Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Restu Nugroho
Abstrak :
Penggunaan SRM (Switched Reluctance Motor) untuk suatu keperluan tertentu mengharuskan perancangan SRM sesuai suatu spesifikasi. Disisi lain, dalam suatu perancangan SRM diperlukan optimalisasi kinerja agar perancangan semakin baik. Optimalisasi dimensi menjadi salah satu faktor penting dalam optimalisasi kinerja SRM. Untuk mencapai hal ini, diperlukan analisis hubungan kinerja SRM seperti torsi dan efisiensi terhadap dimensi SRM yaitu rotor dan stator. Dalam penelitian ini didapatkan perancangan SRM menghasilkan daya output 191 kW, torsi 1213 Nm, dan efisiensi 90,1 % pada rated speed 150 rpm. Optimalisasi desain dimensi stator dan rotor menghasilkan peningkatan torsi puncak statik 114,5020123 % , dan peningkatan efisiensi rata-rata sebesar 102,2768 % pada rentang kecepatan 100 rpm-3300 rpm.
SRM (Switched Reluctance Motor) for a usage need spesific design according to a spesification. In other hand, SRM design need the work optimization to reach good design. Dimensional optimization is a important factor in SRM performance optimization. Need to analysis relationship between performance of SRM such us torque and efficiency toward dimensional factor such as rotor and stator. In this research, SRM results output power 191 KW, torque 1213 Nm, and efficiency 90,1 % at rated speed 1500 rpm. Optimization of stator and rotor dimensional results increasing of static torque peak 114,5020123 %, and increasing of average efficiency at 102,2768 % at range 100 rpm-3300 rpm.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64744
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudha Sasmita Putra
Abstrak :
Motor BLDC merupakan salah satu jenis motor listrik yang penggunaannya sudah luas di berbagai aplikasi karena keunggulannya. Namun, motor BLDC memiliki kekurangan yaitu adanya getaran dan noise pada motor akibat torsi cogging sehingga harus dihilangkan. Oleh karena itu, dilakukan reduksi torsi cogging pada motor BLDC 12 alur 8 kutub dengan menggunakan metode segmentasi kutub magnet permanen. Parameter dari metode yang diteliti ini adalah lebar magnet permanen dan jarak antar segmen magnet dari setiap kutubnya. Diperoleh hasil bahwa metode segmentasi kutub magnet permanen dapat mereduksi torsi cogging secara signifikan bila posisi segmen magnet terhadap stator tepat. Desain modifikasi dengan torsi cogging terkecil diperoleh dari kutub yang disegmentasi dengan lebar sudut magnet permanen 33,6o dan jarak antar segmen sebesar 5,25o, menghasilkan torsi cogging sebesar 0,023 Nm dengan besar reduksi sebesar 90,83 dari nilai torsi cogging awal motor yaitu sebesar 0,251 Nm.
BLDC motor is one type of electric motor which becoming widely used in many applications because of its predominance characteristics. However, BLDC motors have drawbacks which is vibration issues and noise caused by the cogging torque, so it should be minimized. Therefore, cogging torque on motor BLDC 12 slot 8 pole had been reduced by using permanent magnet segmentation method. Parameters that had been studied are permanent magnet width and distance between magnet segment on each rotor pole. The result is minimum cogging torque can be obtained when the position of magnet segment relative to stator is appropriate. Modified design with minimum cogging torque is achieved from pole that had been segmented with permanent magnet width 33,6o and distance between magnet segment is 5,25o, which produces cogging torque of 0,023 Nm with a reduction of 90,83 from its original design which produces cogging torque of 0,251 Nm.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uno Bintang Sudibyo
Abstrak :
ABSTRAK
Motor induksi tiga fasa dapat dikendalikan seperti motor arus searah menggunakan prinsip orientasi fluks dengan pengendalian torsi yang dihasilkan dan fluks medannya secara terpisah. Dimodelkan dengan persamaan-persamaan motor dalam kerangka acu stator, motor induksi tiga fasa dapat dianalisis kondisinya saat transien. Dengan pengendalian torsi langsung, kesalahan pada torsi yang dihasilkan dapat diperkecil, sehingga unjuk kerja motor dapat diperbaiki.
