Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 36 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Illiyyina Perdanawati
Abstrak :
Tesis ini merupakan studi kasus tentang analisis dan dokumentasi sistem informasi kas dengan Unified Modeling Language di Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan selama kurun waktu Februari-November 2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMKAS UI memang dibutuhkan organisasi, SIMKAS UI membantu pengendalian internal organisasi, sistem yang baik memerlukan dokumentasi sistem, UML merupakan salah satu alat untuk mendokumentasikan sistem, SIMKAS UI memiliki design interface yang mudah digunakan. Saran dari penelitian ini adalah penambahan help desk (administrator) SIMKAS UI agar pelayanan menjadi lebih cepat, integrasi data base dengan sistem SIPKA dan Oracle, dan diperlukannya penelitian lanjutan untuk melengkapi dokumentasi sistem.
This thesis is a case study about analysis and documentation cash information systems with Unified Modeling Language at the University of Indonesia. The study was conducted during the period from February to November 2015. This research is a qualitative descriptive design. The technique of collecting data using interviews, observation, and literature study. The results show that UI is needed SIMKAS, SIMKAS UI helps internal control organization, a good system requires documentation system, the UML is one tool for documenting system, SIMKAS UI has an easy to use interface design. Suggestions from this study is the addition of a help desk (administrator) SIMKAS UI that services become faster, the integration of data base with Sipka and Oracle systems, and the need for further research to complete the documentation system.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T53235
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pemodelan adalah salah satu proses awal dalam pengembangan suatu aplikasi atau produk. Tahap ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pada produk akhir. Salah satu metode pemodelan berorientasi objek yang banyak digunakan adalah pemodelan UML (Unified Modeling Language). Dalam UML suatu sistem dipandang sebagai kumpulan objek yang memiliki atribut dan method. SystemC adalah bahasa perancangan perangkat keras yang berbasis C++. SystemC merupakan sebuah library yang mendefinisikan tipe-tipe komponen perangkat keras. Dalam pemodelan bersama perangkat keras dan perangkat lunak, UML dan SystemC memiliki kemampuan yang sama. Pada paper ini dilakukan analisis proses transformasi dari pemodelan berorientasi objek dengan UML dan implementasi dengan menggunakan SystemC. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transformasi UML-SystemC dapat dilakukan karena keduanya memiliki nature yang sama sebagai lingkungan yang dapat merancang bersama hardware dan software. Perangkat yang digunakan untuk penelitian ini adalah Rational Rose dan SystemC.
Abstract
Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC.
[Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Fakultas Informatika IT Telkom], 2010
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Pemodelan adalah salah satu proses awal dalam pengembangan suatu aplikasi atau produk. Tahap ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pada produk akhir. Salah satu metode pemodelan berorientasi objek yang banyak digunakan adalah pemodelan UML (Unified Modeling Language). Dalam UML suatu sistem dipandang sebagai kumpulan objek yang memiliki atribut dan method. SystemC adalah bahasa perancangan perangkat keras yang berbasis C++. SystemC merupakan sebuah library yang mendefinisikan tipe-tipe komponen perangkat keras. Dalam pemodelan bersama perangkat keras dan perangkat lunak, UML dan SystemC memiliki kemampuan yang sama. Pada paper ini dilakukan analisis proses transformasi dari pemodelan berorientasi objek dengan UML dan implementasi dengan menggunakan SystemC. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transformasi UML-SystemC dapat dilakukan karena keduanya memiliki nature yang sama sebagai lingkungan yang dapat merancang bersama hardware dan software. Perangkat yang digunakan untuk penelitian ini adalah Rational Rose dan SystemC.

Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC.

