Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tambunan, Melva Minar Leonarda
"Konsumsi ikan berkelanjutan merupakan salah satu program pemerintah yang sedang gencar dilaksanakan untuk menanggulangi gizi buruk di masyrakat, meningkatkan kesehatan dan mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan melakukan analisis faktor-faktor anteseden yang mempengaruhi intensi konsumen untuk konsumsi ikan berkelanjutan, melalui perspektif model Theory of Planned Behavior (TPB) dan peranan kepercayaan diri konsumen. Analisis dilakukan dengan menggunakan Analisis Regresi Stepwise untuk menguji kekuatan lima hipotesis dari hubungan variabel dalam model. Responden yang dipilih melalui purposive sampling adalah 200 orang ibu-ibu yang hobi dan secara rutin mengkonsumsi ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan persepsi efektivitas konsumen berdampak langsung dan berpengaruh positif terhadap intensi untuk konsumsi ikan berkelanjutan. Kepercayaan hanya mempengaruhi attitude terhadap intensi konsumen. Sedangkan persepsi ketersediaan dan norma subjektif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi untuk konsumsi ikan berkelanjutan.

Sustainable fish consumption is one of the government programs that are being intensively implemented to overcome malnutrition in society, improve health and public welfare. This study aims to examine and analyze the antecedent factors that influence consumer intentions to increase fish consumption, through the perspective of Theory of Planned Behavior model (TPB) and the role of consumer confidence. The analysis was performed by using Stepwise Regression Analysis to test the strength of five hypotheses of the variable relationship in the model. Respondents selected through purposive sampling are 200 mothers who hobbies and regularly consume fish. The results showed that attitude and perceived consumers effectiveness have a direct impact and positif influence towards intention to sustainable fish consumption. Confidence only affects attitudes toward consumer intentions. While perceived availability and subjective norms do not significantly influence the intention to sustainable fish consumption.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dafa Naufal Anis
"Skripsi ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi intensi konsumen untuk menonton Film Lokal di Bioskop. Penelitian ini didasarkan pada framework dari theory of planned behavior (TPB). Konstruk-konstruk pada TPB, seperti attitude, subjective norm, perceived behavior control, diadopsi pada penelitian ini untuk melihat apakah terdapat pengaruh signifikan pada intensi, terlebih dalam konteks intensi untuk menonton film lokal. Selain konstruk-konstruk dalam TPB, penelitian kali ini juga mengadopsi variabel lain seperti electronic word of mouth atau eWOM, Involvement, serta Film Traits sebagai variabel yang dapat memengaruhi intensi untuk menonton film lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode PLS SEM dengan data kuantitatif yang diperoleh dari 362 responden melalui kuesioner. Temuan dari studi ini menunjukan intensi menonton film lokal di bioskop dipengaruhi oleh Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Involvement, dan Film Traits, di mana Involvement menjadi factor yang paling berpengaruh terhadap intensi masyarakat untuk menonton film lokal (Indonesia) di bioskop.

This thesis discusses the factors that influence consumer intentions to watch local films in cinemas. This research is based on the framework of the theory of planned behavior (TPB). The constructs on TPB, such as attitude, subjective norm, perceived behavior control, were adopted in this study to see whether there is a significant effect on intention, especially in the context of intention to watch local films. Apart from the constructs in TPB, this research also adopts other variables such as electronic word of mouth or eWOM, involvement, and film traits as variables that can influence the intention to watch local films. This research is a descriptive study using the PLS SEM method with quantitative data obtained from 362 respondents through a questionnaire. The findings from this study show that the intention to watch local films in cinemas is influenced by Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavior Control, Involvement, and Film Traits, wherein Involvement is the most influential factor on people's intention to watch local (Indonesian) films in cinemas."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ramy Azhar
"Bangkitnya sektor pariwisata setelah pulih dari pandemi membantu kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Pengunjung tempat wisata kerap mencari informasi pariwisata terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut. Media sosial TikTok menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan calon pengunjung untuk mencari informasi pariwisata karena faktor pemenuhan kebutuhan (gratifikasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut pemenuhan kebutuhan media sosial yang memengaruhi sikap penggunaan media sosial sebagai sumber informasi pariwisata serta faktor yang memengaruhi niat menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkait pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yang mengombinasikan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner penelitian secara online dan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan lima narasumber untuk melakukan validasi seluruh hipotesis. Penelitian ini dilakukan terhadap 500 responden yang pernah menggunakan media sosial TikTok untuk mencari informasi pariwisata. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan metode Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 26. Untuk mencari tahu faktor-faktor gratifikasi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi TikTok dan keinginan menggunakan aplikasi, penelitian ini menggunakan Uses and Gratification Theory (UGT) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut gratifikasi ease of use, informativeness, dan personalization memengaruhi attitude penggunaan aplikasi. Sementara itu, atribut gratifikasi entertainment memengaruhi langsung use intention pengguna dalam mencari informasi pariwisata. Selanjutnya, diketahui bahwa use intention memengaruhi visit intention pengguna terhadap suatu tempat wisata. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penyedia layanan media sosial berbasis user generated content (UGC) di Indonesia terutama dalam konteks pariwisata

