Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indriani
"Penelitian ini berusaha mengidentifikasi model pengukuran dari brand personality dan customer trust yang terdapat pada ritel farmasi atau apotek yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang diolah dengan program LISREL 8.7. Dari 2 kelompok tipe apotek, yaitu apotek independen dan apotek jaringan, dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh dimensi sincerity, excitement, competence, sophistication dan ruggedness terhadap customer trust menggunakan analisa Partial Least Square (PLS).
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa 5 dimensi brand personality dan 3 dimensi customer trust merupakan indikator dari brand personality dan customer trust pada ritel farmasi (apotek). Selain itu penelitian ini juga membuktikan bahwa brand personality dapat mempengaruhi customer trust. Untuk apotek independen, dimensi sincerity, excitement, competence, dan sophistication adalah dimensi-dimensi yang signifikan mempengaruhi customer trust. Sedangkan untuk apotek jaringan, dimensi excitement dan competence adalah dimensi-dimensi yang signifikan mempengaruhi customer trust.
Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh apotek untuk menciptakan brand personality yang berbeda dibandingkan dengan pesaing, sehingga dapat meningkatkan customer trust dan membangun long-time relationship dengan pelanggan.

This study sought to identify the measurement model of brand personality and customer trusts contained in the retail pharmacy located in Jakarta and surrounding areas, by using a structural equation model (SEM). For 2 type group of pharmacies, independent pharmacies and network pharmacies, further research conducted to find the influence of sincerity, excitement, competence, sophistication and ruggedness of the customer trusts using Partial Least Square (PLS) analysis.
The results of this study demonstrate that the 5-dimensional and 3-dimensional brand personality customer trust is an indicator of brand personality and customer trust in the retail pharmacy (pharmacies). In addition, this study also proves that the brand personality can affect customer trust. For independent pharmacies, the dimensions of sincerity, excitement, competence, and sophistication are significant dimensions that affect customer trust. As for the network pharmacy, excitement and competence dimensions are dimensions that significantly affect customer trust.
The results of this study can be used by the pharmacy to create a brand personality that is different among the competitors, so as to increase customer trust and build a long-time relationship with customers.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angga Kusumah
"Kegiatan berbagi pengetahuan sangat penting dalam menunjang kegiatan suatu organisasi, baik organisasi swasta maupun organisasi pemerintah. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai salah satu institusi pemerintah yang membidangi pendidikan, sangat membutuhkan kegiatan berbagi pengetahuan dalam setiap aktivitas pegawainya. Sejak tahun 2010 DIKTI telah membangun forum elektronik bagi pengguna sistem manajemen akutansi barang milik negara yang membantu pegawai DIKTI dalam melakukan komunikasi dan berbagi pengetahuan. Bagian Umum Setditjen Dikti merupakan unit yang mengelola forum tersebut. Forum elektronik tersebut beranggotakan petugas operator atau pengguna SIMAK BMN diseluruh perguruan tinggi negeri dan Kopertis yang jumlahnya berkisar 115 petugas. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, fakta menunjukan bahwa jumlah peserta yang terlibat aktif dalam forum elektronik kurang lebih 3% dalam setiap topik bahasan. Berdasarkan fakta tersebut didapatkan bahwa jumlah peserta untuk setiap topik masih sedikit, sehingga dapat disimpulkan kegiatan berbagi pengetahuan pada forum elektronik belum berjalan dengan baik.
Dalam penelitian ini terdapat delapan faktor yang diduga mempengaruhi kegiatan berbagi pengetahuan antar petugas operator atau pengguna SIMAK BMN. Faktor tersebut diambil dari beberapa aspek yaitu aspek individual, organisasi, dan teknologi. Penelitian ini juga meneliti hubungan kegiatan berbagi pengetahuan terhadap proses pembelajaran, adapatasi, dan kepuasan kerja pegawai. Untuk mengukur hubungan tersebut digunakan analisis teknik statistik Structural Equation Model Partial Least Squares (SEM PLS).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pleasure of knowledge sharing, support by executives, dan system quality mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan knowledge sharing. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa kegiatan knowledge sharing tersebut mempunyai pengaruh terhadap employee adaptability, employee learning, dan employee job satisfaction.

