Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Yani
"Tesis ini membahas tentang strategi penghimpunan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS. Berdasarkan penelitian Pusat Bahasa dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah dan Ford Foundation tahun 2004, potensi jumlah dana zakat di Indonesia mencapai Rp. 19,3 triliun. Pengelola zakat memerlukan strategi untuk memperoleh dana zakat, termasuk BAZNAS.
Melalui hasil penelitian atas faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal organisasi BAZNAS, dilakukan analisis Evaluasi Faktor Internal, analisis Evaluasi Faktor Eksternal, analisis Matriks Tows, dan penentuan strategi melalui analisis Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM).
Berdasarkan analisis QSPM tersebut diperoleh strategi ; Perluasan Lingkup Zakat, Membuat strategi penghimpunan dana zakat dan penentuan target yang harus dilakukan oleh manajemen BAZNAS, dan strategi sosialisasi pada masyarkat agar BAZNAS dikenal masyarakat Muslim, dan kaum muzaki mau memberikan zakatnya pada BAZNAS.

This thesis is examining the strategy of collecting Zakah has been done by BAZNAS ( National Zakah Institution ). Base on the research of Cultural & Language Center Islamic State University Syarif Hidayatullah Jakarta and the Ford Foundation in 2004 found that potential of Zakah in Indonesia was 19.3 Trillion Rupiah. The Zakah institution need a strategy to collect zakah potential including this BAZNAS.
Research conducted base on the internal and external factor of BAZNAS organization, then to analyze Internal Factor Evaluation ( IFE ), External Factor Evaluation (EFE), Matrix Tows Analyze and strategic decision use QSPM analyze approach.
QSPM analyze to the organization propose several strategy such : to enlarge zakah variation, to create zakah collection strategy and it?s target achievement level those have to be done by the management of BAZNAS, Socialization Strategy of BAZNAS organization awareness among the Moslem People so that Muzaki is willing to give their Zakah to BAZNA"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T24309
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Thamrin Dahlan
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi muzakki menunaikan zakat pada tingkat Rukun Warga dengan asumsi bahwa keberadaan Masjid dipastikan selalu ada di wilayah tersebut dengan populasi antara 300 sampai 400 kepala keluarga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian regressi logistik dimana intensitas muzakki dalam menunaikan zakat dalam setahun dijadikan sebagai variabel terikat, sedangkan buku tabungan akherat, kehadiran dalam majelis taklim, kepercayaan kepada baitul mal, jarak rumah ke masjid, pendapatan perbulan, jumlah keluarga, kinerja amil zakat dan distribusi zakat dijadikan sebagai variabel bebas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor faktor yang mempengaruhi intensitas muzaki dalam menunaikan zakat dalam setahun di Baitul Maal Masjid Jami An Nur adalah muzakki yang berpendapat bahwa buku tabungan akherat, kehadiran dalam majelis taklim lebih dari 3 kali dalam seminggu dan muzakki yang berpendapat kinerja amil yang dinilai zakat cukup baik.