ABSTRACT
Three-phase induction motors can be controlled as DC motors using flux-oriented principles, with separately controlled produced torque and field flux. Modelled using stator reference frame equations. With the direct torque control method, produced torque errors will be smaller, resulting in better motor performance.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Anugerah Gumelar Adityana
Abstrak :
Motor BLDC banyak digunakan untuk berbagai aplikasi karena memiliki kelebihan pada karakteristiknya. Namun, motor dengan permanen magnet jenis ini memiliki kekurangan, salah satunya torsi cogging. Oleh karena itu, dirancang atau dilakukan modifikasi pada motor BLDC agar diperoleh torsi cogging yang seminimal mungkin. Metode yang digunakan untuk mereduksi torsi cogging pada penelitian ini adalah dengan penambahan notch pada gigi stator dengan memvariasikan kedalaman, bentuk, dan lebar notch untuk mendapatkan desain yang terbaik. Pada penelitian ini digunakan perangkat lunak berbasis FEM Finite Element Method. Dari semua variasi modifikasi yang dilakukan, selanjutnya dianalisis pengaruh kedalaman, bentuk, dan lebar notch terhadap torsi cogging. Desain terbaik reduksi torsi cogging terjadi saat lebar notch sebesar 2,85 dan kedalaman notch sebesar 0,25mm dengan hasil reduksi sebesar 75,83, dan torsi riak yang berkurang menjadi 58,74 dari sebelumnya sebesar 65,4. ...... Cogging Torque Reduction on BLDC Motors 12 Slot 8 pole with adding notch on stator teeth. Brushless DC Motor is widely used for various applications because it has advantages in its characteristics. However, motors with permanent magnets have some disadvantages, one of them is cogging torque. Therefore, it is designed or modified on a Brushless DC motor to obtain minimal cogging torque. The method used to reduce the cogging torque in this research is by adding notches to the stator teeth by varying the depth, shape, and width of the notch to obtain the best design. In this research used FEM based software Finite Element Method . Of all variations of modifications made, then analyzed the effect of depth, shape, and notch width to cogging torque. The best design of cogging torque reduction occurs when the notch width is 2.85 and the notch depth is 0.25mm with the reduction of 75.83 , and the reduction of ripple torque becomes 58.74 from the previous 65.4.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69627
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadly Achmad Alfikri
Abstrak :
Bis berbahan bakar listrik diharapkan mampu untuk menggantikan bis berbahan bakar fosil dimasa depan. Salah satu jenis motor penggerak bis listrik yang banyak digunakan adalah motor BLDC. Dengan demikian penelitian diperlukan untuk merancang motor BLDC yang optimal untuk bis listrik. Oleh karena itu, dirancang suatu desain motor BLDC menggunakan metode simulasi dengan perangkat lunak berbasis finite element analysis. Dalam skripsi ini, dirancang sebuah motor BLDC 3 fasa. Jumlah slot dan kutub yang digunakan adalah 60 slot dan 16 kutub. Rancangan desain motor BLDC digambar di perangkat lunak SolidWorks dan disimulasikan di perangkat lunak Infolytica Motorsolve. Perubahan yang dilakukan adalah variasi lebar magnet, variasi posisi magnet terhadap diameter luar rotor, variasi lebar tooth, variasi pemberian lubang dan variasi ukuran stator dan ukuran rotor. Analisis yang dilakukan pada setiap desain adalah analisa torsi dari motor. Hasil dari penambahan lebar magnet akan menaikan torsi. Torsi terbesar terjadi pada lebar magnet desain E yang memiliki torsi lebih besar 2,818 dari desain dasar A. Hasil dari penambahan jarak antara magnet dengan diameter luar motor akan menurunkan torsi. Torsi terbesar terjadi pada posisi magnet desain AA yang memiliki torsi lebih besar 8,058 dari desain dasar CC. Hasil dari penambahan lebar tooth akan menaikan torsi. Torsi terbesar terjadi pada lebar tooth desain EEE yang memiliki torsi lebih besar 4,376 dari desain dasar AAA. Hasil dari pemberian lubang pada motor tidak terlalu berpengaruh pada torsi tapi lebih baik dilakukan untuk memudahkan proses fabrikasi. Torsi pada desain tanpa lubang memiliki torsi lebih besar 0,46 dari desain berlubang. Hasil dari penambahan ukuran rotor dan pengurangan ukuran stator akan menaikan torsi. Torsi pada desain ukuran stator kecil dan rotor besar memiliki torsi lebih besar 9,016 dari desain ukuran stator besar dan rotor kecil.