The rise of the tourism sector after recovering from the pandemic is helping the economy to get better. Tourist often look for tourism information before visiting the attractions. Social media (TikTok) is the most often choice used by visitors to find tourism information because of the gratification factor. This study aims to analyze the attributes of social media gratification that affect the attitude of using social media as a source of tourism information and the factors that influence the intention to use social media to seek information related to tourism. This study uses a mixed methods approach that combines quantitative approach and qualitative approach. This research was conducted on 500 respondents who had used TikTok social media to find tourism information. Data processing and analysis were carried out using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method using AMOS 26. To find out the factors of gratification felt by users when using the TikTok application and the desire to use the application, this study used the Uses and Gratification Theory (UGT) and Theory of Planned Behavior (TPB). The results of this study indicate that the ease of use, informativeness, and personalization gratification attributes affect the attitude of using the application. Meanwhile, the entertainment gratification attribute directly affects the user's use intention in seeking tourism information. Then, it is known that use intention affects the user's visit intention towards a tourist place. This research is expected to be useful for social media service providers based on user generated content (UGC) in Indonesia, especially in the context of tourism"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aditya
"Bangkitnya sektor pariwisata setelah pulih dari pandemi membantu kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Pengunjung tempat wisata kerap mencari informasi pariwisata terlebih dahulu sebelum mengunjungi tempat wisata tersebut. Media sosial TikTok menjadi salah satu pilihan yang paling sering digunakan calon pengunjung untuk mencari informasi pariwisata karena faktor pemenuhan kebutuhan (gratifikasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut pemenuhan kebutuhan media sosial yang memengaruhi sikap penggunaan media sosial sebagai sumber informasi pariwisata serta faktor yang memengaruhi niat menggunakan media sosial untuk mencari informasi terkait pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yang mengombinasikan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner penelitian secara online dan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan lima narasumber untuk melakukan validasi seluruh hipotesis. Penelitian ini dilakukan terhadap 500 responden yang pernah menggunakan media sosial TikTok untuk mencari informasi pariwisata. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan metode Covariance-Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 26. Untuk mencari tahu faktor-faktor gratifikasi yang dirasakan oleh pengguna saat menggunakan aplikasi TikTok dan keinginan menggunakan aplikasi, penelitian ini menggunakan Uses and Gratification Theory (UGT) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atribut gratifikasi ease of use, informativeness, dan personalization memengaruhi attitude penggunaan aplikasi. Sementara itu, atribut gratifikasi entertainment memengaruhi langsung use intention pengguna dalam mencari informasi pariwisata. Selanjutnya, diketahui bahwa use intention memengaruhi visit intention pengguna terhadap suatu tempat wisata. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penyedia layanan media sosial berbasis user generated content (UGC) di Indonesia terutama dalam konteks pariwisata.