The objective of this research is to find out the factors that influence the muzakki to carry out the zakah in the Rukun Warga with the assumption that existence of the mosque is certain in the mentioned area with the population between 300 to 400 families. This research used binary logistic regression method whereas the intensity of the muzakki in carrying out the zakah in one year as the dependent variable, while the income level, the number of the family, the distance of the houses, the trust to the tithe officers, the akherat saving accounts for eternity, presence in taklim and the performance of zakah officers used as independent variable.
The result of this research is found that the factors influence the muzakki intensity subject to the tithe payment in Baitul Mal is that the muzakki with the opinion that the role of akherat saving accounts for eternity has a big impact to influence the continuity of the tithe payment, the presence in taklim of more than three times in a week and the muzakki with the opinion that the performance of the zakah officers are accounted good enough."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"UU 38 / 1999 about pengelolaan zakat and UU 17/2000 about pajak Penghasilan recognized zakah as income tax deductible. However , as zakah was regarded as expenses, so the impact is relatively less to income tax and ineffectiveness to improve income from tax and zakah...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Husnul Khatimah
"Pengelolaan dan pendistribusian zakat merupakan masalah mendasar dalam perekonomian Islam. Pada awal pengumpulannya, zakat dihimpun dan disalurkan dengan tujuan untuk membantu mengatasi kebutuhan utama para mustahik. Dewasa ini, pengelolaan zakat yang inovatif melalui distribusi pembiayaan produktif kepada para mustahik, menjadi fenomena tersendiri dalam perekonomian Islam.
Penelitian ini berupaya untuk menemukan adanya pengaruh zakat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat mustahik yang dijadikan objek pendistribusian zakat melalui pembiayaan produktif sekaligus melihat lebih jauh program pembinaan yang dikembangkan oleh Community Development Circle (CDC) Dompet Dhuafa (DD) Republika. Guna memperkuat hasil penelitian, observasi dan wawancara kepada pihak CDC intens dilakukan. Penelitian ini juga mencoba untuk menggali korelasi antara jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis usaha dan total skim (pembiayaan dari zakat) terhadap laju pendapatan per kapita usaha para mustahik.
Uji statistik terhadap data meliputi uji wilcoxon signed rank, korelasi pearson, dan ordinal regresi. Hasil uji wilcoxon menunjukkan sebagian besar mitra binaan mengalami peningkatan pendapatan. Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan antara skim (pembiayaan), modal, PPKu dan PPKs. Dari hasil regresi ordinal ternyata secara keseluruhan model signifikan secara statistik, namun secara individual ada variabel yang tidak signifikan.

Management and distribution of zakah are the fundamental problem in the Islamic economics. At the first time, zakah just collected and distributed with the target to fulfill primary need of mustahik only. Currently, the innovative management of zakah through productive financing to mustahik is the specific phenomena in Islamic economics.
This Research tend to find the impact of zakah in order to increase a mustahik society economic welfare that the object of zakah distribution through productive financing and to deeply understanding about how to couching and counseling program by Community Development Circle (CDC) Dompet Dhuafa (DD) Republika. To support our research, we made observation and interview, work together with CDC intensively. This research also to explore the correlations between gender, education, business kind, and total scheme (total financing from zakah) to the velocity on income per kapita from business (PPKu) of mustahik.
Statistical test in this research are wilcoxon signed rank, pearson correlation, and ordinal regression. The results of wilcoxon signed rank test shown that the most of "mitra binaan" gets significant increasing of their income. The result of correlations test shown that there are relationship between financing (skim), capital, PPKu and PPKs. And the result of ordinal regression shown that the overall model are statistically significant, but as individual some variable are not significant.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T11968
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
H. M. Arief Mufraini
"Pola inovatif distribusi zakat produktif dalam tataran empiris proses Islamisasi sistim income distribution masih terbilang baru dengan volume yang sangat kecil, namun sudah nampak sebagai "bola salju" yang melaju ke arah optimisme. Metwally (1995) menekankan bahwa etika perilaku konsumsi dari pihak surplus maupun defisit mempunyai peranan yang tidak bisa diabaikan dari prinsip redistribusi Islami.
Peneliti bekerja di bawah asumsi bahwa dana ZIS yang bermutan normatif berbeda dengan bentuk pinjaman produktif lainnya. Untuk melihat hal tersebut, rumusan masalah disusun mengikuti definisi yang dikemukakan Hawkins (1992) dan hierarki kebutuhan Moslow yang diformulasikan susunannya dengan skala prioritas mendekati sistematika logis maqosid syariah.
Hasil penal itian menunjukkan bahwa tingkat pendapatan dan konsumsi responden mengalami perubahan secara signifikan antara sebelum dan sesudah menerima dana zakat. Hanya saja, belum terlihat secara signifikan perubahan mustahiq menjadi muzakki.