Modeling is one of the first process in the development of an application or product. This phase is done to minimize errors in the final product. One method in object-oriented modeling that is widely used is UML (Unified Modeling Language). In UML a system is seen as a collection of objects that have attributes and methods. SystemC is a hardware design language based on C++. SystemC is a library that defines the types of hardware components. In a joint modeling of hardware and software, UML and SystemC have similar capabilities. In this paper, researchers analyzed the transformation of object-oriented modeling with UML and the implementation by using SystemC. The results shows that the transformation process of UML-SystemC can be done because both have the same nature as the environment that can design both hardware and software. The device used for this study is the Rational Rose and SystemC.
IT Telkom, Fakultas Informatika, 2010
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dennis, Alan, 1951-
Hoboken: Wiley Blackwell, 2015
004.21 DEN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dennis, Alan, 1951-
Hoboken: Wiley Blackwell, 2015
004.21 DEN s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Darmawan Candra Purnama
Abstrak :
Pada karya ilmiah ini dilakukan pengembangan aplikasi layanan psikologi berbasis Android dengan metode pengembangan Open Unified Process (OpenUP). Pengembangan dilakukan menggunakan OpenUP untuk membuktikan sifat agile dan ringan dari metode tersebut. Selain itu, metode pengembangan juga harus mendukung terciptanya kualitas produk yang baik. Kerangka kerja OpenUP diterapkan pada versi 1.5.0.4 yang meliputi peran, tugas, artefak, dan komponen lainnya selama pengembangan aplikasi berlangsung. Dari hasil evaluasi, metode pengembangan OpenUP dinilai cukup efektif berdasarkan jumlah peran yang diemban, use case yang diimplementasikan, dan artefak yang dihasilkan. Selain itu, kualitas aplikasi yang dihasilkan juga cukup baik berdasarkan kompatibilitas, performa, dan survei dari responden. Dengan hasil evaluasi tersebut, diharapkan OpenUP dapat menjadi salah satu metode pengembangan yang banyak digunakan dan aplikasi yang dihasilkan dapat memberikan manfaat serta dapat dikembangkan lebih lanjut. ......Development of Android-based psychology service application using Open Unified Process implemented in this scientific work. The purpose of the development using OpenUP is to prove the agile dan lightweight characteristic of the method. Furthermore, development method should bolster the quality of the result product. OpenUP version 1.5.0.4 framework implemented including role, task, artifact, and other components during the application development. From the evaluation, OpenUP method provides a quite effective result based on role acquired, use case implemented, and artifact produced. It also produces well-quality application based on compatibility, performance, and survey response. With that result, OpenUP is expected to be a widely used development method and the application produced could bring benefits while also to be further developed.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bennett, Simon
London: McGraw-Hill, 2010
003.1 BEN o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Wildan Anshori
Abstrak :
ABSTRAK
Manajemen kepegawaian merupakan kegiatan pengelolaan kepegawaian mulai perencanaan pegawai sampai dengan pegawai pensiun. Pelaksanaan pengelolaan manajemen kepegawaian Kementerian Ketenagakerjaan saat ini belum optimal. Masih sering terjadi keterlambatan dalam pembuatan SK kenaikan pangkat dan SK kenaikan gaji berkala, sering terjadinya kesalahan dalam pembuatan SK, sulitnya membuat laporan tentang data-data kepegawaian. Untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu adanya Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian. Selain menyelesaikan masalah, Sistem Informasi Kepegawaian juga mampu meraih peluang dengan memberikan nilai tambah yaitu update data kepegawaian menjadi lebih mudah dan proses pelayanan kepegawaian dapat menjadi lebih efisien. Tahapan perancangan sistem informasi kepegawaian menggunakan tahapan pengembangan metodologi Waterfall. Untuk menentukan layak tidaknya perancangan tersebut, dilakukan analisis kelayakan yang mencakup kelayakan teknis, kelayakan ekonomi dan kelayakan organisasi. Berdasarkan analisis kelayakan, proyek perancangan sistem informasi kepegawaian layak dikerjakan. Untuk menggambarkan sistem yang sudah ada as-is system dan sistem informasi kepegawaian to-be system digunakan pemodelan UML Unified Modelling Language yang meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram, collaboration diagram, state chart mechine diagram, class diagram dan deployment diagram. Manfaat sistem informasi kepegawaian terdiri dari 3 kategori yakni Business Process Automation BPA , Business Process Improvement BPI dan Business Process Reengineering BPR . Rancangan Sistem Informasi Kepegawaian yang dihasilkan dibagi dalam 6 modul subsistem, yaitu modul login, modul master data, modul data pegawai, modul proses kepegawaian, modul pengguna dan modul laporan.

