Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nanda Gustianto
Abstrak :
ASBTRAK
Pengendalian motor induksi tiga phasa untuk aplikasi kendaraan listrik dapat dilakukan dengan penggunaan sensor seperti tacho-generator sebagai umpan balik kecepatan motornya dan sebagai pengukur posisi rotornya digunakan sensor encoder. Namun penggunaan sensor kecepatan dan sensor posisi memiliki keterbatasan dalam hal resolusi dan harga yang mahal serta meningkatkan biaya perawatan. Oleh sebab itu untuk meniadakan penggunaan sensor (sensorless) pada motor induksi tiga phasa diajukan metode vektor kontrol dimana estimasi kecepatan didapatkan dengan menggunakan speed adaptive observer. Metode vektor kontrol yang digunakan adalah field oriented control dengan estimasi kecepatan digunakan speed adaptive observer. Dari hasil simulasi ini akan dibandingkan dengan hasil percobaan yang telah dilakukan sebelumnya merujuk pada tesis Feri Yusivar (2003) ?Study on Energy Saving in Electrical Drive System? dimana metode pengestimasian kecepatan yang digunakan pada percobaan yang telah dilakukan sebelumnya adalah dengan modified observer. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa antara simulasi dengan percobaan menunjukkan hasil yang sama dan kondisi ini dapat terpenuhi jika kecepatan estimasi selalu lebih besar dibandingkan dengan kecepatan aktual motor.
ABSTRACT
Control of three phase induction motors for electric vehicle applications can be done with the use of sensors such as a tacho-generator and for rotor posisiton can be measured by using encoder. However, the use of the speed sensor and position sensors have limitations in terms of resolution and a high price and increasing maintenance costs. Therefore, to eliminate the use of sensors in a three phase induction motor (sensorless), vector control method where the speed estimation obtained using the observer, have been proposed. Vector control method that have been used is field oriented control and to estimate the motor speed is used with speed adaptive observer. From these simulation results are compared with experimental results, where the method of estimating the speed in experiment is a modified observer. From this simulation showed the same phenomenon with experimental result. The controller can works properly if the estimated speed is always greater than the actual speed of the motor.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42168
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hatib Setiana
Abstrak :
Konfigurasi multi-motor terhubung paralel dengan inverter tunggal memiliki kelebihan dari segi efisiensi dan bentuk yang ringkas sehingga direkomendasikan untuk penggunaan pada kendaraan listrik. Kebutuhan performa sistem penggerak untuk kendaraan listrik mensyaratkan performa dinamik dengan respon torsi yang cepat, efisiensi tinggi pada keadaan transien maupun steady-state, dan dapat beroperasi pada berbagai kondisi medan kendaraan. Agar memenuhi persyaratan performa tersebut, penelitian ini mengkombinasikan Kendali Torsi Langsung Modulasi Vektor Ruang atau Direct Torque Control Space Vector Modulation DTCSVM dan Observer Kecepatan Adaptif untuk Kendali Motor Parallel dengan Inverter Tunggal. Implementasi DTC SVM diharapkan dapat memberikan respon torsi yang cepat dengan rugi rugi steady state akibat ripple torsi dan fluks yang minimum. Agar sistem dapat beroperasi pada berbagai medan kendaraan, eliminasi sensor kecepatan dapat menambah mechanical robustness dari sistem. Untuk memungkinkan hal tersebut, kendali speed sensorles dapat diimplementasikan menggunakan Observer Kecepatan Adaptif. Hasil uji simulasi dari sistem kendali yang dirancang menunjukan respon torsi dan fluks yang cukup cepat dengan ripple steady state yang rendah. Implementasi sistem kendali yang diusulkan dengan skema kendali paralel dasar yaitu kendali master slave dan kendali rata rata juga menunjukan respon yang stabil sesuai karakteristik dari masing masing skema pengendalian paralel motor
ABSTRACT
Single inverter multi-motor SIMM drive system has attractive advantages in terms of efficiency and compactness that makes it recommended for electric vehicle traction system. The electric vehicle drive system has dynamic performance requirements such as fast torque response, high efficiency over wide range of speed, and able to operate at hostile environtment. To fulfill these requirements, this research combines Direct Torque Control Space Vecor Modulation DTC SVM and Speed Adaptive Observer to be implemented in SIMM control system. DTC SVM is implemented to achieve fast torque response with minimum loses ripple at steady-state caused. The elimination of speed sensor can improve mechanical robustness of the system so that the system is more robust to operate at hostile environtment. To realize speed sensorless control, Speed Adaptive Observer is implemented. The simulation result shows sufficently fast flux and torque response with minimum steady state ripple. The Speed Adaptive Observer can estimate the speed of the motors satisfactorily at certain speed range. The results of the implementation of the proposed control method with basic SIMM control schemes these are master slave control and mean or average control shows good response behaviour and confirms the characteristics of each SIMM control schemes
2019
T53092
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanniesha Hamada
Abstrak :
Tesis ini menerapkan kendali berorientasi fluks (Field Orientad Control) tanpa sensor kecepatan menggunakan pengendali kecepatan Integral-Proportional Anti-windup (IPA) pada motor induksi terhubung paralel dengan inverter tunggal. Estimasi kecepatan adaptif digunakan untuk mengestimasi fluks rotor, arus stator, dan kecepatan motor. Field Oriented Control (FOC) berbasis strategi selisih dan rata-rata bekerja untuk mengatasi beban tak seimbang. Pengendali kecepatan IP dengan penambahan anti-windup digunakan untuk meningkatkan performa yang menurun pada sistem akibat fenonema windup, yang menyebabkan overshoot yang tinggi, waktu tunak yang lama, respon tunda, bahkan dapat membuat sistem tidak stabil. Performansinya akan dibandingkan dengan pengendali kecepatan Proportional-Integral Anti-windup (PIA). Hasil simulasi menunjukkan FOC tanpa sensor kecepatan menggunakan pengendali kecepatan IPA memiliki performa yang lebih baik dibandingkan pengenali kecepatan PIA.
This thesis applies speed sensorless Field Oriented Control (FOC) using Anti-windup Integral-Proportional (AIP) speed controller of parallel connected induction motor with single inverter. Speed adaptive observer is adopted to estimate rotor flux, stator current, and motor speed. Averages and differences based FOC strategy works to overcome unbalanced load torque. An AIP speed controller is employed to improve the degradation of system performance due to windup phenomenon such as large overshoot, slow settling time, delayed response and could even destabilized system. It will be compared to Anti-windup Proportional-Integral (API) speed controller to verify the reliability. Simulation results show that speed sensorless FOC with AIP has better performance than API.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53093
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library