The rise of the tourism sector after recovering from the pandemic is helping the economy to get better. Tourist often look for tourism information before visiting the attractions. Social media (TikTok) is the most often choice used by visitors to find tourism information because of the gratification factor. This study aims to analyze the attributes of social media gratification that affect the attitude of using social media as a source of tourism information and the factors that influence the intention to use social media to seek information related to tourism. This study uses a mixed methods approach that combines quantitative approach and qualitative approach. This research was conducted on 500 respondents who had used TikTok social media to find tourism information. Data processing and analysis were carried out using the Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) method using AMOS 26. To find out the factors of gratification felt by users when using the TikTok application and the desire to use the application, this study used the Uses and Gratification Theory (UGT) and Theory of Planned Behavior (TPB). The results of this study indicate that the ease of use, informativeness, and personalization gratification attributes affect the attitude of using the application. Meanwhile, the entertainment gratification attribute directly affects the user's use intention in seeking tourism information. Then, it is known that use intention affects the user's visit intention towards a tourist place. This research is expected to be useful for social media service providers based on user generated content (UGC) in Indonesia, especially in the context of tourism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ina Zulianti
"Daging sapi bagi masyarakat Indonesia merupakan salah satu diantara 10 kebutuhan pokok lainnya yang permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Harga daging sapi cenderung tinggi dan menjadi tidak terkendali terutama pada hari besar keagamaan, oleh karena ketersediaan daging sapi nasional yang tidak mampu mencukupi permintaan tersebut. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah selaku stabilisator harga dimana salah satunya adalah menugaskan Perum BULOG untuk melakukan importasi daging sapi beku frozen. Meskipun harga daging sapi beku yang dijual Perum BULOG lebih rendah dari harga daging sapi di pasaran, masyarakat masih enggan beralih untuk membelinya.Minat konsumen untuk membeli daging sapi beku, akan dianalisis dalam penelitian ini dengan mengacu pada Theory of Planned Behavior TPB, yang menyatakan bahwa minat beli Purchase Intention dipengaruhi oleh sikap terhadap produk tersebut Attidute toward frozen beef. Adapun variabel yang mempengaruhi sikap terdiri dari kandungan nutrisi nutritional content, daya tarik indrawi sensory appeal dan harga price. Survey dilakukan secara online kepada 536 responden dengan status WNI yang bertempat tinggal di wilayah indonesia dan di beberapa negara tetangga. Responden merupakan pembeli dan pengambil keputusan untuk membeli daging sapi dengan dengan rentang usia 20-50 tahun. Penelitian menggunakan metode Structural Equation Model SEM yang membuktikan bahwa nutritional content, sensory appeal dan price berpengaruh terhadap purchase intention dan di mediasi oleh attitude toward frozen beef.

Beef is one of the basic needs of Indonesian society. The demand continues to increase from year to year. Since there is an imbalance between demand and supply, the price of meat becomes higher and tend to be out of control especially on certain religious holidays. In this condition, government will assigned Perum BULOG importing frozen beef. However, the lack of public understanding of frozen beef encourages them to choose fresh beef rather than frozen one although the price offered is lower. Therefore, the aim of this study is to analyze the factors affecting the intention to purchase frozen beef mediated by the attitude toward frozen beef, refer to Theory of Planned Behavior TPB .Several factors were tested, namely nutritional content, sensory appeal, and price. The method in this study is quantitative with a questionnaire to buyers and decision makers in buying frozen beef. The respondents are Indonesian citizens 20 50 years old, reside in Indonesia and foreign country. SEM were used in data analysis with the results which indicate the higher consumer perceptions of nutritional content, sensory appeal, and price, lead the higher the attitude towards frozen beef and in turn increase purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50680
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astiadi Prahastomo
"ABSTRAK

Secara umum keselamatan di jalan menjadi salah satu tujuan pembangunan yang berkelanjutan, melalui program untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalan raya. Dengan demikian, penting untuk mempelajari perilaku pengendara serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perilaku ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji intensi perilaku pelanggaran melawan arah arus lalu lintas pengendara sepeda motor serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan untuk menganalisis preferensi pelanggar dalam pemilihan rute perjalanan. Pada penelitian ini dibatasi pada faktor yang digunakan sebagai determinan perilaku pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor yang merupakan kontruk dari Theory of Planned Behavior yang dikemukakan Ajzen (2005) yaitu sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipercaya. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dalam pengolahan dan analisis datanya berdasarkan kuesioner Intensi dan kuesioner Stated Preference. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data survei. Pengendara sepeda motor yang bekerja sebagai ojek aplikasi/ online adalah sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap intensi pengendara sepeda motor untuk pelanggaran melawan arah arus lalu lintas, dengan probabilitas sebesar 38,5%. Perceived behavior control/ kontrol perilaku yang dipercaya muncul sebagai prediktor intensi melanggar yang terkuat dibandingkan variabel lainnya, sehingga menunjukkan persepsi kontrol pengendara sepeda motor untuk melangar memiliki peran penting dalam memunculkan perilaku pelanggaran. Kemudian hasil kalibrasi stated preference didapatkan hasil 53,9% probabilitas pengendara melawan arah arus lalu lintas, karena pengendara menginginkan waktu perjalanan yang lebih sedikit dalam pemilihan rute perjalanannya namun melalui jalan yang tidak sesuai ketentuan lalu lintas yaitu dengan melawan arah.