ABSTRACT
Personnel management is an activity of personnel management from planning employee until retirement employee. Implementation of the management of personnel management the Ministry of Labour is currently not optimal. Still frequent delays in manufacturing SK SK promotions and salary increases periodically, frequent occurrence of errors in the manufacturing of SK, the difficulty of making a report on the employment data. To solve these problems need to be their Human Resources Information Systems Design. In addition to resolving the problem, Human Resources Information System is also able to seize the opportunity to provide added value, namely update employee data becomes easier and the process could be more efficient staffing services. Stages of personnel information system design using Waterfall methodology development stage. To determine the appropriateness of the design, feasibility analysis which includes the technical feasibility, economic feasibility and viability of the organization. Based on the feasibility analysis, project personnel information system design feasible. To illustrate the existing system as is system and personnel information system to be system used modeling UML Unified Modeling Language , which includes use case diagrams, activity diagrams, sequence diagrams, collaboration diagrams, state charts mechine diagram, class diagrams and deployment diagrams. Benefits of personnel information system consists of three categories, Business Process Automation BPA , Business Process Improvement BPI and Business Process Reengineering BPR . Human Resources Information System divided into six modulesvsubsystem, there are the login module, the master data module, the employee data module, the management process module, the user module and the report module.
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus Herliansyah
Abstrak :
Badan Kepegawaian Daerah BKD Provinsi Riau merupakan Organisasi Pemerintahan Daerah OPD yang memiliki tugas dan fungsi dalam pelayanan dan manajemen Aparatur Sipil Negara ASN di Provinsi Riau, seperti pelayanan administrasi kenaikan pangkat, pindah instansi, cuti dan pensiun. Dari Laporan Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau tahun 2016 diketahui bahwa pencapaian peningkatan pelayanan manajemen ASN pada tahun 2015 realisasi yang tercapai 52.21 dari target 82, sedangkan di tahun 2016 target diturunkan menjadi 60 dari sebelumnya 84 dengan mempertimbangkan rendahnya pencapaian di tahun-tahun sebelumnya. Permasalahan yang saat ini dihadapi adalah masih ditemukannya data pegawai yang tidak konsisten, proses layanan yang lambat, dan banyaknya berkas yang menumpuk. Hal ini dikarenakan Sistem Informasi Kepegawaian yang ada saat ini hanya berfungsi menyajikan data kepegawaian secara elektronik, akan tetapi belum menyediakan fitur-fitur untuk mendukung proses pelayanan sehingga layanan kepegawaian masih berjalan secara manual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah solusi berupa perancangan Sistem Informasi Manajemen ASN Provinsi Riau yang menyediakan fitur bagi ASN untuk mengajukan permohonan layanan ke BKD. Perancangan Sistem Informasi pada penelitian ini mengadaptasi metode pengembangan sistem SDLC yang dimodifikasi dan mengambil tahapan analisis dan desain. Pengumpulandata yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen yang menghasilkan system request yaitu kebutuhan untuk membuat data lebih akurat dan konsisten, mempercepat proses layanan, dan dapat diakses secara online. Dari kebutuhan tersebut maka diturunkan menjadi fungsi-fungsi di dalam sistem yangkemudian dimodelkan menggunakan UML sehingga dihasilkan fitur pengajuan layanan secara online, verifikasi melalui sistem, mengelola permohonan, dan pengaduan layanan. Sedangkan tahapan desain dalam penelitian ini menghasilkan human computer intercation design, data management design dan physical architecture layer design yang dirancang sesuai requirement yang didapatkan. Hasil perancangan Sistem Informasi yang dibuat juga memiliki manfaat Business Process Automation BPA seperti form input data yang konsisten, serta penghitungan SKP dan angka kredit fungsional secara otomatis. Sistem juga akan memberikan Business Process Improvement BPI dengan fitur permohonan online sehingga tidak lagi melalui pencatatan di Petugas Administrasi, dan juga adanya notifikasi apabila dokumen persyaratan tidak lengkap diunggah maka tidak bisa melanjutkan permohonan sehingga tidak perlu mengantarkan berkas ulang. Sistem juga akan memberikan