (M = 16.3; SD = 0.84). The instruments used were the Agentic Engagement Scale (AES) and the Implicit Theories of Intelligence Scale (TIS). This research employed a quantitative approach with a non-experimental correlational design. Regression analysis results indicated that growth mindset significantly predicted students' agentic engagement (R2=0.039, p<0.01). These findings suggest that students with a growth mindset tend to be more agentic in classroom learning."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library