Electric buses are expected to be able to replace future fossil fueled buses. One type of electric bus motor that is widely used is the BLDC motor. Thus, research is needed to design an optimal BLDC motor for electric buses. Therefore, a BLDC motor is designed using a simulation method with finite element analysis based software. In this thesis, a 3 phase BLDC motor is designed. The number of slots and poles used is 60 slots and 16 poles. The design of the BLDC motor design was drawn on SolidWorks software and simulated in Infolytica Motorsolve software. Changes made are variations in the width of the magnet, variations in the position of the magnet to the outer diameter of the rotor, variations in tooth width, variations in hole delivery and variations in stator size and rotor size. The analysis performed on each design is the analysis of torque from the motor. The result of increasing the width of the magnet will increase torque. The largest torque occurs in the magnet width of the E design which has a greater torque of 2.818 than the basic design A. The result of increasing the distance between the magnet and the outer diameter of the motor decreases torque. The largest torque occurs in the AA design magnet position which has a greater torque of 8.058 than the basic design CC. The result of increasing tooth width will increase torque. The largest torque occurs in the EEE tooth width design which has a greater torque of 4.376 than the basic design AAA. The result of giving a hole in the motor is not too influential on torque but it is better done to facilitate the fabrication process. Torque in the design without holes has greater torque of 0.46 than the design with holes. The result of increasing rotor size and reducing stator size will increase torque. Torque in the small stator size and large rotor designs has a torque greater than 9.016 of the large stator and small rotor size designs.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Romario Akbara
Abstrak :
Penggunaan motor BLDC semakin marak digunakan karena memiliki efisiensi dan kecepatan yang tinggi serta volume yang kecil dan bobot yang ringan sehingga banyak digunakan di bidang industri, mobil listrik, dan peralatan elektronik. Penelitian ini dibuat untuk meneliti pengaruh ketebalan magnet dan jarak offset permanen magnet terhadap parameter motor seperti konstanta BEMF, torsi, dan riak torsi. Untuk melihat parameter tersebut digunakan software berbasis FEA (Finite Element Analysis). Hasil yang didapat adalah nilai torsi sebanding dengan ketebalan magnet dengan torsi terbesar diperoleh saat tebal magnet 3,50 mm pada penelitian ini yaitu sebesar 5,7275 Nm dan riak torsi mengurang seiring dengan bertambahnya jarak offset permanen magnet dengan riak torsi terkecil diperoleh saat jarak offset 20 mm dengan riak torsi sebesar 0,7845%. ...... The use of BLDC motors increasingly widespread because it has a high efficiency and speed as well as a small volume and light weight so widely used in industry, electric cars, and electronic equipment. This study was made to examine the influence of the thickness of the permanent on and the offset distance of the permanent magnet on motor parameters such as BEMF constants , torque, and torque ripple. To view the parameters used software based on FEA (Finite Element Analysis). The results showed that the value of the torque is proportional to the thickness of the permanent magnet with the highest torque obtained when magnet thickness is 3,50 mm by 5,7275 Nm and torque ripple reduced in line with increasing the distance of offset permanent magnet with the lowest torque ripple obtained when the distance of offset permanent magnet is 20 mm by 0,7845%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63985
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifki Fahmi
Abstrak :
ABSTRACT
Torsi cogging yang dihasilkan oleh motor arus searah tanpa sikat berinteraksi dengan torsi mekanis. Sehingga, diperlukan torsi cogging yang lebih kecil agar menghasilkan torsi mekanis yang lebih tinggi dengan riak yang lebih kecil. Reduksi torsi cogging dan riak torsi dapat dilakukan dengan mengubah ukuran celah udara dan bukaan alur pada motor yang dirancang. Pada penelitian ini, studi variasi desain dilakukan pada bagian celah udara dan bukaan alur. Berdasarkan simulasi perangkat lunak berbasis finite element analysis, desain optimum yang didapatkan adalah ukuran celah udara 2 mm dan ukuran bukaan alur 6 mm yang menghasilkan besar torsi induksi 6,683 Nm, riak torsi 8,32, dan torsi cogging 0,14 Nm.