ABSTRACT

 


In general, road safety is one of the goals of sustainable development, through a program to reduce mortality due to accidents on highways. Thus, it is important to study driver behavior and the factors that contribute to this behavior. The main objective of this study is to examine the intention of violating behavior against the direction of motorbike traffic flow and the factors that influence it, and to analyze violator preferences in choosing a route of travel. This study is limited to the factors used as determinants of violation behavior committed by motorcyclists which are contours of the Theory of Planned Behavior proposed by Ajzen (2005), namely attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control. This study uses multiple regression analysis in processing and analyzing the data based on the Intentions questionnaire and the Stated Preference questionnaire. The design in this study is quantitative descriptive analytical research with survey data collection methods. Motorcycle riders who work as an application motorcycle taxi are as samples in this study. The results showed that simultaneously there were influences of attitudes, subjective norms, and perceived behavioral controls on motorbike intentions for violations against the direction of traffic flow, with a probability of 38.5%. Perceived behavior control which is believed to appear as a predictor of intention to violate the strongest compared to other variables, so that the perception of motorbike riders control of violations has an important role in generating violations. Then stated preference calibration results obtained 53.9% the probability of the driver against the direction of traffic flow, because the driver wants less travel time in the selection of his route but through the road that does not comply with traffic provisions by opposing the direction of traffic flow.

 

"
2019
T53035
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatah Abdella Sutara
"ABSTRAK
Keamanan informasi merupakan isu penting bagi organisasi. Keamanan informasi di organisasi bukan hanya melakukan pengamanan dari sisi teknologi melainkan dari sisi pegawai. Pegawai yang dalam kegiatan sehari-hari mengelola informasi, membutuhkan pedoman untuk menghindari terjadinya insiden keamanan informasi. BPJS Kesehatan memiliki pegawai yang tersebar di seluruh kantor operasionalnya. BPJS Kesehatan membuat pedoman keamanan teknologi informasi karena menggangap informasi yang dikelola merupakan aset yang berharga. Penting pegawai BPJS Kesehatan untuk mematuhi pedoman tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pegawai untuk mematuhi pedoman keamanan teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan kombinasi Protection Motivation Theory PMT , General Deterrence Theory GDT dan Theory of Planned Behavior TPB . Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan analisis data kuantitatif. Responden kuesioner adalah pegawai BPJS Kesehatan.

ABSTRACT
Information security is an important issue for the organization. Information security in the organization is not only doing security from the technology side but from the employee side. Daily, Employees activities to manage information, need guidance to reduce the potential for information security incidents. BPJS Kesehatan has employees spread throughout its operational offices. BPJS Kesehatan establishes an information security policy because dealing with managed information is a valuable asset. It is important employees rsquo s BPJS Kesehatan to comply with these policy. The purpose of this study is to determine the factors that affect employees to comply with information security policy. This study uses a combination of Protection Motivation Theory PMT , General Deterrence Theory GDT and Theory of Planned Behavior TPB . Data collection by using questionnaires with quantitative data analysis. Respondent questionnaire is employees rsquo s BPJS Kesehatan."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Frisca Listyaningtyas
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penetimaan e-money card di Jabodetabek. Metode purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel data dan diperoleh sampel sebanyak 300 orang dengan detail 150 untuk responden user dan 150 orang non user e-money card (Flazz BCA, e-Money / E-toll / E-mOney Bank Mandiri, Brizzi BRI, Prepaid Cash Card BNI, Jak Card Bank DKI, Mega Cash Bank Mega).
Penelitian ini mengintegrasikan Theory Acceptance Model (TAM) dan Theory Planned Behavior (TPB). Alat statistik yang digunakan adalah Analisis SEM. Pengolahan data menggunakan software Amos. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel yang mempengaruhi tingkat penerimaan emoney card yang terdiri dari variabel perceive ease of use, perceive usefulness, subjective norm, dan perceive behavioral control.