Business Process Reengineering BPR dimana ASN dapat mengajukan layanan secara online tanpa harus datang ke kantor BKD dan membawa banyak berkas. Selain itu juga sistem memberikan Business Process Oppurtunity BPO berupa tersedianya layanan pengelolaan permohonan oleh ASN pengguna layanan sehingga bisa memantau perkembangan permohonannya, dan juga fitur helpdesk yang memungkinkan ASN mendapatkan kemudahan pengaduan dan informasi yang lebih baik mengenai layanan kepegawaian. ......The Regional Civil Service Agency BKD of Riau Province is a Regional Government Organization OPD that has duties and responsibilities in the service and management of Civil Servant ASN in Riau Province, such as administrative services promotion, relocation agency, leave and retirement. From the Riau Civil Service Agency Performance Report of 2016, it is known that the achievement of Civil Servant management service improvement in 2015 reached the percentage 52.21 from the target 82 , while in 2016 the target was reduced to the percentage of 60 from 84 previously, considering the low achievement in the previous year. The problems currently encountered are the inconsistency of employee data discovery, the slow of service process, and the number of files that accumulate in the office space. This is because the existing Human Resources Information System only serves to present employee data electronically, but has not provided features to support the service process so that the personnel service is still running manually. To overcome these problems required a solution in the form of Management Information System Civil Servant of Riau Province that provides features for Civil Servant to apply for service to BKD. Information System that Designed in this research adapted method of development of modified SDLC system and take step analysis and design. Data collection is done through interviews, observations and document studies that result in system requests ie the need to make data more accurate and consistent, speed up the service process, and can be accessed online. From these requirements, it is derived into functions in the system which are then modeled using UML resulting in online service submission features, system verification, application management, and service complaints. While the design stage in this study produces human computer intercation design, data management design and physical architecture layer design designed according to the requirements obtained. The results of the design of Information Systems created also have the benefits of Business Process Automation BPA such as consistent data input form, and calculation of SKP and functional credit numbers automatically. The system will also provide Business Process Improvement BPI with online application feature so that it is no longer through registration in the Administration Officer, and also notification if the incomplete requirements document is uploaded then can not continue the application so there is no need to deliver the file again. The system will also provide Business Process Reengineering BPR where ASN can apply online without having to come to BKD office and carry multiple files. In addition, the system provides Business Process Oppurtunity BPO in the form of availability of application management services by Civil Servant service users so that it can monitor the progress of the request, as well as helpdesk feature that allows ASN to get complaints ease and better information about the service personnel.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Abrar Nasbey
Abstrak :
Kegiatan pengelolaan deposit terbitan nasional dalam rangka menghimpun, menyimpan, melestarikan dan mendayagunakan koleksi nasional merupakan salah satu peran Perpustakaan Nasional RI Perpusnas yang amat penting dalam mengembangkan koleksi nasional dan melestarikan hasil budaya bangsa. Berdasarkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah LAKIP Perpusnas 2016 diketahui bahwa hasil penghimpunan Karya Cetak Karya Rekam KCKR pada tahun 2016 adalah sebanyak 32.685 eksemplar atau sebesar 24.1 jika dibandingkan dengan total karya yang terbit di Indonesia, dan dapat disimpulkan dalam kategori rendah. Permasalahan yang saat ini dihadapi antara lain, yang pertama adalah kesulitan dalam melakukan pemantauan penerbit karena Deposit Hanya memiliki daftar penerbit yang pernah menyerahkan terbitannya, namun tidak memiliki daftar semua penerbit di Indonesia, sehingga untuk melakukan pemantauan dibutuhkan proses pemetaan penerbit