ABSTRACT
The cogging torque generated by Brushless Direct Current BLDC Motors interacts with mechanical torque. Therefore, required lower cogging torque to produce smaller ripples with higher values of mechanical torque. Reduction of cogging torque and torque ripple can be done by adjusting the size of air gap and slot opening. In this study, a variation design study was performed on the air gap and slot opening parts. Based on the finite element analysis software simulation, the optimum design obtained is at 2 mm on the size of air gap and 6 mm on the size of slot opening which produces a large mechanical torque of 6,683 Nm, torque ripple 8.32, and 0.14 Nm of cogging torque.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldino Muhamadwijaya
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam kehidupan sehari-hari hampir di semua tempat terdapat barang-barang yang diproduksi dengan proses metal injection molding seperti pesawat telepon, printer, keyboard, mouse, rumah lampu mobil, dashboard, roda furnitur, telepon seluler, dan masih banyak lagi yang lain. Secara garis besar proses produksi komponen melalui jalur teknologi logam serbuk dengan proses Metal Injection Molding terdiri atas empat tahapan yaitu mixing, injection molding, debinding dan sintering. Feedstock (bahan baku) memainkan peran sentral dalam proses MIM. Feedstock yang merupakan campuran antara powder dan binder yang dicampur (mixing) pada temperatur elevasi menggunakan bantuan alat seperti ekstruder, kneader atau shear roll extruder, dengan ketersediaan berbagai perangkat pencampuran telah menambah variasi metode yang berbeda dari pencampuran yang akan digunakan untuk menghasilkan feedstock MIM . Terlepas dari metode pencampuran digunakan, campuran bahan baku harus homogen dan memiliki perilaku pseudo-plastik. Dalam proses MIM, laju geser selama molding biasanya berkisar antara 100 dan 10000 s-1. Dalam rentang laju geser ini menurut teori viskositas maksimum untuk injeksi molding adalah 1000 Pa.s pada suhu molding Untuk mencari karakterisitik rheologi dari feedstock biasanya diukur menggunakan Capillary Rheometer, pada skripsi ini penulis menggunakan data mixing untuk mencari nilai shear rate dan viskositas, hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan hasil perhitungan dengan rheologi Material Safety Data Sheet (MSDS) tidak terlalu besar, lalu feedstock Fe2%Ni dengan binder 69%BW+30% EVA + 1%SA dan feedstock Fe2%Ni dengan binder 79%PW+20%HDPE + 1% SA memenuhi syarat rheologi sebagai feedstock Metal Injection Molding.
ABSTRACT
In daily life almost everywhere there are goods produced by metal injection molding process such as a telephone, printer, keyboard, mouse, house lights, car dashboard, wheel furniture, mobile phones, and many others. Broadly speaking, the process of production of components through the powder metal technology with Metal Injection Molding process consists of four stages, namely mixing, injection molding, debinding and sintering. Feedstock plays a central role in the MIM process. Feedstock which is a mixture of powder and binder were mixed at a temperature elevation using the help of tools such as extruder, kneader or shear roll extruder, with the availability of various mixing devices have extended variety of different methods of mixing that will be used to produce MIM feedstock. Apart from mixing method is used, a mixture of feedstock should be homogeneous and has a pseudo-plastic behavior. In the MIM process, the shear rate during molding is usually between 100 and 10 000 s-1. Within the range of shear rates is in theory a maximum viscosity for injection molding was 1000 Pa.s at molding temperatures Find characteristic rheological of feedstock is typically measured using a capillary rheometer, in this paper the authors use data mixing to find the value of shear rate and viscosity, the results showed that the comparison of the calculation results with rheological Material Safety Data Sheet (MSDS) is not too large, then feedstock Fe2 % Ni with a binder 69% BW + 30% EVA + 1% SA and feedstock Fe2% Ni with a binder of 79% PW + 20% HDPE + 1% SA qualifies as feedstock rheological Metal Injection Molding.
