Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pfeijffer, Ilja Leonard
Amsterdam / Antwerpen: De Arbeiderpers, 2006
BLD 839.313 PFE w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"The maximum Cadmium content in tap water based on Drinking Ware Standard Quality of DKI Local
Government, is 0, 01 mg/L. This experiment is aimed to reduce Cadmium content by adsorbtion process
using 8-10 nun granular activated Carbon. By using continous system to adopt the real condition and
the contact time during isothermal adsorption and the time needed to achive equilibrium conditions
are observed The granular carbon is heated at 100 " C for 24 hours and the surface areas change tom
555,6 m2 /gr to 597,6 m2 / gr .The system reaches penetration curve after I4 hours for 10 minutes
contact rime and I8 hours for 20 minutes.
"
Jurnal Teknologi, 15 (3) September 2001 : 336-345, 2001
JUTE-15-3-Sep2001-336
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ratna Laksmiastuti
"Karies gigi bersama penyakit periodontal merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling banyak dijumpai pada anak. Prevalensi karies pada anak di Indonesia tetap tinggi, meskipun banyak upaya telah dilakukan. Karies gigi merupakan penyakit multifaktorial, dalam arti melibatkan banyak faktor yaitu faktor etiologi dan faktor risiko.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor risiko karies dari ibu dan anak sebagai alat penilaian risiko karies dan pedoman penyusunan manajemen karies gigi pada anak melalui penggunaan suatu perangkat lunak. Identifikasi 8 delapan faktor risiko karies dari ibu dan 10 faktor risiko karies dari anak ditentukan berdasarkan kajian literatur, pengalaman klinis dan keadaan masyarakat setempat.
Penelitian diagnostik dilakukan pada 248 pasangan ibu dan anak. Melalui analisis regresi logistik dihasilkan model penilaian risiko terjadinya karies pada anak dengan sensitivitas 84,06. Penentuan titik potong dilakukan untuk mengelompokkan anak dengan risiko karies rendah dan risiko karies tinggi, supaya dapat dilakukan manajemen yang tepat dan spesifik. Penilaian risiko karies selanjutnya diaplikasikan sebagai suatu animasi penilaian tingkat risiko karies dan upaya manajemennya pada program perangkat lunak komputer.

Dental caries and periodontal diseases are the most common oral diseases impacting to the children. Caries prevalence of children in Indonesia is still high, despite a lot of efforts have been taken. Dental caries is a multifactorial disease which comprise etiologic factor and risk factor.
The research aim is to analyze maternal and children caries risk factor as a prediction instrument for children rsquo s caries risk and a guidance to determine caries management for the children by a software application. The identification 8 eight maternal caries risk factor and 10 children caries risk factor are designated based on literature study, clinical experience and local people condition.
The diagnostic study was conduct on 248 pairs of mothers and children. Using logistic regression analysis it is possible to formulate assessment model of caries risk in children, with 84.06 sensitivity. Cut off point was determined to classify the children into low risk and high risk, for proper and specific management. Hence, caries risk assessment is applied as a level animation and management by a software application program.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2017
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arif Rifai Dwiyanto
"Development of Data Warehouse and Data Mining for National Standards for Education
Abstrak Berbahasa Indonesia/Berbahasa Lain (Selain Bahasa Inggris):
Standar Nasional Pendidikan (SNP) adalah kriteria minimal tentang sistem pen-
didikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. SNP
digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum, tenaga kependidikan, sarana
dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pendidikan.
Pengembangan dan pemantauan SNP dilakukan Badan Standar Nasional Pen-
didikan (BSNP) dibantu oleh tim ahli yang bersifat ad-hoc. Data pendidikan
yang ada pada kementerian atau hasil-hasil analisisnya diprioritaskan untuk digu-
nakan dalam pengembangan dan pemantauan SNP. Permasalahan yang diangkat
dalam penelitian ini adalah belum intensifnya penggunaan data pendidikan yang
ada pada kementerian untuk pengembangan dan pemantauan SNP.
Salah satu penyebab belum intensifnya penggunaan data pendidikan ini karena
data pendidikan tersebar di berbagai instansi dan belum ada standar yang meng-
atur data pendidikan dan bagaimana cara mengaksesnya. Salah satu cara yang
dapat digunakan untuk mengatasi hal ini adalah teknologi data warehouse dengan
melakukan integrasi data melalui proses ETL. Untuk memanfaatkan lebih jauh
lagi data yang ada dalam data warehouse dapat dilakukan data mining. Pada
penelitian ini akan dikaji sejauh mana data warehouse dan data mining dapat di-
gunakan untuk pengembangan dan pemantauan SNP.
Penelitian yang dilakukan mencakup analisis terhadap pengelolaan data pen-
didikan di Indonesia, analisis terhadap data yang akan diolah, dilanjutkan de-
ngan pengembangan serta evaluasi data warehouse dan data mining yang dikem-
bangkan. Data yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi pada data hasil Ujian
Nasional (UN) dan akreditasi untuk jenjang SMP/MTs.
Dari penelitian ini didapati bahwa antarmuka OLAP dalam data warehouse dapat
digunakan untuk menganalisis data pendidikan terkait dengan SNP. Sedangkan
untuk data mining, teknik deskriptif dengan pencarian aturan asosiasi dan teknik
prediktif dengan klasifikasi dapat digunakan untuk memperoleh pengetahuan
yang tersimpan dalam data warehouse untuk data hasil UN dan akreditasi.

The National Standards for Education/Standar Nasional Pendidikan (SNP) is a
set of minimal criteria about the educational system in the Indonesia Republic.
The SNP is used as a reference for curriculum development, teacher and staff,
facilities and infrastructure, management, and financing of education.
The development and monitoring of the SNP are conducted by the National Stan-
dards for Education Agency/Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), as-
sisted by several ad-hoc team of experts. The data that’s available on the Ministry
of National Education (MoNE) or the results of the analysis are prioritized to be
used in the development and monitoring of the SNP.
Issues raised in this research is the use of data available on the ministry of edu-
cation for the development and monitoring of the SNP has not been intense. One
cause has not been the intensive use of education data because educational data
spread across various agencies/ministries and there is no standard of educational
data and how to get access to them. One solution that can be used to overcome
this problem is data warehouse technology by integrating data through the ETL
process. To further use existing data in the data warehouse is to perform data min-
ing. This research examined to what extent the data warehouse and data mining
is useful for the development and monitoring of the SNP.
Research conducted, including the analysis of education data management in In-
donesia, the analysis of data to be processed, followed by the development and
evaluation of data warehouse and data mining developed. The data used in this
study are limited to data from the National Examination and the accreditation
process for junior high schools (SMP/MTs).
From this study, it was found that the OLAP user interface and data warehouse
can be used to analyze data associated with an SNP. As for data mining, associ-
ation rules and classification can be used to obtain hidden knowledge in the data
warehouse for the National Examination and accreditation data.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library