Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Kekung, Ceylonita L.
"
ABSTRAKSkripsi ini membahas V-effekt dan Verfremdung sebagai suatu metode sastra, hal mana kedua istilah tersebut adalah bagian tak terpisahkan dari teater epik Bertolt Brecht. Dalam skripsi ini juga dianalisa bentuk V-effekt dalam drama Mutter Courage and Ihre Kinder (MCUIK) sebagai model teater epik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat fungsi dan kedudukan metode sastra tersebut dalam teater epik dibandingkan dengan teater aristoteles. Teater aristoteles adalah istilah Brecht bagi teater yang yang antara lain mengenal adanya identifikasi dan katarsis pada penonton. Kedua hal ini dianggap Brecht sebagai suatu sikap pasif sehingga ia menolak bentuk teater tersebut. Kemudian ia menawarkan suatu konsep teater baru yang disebutnya episches Theater (teater epik). Dalam konsep teater epik penonton tidak diharapkan untuk bersikap pasif dan hanyut ke dalam alur cerita, tetapi dalam konsep ini penonton dituntut untuk mencermati alur atau peristiwa yang ditampilkan dalam drama secara kritis (penonton tidak membiarkan dirk dininabobokan oleh peristiwa-peristiwa dalam drama, menurut Brecht). Tujuan teater ini adalah menimbulkan daya kritis, yaitu pandangan atau pengetahuan yang lebih baik atau baru tentang suatu hal yang timbul pada penonton. Untuk mencapai tujuan itu Brecht menggunakan apa yang disebut V-effekt. V-effekt tersebut berdasarkan atas teori Verfremdung. V-effekt muncul dalam tiga tataran teater, yaitu dalam naskah drama, dalam panggung, dan dalam pemeranan. Tataran tersebut mencakup kedua aspek drama, yaitu aspek dramatikal dan teatrikal. Menurut Raymond Furness, drama MCUIK adalah model atau contoh teater epik paling baik. Dalam drama ini banyak terdapat V-effekt, baik dilihat secara dramatikal maupun teatrikal. Analisa V-effekt dalam drama MCUIK menunjukkan bahwa dengan tehnik V-effekt penulis drama ini berhasil membangun daya kritis penonton.
"
1999
S14707
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yachya
"
ABSTRACTTujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah menjelaskan bahwa Verfrerndungseffekt tidak hanya dapat ditemukan di dalam karya Brecht yang berbentuk drama, namun juga dalam bentuk lainnya sepereti Geschichten vom Herrn Kenner yang berbentuk prosa. Selain itu, skripsi ini juga menjelaskan tentang makna dan pengaruh Verfremdungseffekt dalam karya Brecht ini.
Teori yang dipakai dalam skripsi ini adalah perbandingan konsep Yerfremdungseikt menurut Aristoteles dan Bertolt Brecht, juga dijabarkan tentang spesifikasi Geschichten vom Herrn Keuner.
Dari hasil penulisan skripsi ini, saya dapat menyimpulkan bahwa Verfremdungseffekt tidak hanya dapat ditemukan dalam karya Brecht yang berbentuk drama, namun juga dalam bentuk lainnya, misalnya prosa. Karena bentuknya yang berbeda dengan drama, maka Brecht menggunakan cara yang berbeda dalam menerapkan Verfremdungsefekt tersebut dalam karyanya ini, namun tujuan utama dari Verfremdungseffekt tetap dapat diraih, yaitu sikap kritis pembaca.
"
1999
S14979
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library