2017
S66480
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Akbar Habibillah
Abstrak :
Motor sinkron adalah salah satu jenis motor listrik yang sering digunakan dalam perindustrian dimana karakteristiknya memiliki kecepatan konstan yang sinkron. Motor ini memiliki kelebihan dalam konstruksinya yang sederhana, tingkat efisiensinya yang tinggi dan power factor yang dapat dikendalikan. Namun, motor sinkron memiliki maintenance yang cukup rumit dan harganya relatif lebih mahal akibat penggunaan komponen magnet didalamnya. Pada penelitian ini, komponen magnet pada motor sinkron akan diganti dengan lilitan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, untuk mempertahankan nilai efisiensi dan torsi terbaik yang dihasilkan motor sinkron perlu mencari pole-slot combination yang sesuai. Performa dari motor sinkron akan disimulasikan menggunakan software MagNet dan MotorSolve, sehingga dapat dilihat hasil arus, tegangan, fluks, torsi yang dihasilkan oleh motor sinkron. ......Synchronous motor is one type of electric motor that is often used in industry where the characteristics have a synchronous constant speed. These motors have the advantages of simple construction, high efficiency and controllable power factor. However, synchronous motors have quite complicated maintenance and are relatively more expensive due to the use of magnetic components in them. In this study, the magnetic component of the synchronous motor will be replaced with a winding to overcome this problem. In addition, to maintain the best efficiency and torque values produced by synchronous motors, it is necessary to find an appropriate pole-slot combination. The performance of the synchronous motor will be simulated using MagNet and Motorsolve software, so that the results of the current, voltage, flux, torque generated by the synchronous motor can be seen.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Decby Laksana Luhut
Abstrak :
Kinerja dari motor bldc yang semakin baik dibutuhkan untuk aplikasi dalam dunia industri. Jadi, studi penelitian diperlukan agar dapat meningkatkan kualitas performa motor bldc. Oleh karena itu, dirancang suatu desain motor bldc menggunakan metode simulasi dengan perangkat lunak berbasis finite element analysis. Perubahan yang dilakukan adalah variasi lebar dari sudut kutub pada magnet permanen. Analisis dari setiap desain menyangkut dari analisa fluks, torsi, back EMF, dan Efesiensi dari motor. Hasil dari pelebaran lebar sudut kutub magnet permanent akan menaikan torsi dan efisiensi dari motor itu sendiri namun riak torsi yang terjadi akan semakin tinggi yang akan menggangu kinerja dari motor itu sendiri. Tegangan induksi, torsi, dan efisiensi terbesar terjadi pada lebar sudut kutub 45 derajat yang memiliki besar 33,595 volt, 6,75 Nm, dan 85,7. Sedangkan, riak torsi paling kecil adalah 2,89 pada lebar sudut kutub 36 derajat.
Performance of the BLDC motor is either increasingly needed for applications in the industrial world. Thus, the research study is needed in order to improve the quality of performance of the BLDC motor. Therefore, designed a BLDC motor design using simulation method with finite element analysis software. Width from the arc poles on the permanent magnet is a variation performed on the motor design. Fluks, Induced voltage, torque, and efficiency from each variation became parameter for analitical component. The result of widening the width of the permanent magnetic pole angle will increase the torque and efficient of the motor itself but the higher the torque ripple will occur and cause a negative effect on the motor performance. Induced voltage, torque, and efficiency was greatest at 45 degrees angle pole, which is 33,595 volts, 6,75 Nm, and 85.7. Meanwhile, most small torque ripple is 2,89 on polar angle of 36 degrees wide.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>