This study aimed to examine the effect of factors affecting technological acceptance of e-money card in Greater Jakarta. Purposive sampling method used in the selection of data samples and obtained sample 300 peoples with the details 150 sample of user and 150 non-users of e-money card (Flazz BCA, e-Money / Etoll / E-Money Bank Mandiri, BRI Brizzi, Prepaid Cash Card BNI, Bank DKI Jak Card, Mega Casg).
This study integrates Theory Acceptance Model (TAM) and the Theory Planned Behavior (TPB). Statistical tool that is used is SEM analysis and data processing using Amos software. The results of this study indicate that the variables that influence the level of acceptance E-Money cards consisting of variable perceive ease of use, perceive usefulness, subject norm, and perceive behavioral control.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Safitri
"Energi listrik telah menjadi kebutuhan pokok manusia modern yang kebutuhannya di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Namun, tidak adanya beban untuk membayar kebutuhan energi listrik di tempat umum mengakibatkan perilaku penggunaan energi listrik di tempat umum tidak terlalu diperhatikan. Oleh karena itu, perilaku careful-use yang merupakan perilaku konservasi energi tanpa perceived cost tepat untuk dipromosikan di tempat-tempat umum, termasuk Kampus Depok Universitas Indonesia. Konsumen energi listrik di area Kampus Depok Universitas Indonesia terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu mahasiswa, dosen, dan karyawan. Masing-masing kelompok konsumen ini memiliki motivasi yang berbeda dalam penerapan perilaku careful-use energi listrik di kampus. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Model of Altruistic Behavior sebagai landasan penyusunan model untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi penerapan perilaku careful-use energi listrik di kampus pada 449 respnden dari tiga kelompok konsumen, yaitu mahasiswa, dosen, dan karyawan. Selanjutnya, dilakukan perancangan strategi berdasarkan faktor-faktor tersebut. Rancangan strategi kemudian dibobotkan berdasarkan kepentingan dan performanya oleh praktisi di tingkat universitas dan fakultas, kemudian diprioritaskan dengan diagram Importance-Performance Analysis (IPA). Training untuk karyawan dan penerapan aturan waktu menyalakan dan mematikan peralatan listrik di ruang-ruang kelas menjadi dua rancangan strategi yang harus diprioritaskan.

Electricity has become one of the main necessities for modern human which keeps growing in the number of demands in Indonesia over years. However, the absence of obligation to pay for electricity bill in public setting makes people ignore the electricity usage in public area. Therefore, careful-use behavior is suitable to promote energy conservation behavior in public setting, including University of Indonesia campus area. Electricity consumer as University of Indonesia can be divided into three categories, students, lecturers, and employees. Each category has different motivation regarding implementing careful-use behavior in campus area. This research used Structural Equation Modeling (SEM) with Theory of Planned Behavior (TPB) dan Model of Altruistic Behavior as model's foundation to determine which factor can motivate 449 respondents from the three categories to execute careful-use behavior in campus area. Furthermore, strategies are designed based on those factors. The strategy drafts are weighted based on their importance and performance by three practitioners at university and faculty level, then prioritized with Importance-Performance Analysis (IPA) diagram. Employee's training and regulations regarding time to turn the electrical equipment on and off in classes are the two strategy drafts that should be prioritized."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angginistanti Fairuz Hanun
"Mobile branded application (branded apps) adalah saluran daring perusahaan untuk melayani pelanggan serta menampilkan identitas merek. Platform ini menjadi keunggulan perusahaan yang diprediksi pertumbuhannya beberapa tahun kedepan. Namun, ditemukan data persentase uninstall aplikasi berbelanja tahun 2020 di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai faktor yang memicu sikap dan intensi pembelian berdasarkan perilaku konsumen. Penelitian ini mengadopsi teori uses and gratification (U&G) dan theory of planned behavior (TPB) untuk memahami perilaku konsumen. Model penelitian meliputi 1) U&G (ease of use, money saving, delivery experience, hedonic benefit, learning benefit, dan social presence), 2) TPB (attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control), dan 3) purchase intention. Analisis data dilakukan menggunakan metode PLS-SM dengan 471 responden. Hasil analisis menemukan pengaruh faktor motivasi kebutuhan; faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, learning benefit, dan social presence memengaruhi attitude; faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, dan learning benefit memengaruhi purchase intention. Hasil analisis juga membuktikan attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi purchase intention. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis berupa keterbaruan konteks branded apps, serta implikasi praktis bagi perusahaan pengembang aplikasi, dan perusahaan penyedia branded apps.

Mobile branded applications (branded apps) are the company's online channel to serve customers and display brand identity. This platform becomes the company’s advantage that is predicted to grow in the next few years. However, there was data on the uninstall percentage of shopping applications in 2020 in Indonesia. Therefore, it is necessary to understand the factors that trigger attitude and purchase intention in branded apps based on consumer behavior. This study adopts uses and gratification (U&G) and theory of planned behavior (TPB). The research model includes 1) U&G (ease of use, money saving, delivery experience, hedonic benefits, learning benefits, and social presence), 2) TPB (attitude, subjective norm, and perceived behavioral control), and 3) purchase intentions. Data analysis was carried out using PLS-SEM with 471 respondents. The results found the influence of motivation factors; ease of use, money saving, hedonic benefits, learning benefits, and social presence affect attitude; ease of use, money saving, hedonic benefits, and learning benefits affect purchase intention. The results also prove that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control affect purchase intention. This research provides theoretical implications for branded apps context updates, and practical implications for application development companies, and branded apps provider companies."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>