Knowledge sharing activities are very important in supporting the activities of an organization, either private organizations or government organizations. As one of government institution which specialized in education sector, Directorate General of Higher Education (DGHE) requires knowledge sharing activities on every aspect of its employee’s activities. In order to help users of Sistem Informasi Manajemen Akutansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) to communicate and share knowledge to each other, DGHE has established electronic forum discussion since 2010. General Affair of DGHE is part of the unit that manages the forum. Participants of the forum mostly consist of SIMAK BMN’s users from Perguruan Tinggi Negeri (PTN) and Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) in which has approximately 115 officers throughout Indonesia. However, in recent years, the facts showed that for each topic in electronic forum, number of participants which actively involved are approximately 3% per topic. According to the facts that number of paticipants for each topic in electronic forum are still few, we can conclude that knowledge sharing activities in electronic forum aren’t going well.
In this research, there are eight factors which are estimated as the factors which has influence on knowledge sharing activities among SIMAK BMN’s users. They are taken from several apects, such as individual, organizational, and technology aspects. This research also focuses on relation of knowledge sharing activities which are related to employee learning, employee adaptability, and employee job satisfaction. In order to measure that relation, this research uses technical statistic analysis called Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS).
Results of this research showed that pleasure of knowledge sharing, support by executives, and system quality factors are the ones which have the most influence on knowledge sharing activities. The results also showed that knowledge sharing activities have impact on employee adaptability, employee learning, and employee job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutabarat, Agnes Grace Patricia
"Aksesibilitas adalah kemudahan melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain yang termasuk dalam sistem transportasi. Mobilitas masyarakat terjadi setiap hari, hal ini disebabkan oleh perjalanan dari dan ke kota atau tujuan masyarakat, seperti di kota Bogor. Menurut data riset Global Traffic Scorecard 2021, tingkat kemacetan di Kota Bogor menduduki peringkat ke-5 di Indonesia, dan ke-821 di dunia. Tingginya jumlah kendaraan yang melewati Kota Bogor serta jumlah pengguna komuter, dan permasalahan lalu lintas yang dialami di Kota Bogor, tentunya mengganggu aksesibilitas transportasi yang merupakan komponen penting dari sebuah kota dan juga sangat penting untuk menjamin masyarakat dapat mengakses layanan seperti kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan. Hal ini tidak dapat tercapai dengan baik jika akses mobilitas masyarakat terganggu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikator aksesibilitas transportasi dengan menggunakan metode PTAL dan PTAI lalu mendapatkan pembaharuan indikator aksesibilitas menggunakan Skala Likert dan SEM - PLS. Hasil analisis PTAL dan PTAI adalah tingkat aksesibilitas transportasi di Kota Bogor masih tergolong sangat buruk atau masih sulit untuk dijangkau. Kemudian hasil dari SEM-PLS, variabel baru untuk perhitungan aksesibilitas transprotasi adalah Variabel Wilayah dengan indikator Kepadatan Tata Guna Lahan.

Accessibility is the ease of doing mobility from one place to another which is included in the transportation system. Community mobility occurs every day, this is caused by travel to and from cities or community destinations, such as in the city of Bogor. According to research data from the Global Traffic Scorecard 2021, the level of congestion in Bogor City is ranked 5th in Indonesia, and 821st in the world. The high number of vehicles passing through the City of Bogor as well as the number of commuter users, and the traffic problems experienced in the City of Bogor, of course disrupt the accessibility of transportation which is an important component of a city and is also very important to ensure that people can access services such as health, education and employment. . This cannot be achieved properly if access to community mobility is disrupted. Therefore, this study aims to analyze indicators of transportation accessibility using the PTAL and PTAI methods and then get updated accessibility indicators using the Likert Scale and SEM - PLS. The results of PTAL and PTAI analysis show that the level of transportation accessibility in Bogor City is still very bad or difficult to reach. Then the results from SEM - PLS, the new variable for calculating transportation accessibility is the Area Variable with the Land Use Density indicator."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rizky Rivaldy Tukuboya
"Peningkatan perkembangan jumlah pemain dan popularitas game di seluruh dunia, menyebabkan game online berkembang menjadi suatu industri kreatif yang potensial. Peningkatan jumlah pemain juga meningkatkan aktivitas transaksi digital terutama pada pembelian item virtual dalam game tersebut juga mengalami peningkatan. Pertumbuhan popularitas, penyebaran informasi serta kompetisi menjadikan industri game tetap tumbuh di tengah pandemi, dan menjadi penyumbang pendapatan negara dalam industri kreatif. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pembelian item virtual dalam game di Indonesia. Metode analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis Top Two Boxes, dan analisis Partial Least Square (PLS). Dari 151 responden pemain game, distribusi hasil menunjukkan mayoritas berusia 18-34 tahun, berpendidikan sarjana, dan berpenghasilan kurang dari Rp.5.000.000. Hasil analisis PLS mengungkapkan bahwa kepuasan diri, utilitas harga, komunikasi media, dan kebijakan pemerintah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Pembelian item virtual dalam game. Kepuasan bermain game, harga produk virtual, informasi yang diperoleh dari media sosial, dan kebijakan pemerintah mendukung mempengaruhi intensi pembelian pemain. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa seluruh hipotesis diterima, menandakan hubungan signifikan antara variabel yang diteliti. Kesimpulannya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya faktor-faktor psikologis dan ekonomi dalam memahami perilaku pembelian item virtual dalam game. Dengan demikian, pemerintah perlu meningkatkan regulasi dan sosialisasi tentang transaksi yang sah dan legal dalam game.

The rising of game popularity and numbers of players around the world causing online game flourish as potential creative industry. The rising numbers of player also increasing digital transaction mainly in virtual item purchasing. The growing popularity of video game, spreading of information, and gaming competitiveness cause the industry to keep growing in the midst of pandemic and becoming a contributor to national revenue within creative industry. This study investigates the factors influencing the purchase intention of virtual items in games in Indonesia. Data analysis methods include descriptive analysis, Top Two Boxes analysis, and Partial Least Square (PLS) analysis. From 151gamers respondents, the distribution of results indicates that the majority are aged between 18 to 34 years, have a bachelor's degree, and earn less than IDR 5 Million. The PLS analysis shows that Enjoyment, Price Utility, Media Communication, and Government Initiatives have a positive and significant influence on the Purchase Intention of virtual items in games. Player satisfaction, virtual product price, information obtained from social media, and government policies have significant impact in affecting players' purchase intentions. The hypothesis testing results shows that all hypotheses are accepted, signifying a significant relationships between the variables examined. In conclusion, this study highlights the importance of psychological and economic factors in understanding virtual items purchasing behaviour in games. Thus, the government needs to enhance regulation and socialization about the legitimate and legal transactions in gaming. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library