terlebih dahulu dan melakukan komparasi data dari para penerbit yang telah menyerahkan. Yang kedua yaitu pengelolaan terbitan yang telah diserahkan belum efektif dalam hal kecepatan dan konsistensi data. Hal tersebut terlihat dengan adanya penumpukan dalam proses registrasi, data penerbit yang tidak konsisten, dan pelabelan yang belum terotomasi membutuhkan waktu dan dapat menyebabkan kesalahan pelabelan. Yang ketiga adalah Laporan yang dihasilkan belum memenuhi kebutuhan informasi pengguna sehingga laporan yang dihasilkan oleh sistem perlu di olah kembali oleh pengguna untuk mendapatkan informasi yang di inginkan, dengan demikian membutuhkan waktu dan proses yang panjang tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah solusi berupa perancangan Sistem Deposit. Perancangan Sistem Deposit pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan Systems Development Life Cycle SDLC , dan hanya tahapan analisis dan desain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen.sehingga menghasilkan system request antara lain kebutuhan untuk mempercepat dan memudahkan proses pemantauan penerbit, mempercepat proses pengelolaan terbitan yang telah diserahkan, dan pembuatan laporan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari kebutuhan tersebut dilakukan analisis dan desain menggunakan pendekatan berorientasi objek Unified Modeling Language UML . Dari penelitian ini dihasilkan sistem deposit yang menyediakan fitur untuk menginput data seluruh penerbit beserta terbitannya sehingga mudah melakukan pemantauan penerbit, fitur pencetakan label koleksi secara otomatis untuk mempercepat proses pelabelan dan mencegah terjadi kesalahan pelabelan, fitur input data terbitan bagi penerbit yang akan menyerahkan terbitannya sehingga mempercepat proses registrasi, dan fitur pembuatan laporan dengan menggunakan filtering agar laporan yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna. ......The management of national deposit activities in order to collect, store, preserve and utilize national collections is one of the important roles of National Library of Indonesia NLI in developing national collections and preserving the nation 39;s cultural products. Based on the Government Institution Performance Report of the National Library of Indonesia 2016, it is known that the results of the recapitulation of Deposit Activities in 2016 is 32,685 copies or 24.1 when compared to the total work published in Indonesia, and can be summed up in the low category. The problems currently faced are the difficulty in monitoring the publisher because the Deposit only has a list of publishers who have submitted their publications, but does not have a list of all publishers in Indonesia, so monitoring is needed to map the publisher first and to compile the data from publishers who have submitted. Secondly, the management of published publications has not been effective in terms of speed and consistency of data. This is evident from the buildup in the registration process, inconsistent publisher data, and unmotified labeling takes time and can cause labeling errors. The third is that the resulting report has not met the needs of user information so that reports generated by the system need to reprocessed if the user to get the desired information, thus requiring time and a long process inefficient. To overcome these problems required a solution in the form of Deposit System design. The design of the Deposit System in this study used Systems Development Life Cycle SDLC development method, only the analysis and design stage. Data collection is done by interview, observation, and document study. Thus generating system request include the need to accelerate and facilitate the publisher monitoring process, to accelerate the management process of the submitted publication, and to prepare the report according to the needs of the user. From these requirements, the analysis and design using the object-oriented approach Unified Modeling Language UML . From this research a deposit system is created that provides a feature to input data of all publishers along with its publications so that it is easy to monitor publishers, automatic label collection feature to speed up the labeling process and prevent labeling errors, input data features for publishers who will submit the publication so as to speed up registration process, and report generation feature by using filtering so that the generated report can fulfill user requirement.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>