Effect of Zakah, Infaq, Shadaqah Productive Distribution to the Change of Zakah User Consumption Behavior (Case Study: 36 Respondents of Those Who Participate in the Small Merchants Development Program Executed by BAZIS DKI Jakarta)The innovative system of productive distribution of zakah has been considered as new and infrequently conducted. Yet it seems like a snowball, rolling towards optimistic direction. Metwally (1995) emphasized that ethics of consumption behaviors of both the surplus side (Zakah Payers) and the deficit side (Zakah Users) play an un-ignorable role in the matter of Islamic income distribution.
Based on an assumption that ZIS's fund, in which the normative values exist and differ from any other kinds of productive loans. Hence, the behavior formulation is arranged on the light of Hawkins' (1992) definition of consumption behavior and also covering the Moslow needs, which formulated by priorities scales close to the logical systematic of Muqasid Syariah.
The survey shows that respondent's income and consumption have changed significantly after receiving the Zakah fund. Unfortunately, the turnings of Zakah users to Zakah payers have not happen yet significantly.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
T11856
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Safira Purwanti
"Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan Badan Amil milik pemerintah yang berupaya menggalang dana ZISWAF (Zakat, Infak, Shadagah & Wakaf), yang ada di masyarakat. Untuk dapat memperoleh kepercayaan dari masyrakat sebagai landasan bagi BAZNAS untuk menjalankan fungsinya, BAZNAS harus mampu menjadi lembaga yang transparan atas seluruh kegiatannya. Upaya meningkatkan image BAZNAS yang kredibel harus terus menerus dilakukan baik melalui proses-proses internal maupun eksternal.
Analisis SWOT merupakan analisis yang digunakan untuk menetapkan strategi yang tepat bagi BAZNAS untuk pengembangan BAZNAS di masa datang. Analisis SWOT yang digunakan adalah pendekatan Pearce & Robinson, Kearns yang akan menghasilkan strategi masing-masing. Dan untuk memperoleh strategi terbaik dari kombinasi kedua pendekatan tersebut digunakan pendekatan Wright, Kroll dan Parnell.
Dari Hasil analisis SWOT, Pearce & Robinson memberikan rekomendasi strategi Agresif dan pendekatan Kearns memberikan rekomendasi strategi Compatitive Advantage, untuk memperoleh strategi terbaik maka Wright, Kroll dan Parnell memberikan rekomendasi strategi terbaik untuk BAZNAS adalah strategi pertumbuhan internal.

The Found of nation Amil Zakat (BAZNAS) is government's amil found that try to gathering fund of ZISWAF (Zakat, Infak, Shadaqah and Wakaf) from society. To get people's trust as basic of BAZNAS to runs its function, BAZNAS has to be capable of being transparant's found of it's whole activity. To increase the image and enedibelity of BAZNAS that has to be done as continue process as internal as well as external process.
SWOT Analysis is analysis that use to converse the right strategy BAZNAS to developing BAZNAS on the future. SWOT Analysis that used is Pearce & Robinson approach, Kearns Approach that will give it's own result of strategic. And to get the best Strategy from both combinations, Wright, Kroll and Parnell approach has been use.
From the result of SWOT Analysis, Pearce & Robinson have recommended Aggressive Strategy and Kearns approach has recommended Competitive Advantage strategy to get the best strategy, Wright, Kroll and Parnell have recommended the best strategy BAZNAS which is Internal Growth strategic.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T11971
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emmy Hamidiyah
"Problematika pengumpulan zakat di Indonesia adalah adanya kesenjangan yang sangat lebar antara potensi zakat dengan jumlah zakat yang berhasil dikumpulkan oleh lembaga-lembaga pengelola zakat di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang sebenarnya berpengaruh pada pengumpulan zakat dan dana-dana sosial lainnya (infak, sedekah, wakaf, kurban, hibah dan lain-lain) pada lembaga pengelola zakat. Faktor-faktor yang dianalisis adalah promosi, jumlah jaringan, regulasi dan moment bulan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah biaya promosi, jumlah jumlah jaringan, adanya regulasi tentang zakat dan adanya moment bulan Ramadhan dan Dzulhijjah berpengaruh positif terhadap pengumpulan zakat dan dana sosial lainnya pada lembaga pengelola zakat.
Penelitian dilakukan dengan metode Analisis Faktor untuk menentukan faktor yang akan dianalisis dan Analisis Regresi Berganda untuk mengetahui hubungan korelasi antarvariabel tersebut. Obyek penelitian adalah Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa, Dari hasil analisis data tersebut diperoleh hasil yaitu biaya promosi, jumlah jaringan dan moment signifikan dalam mempengaruhi pengumpulan zakat dan dana sosial lainnya pada Dompet Dhuafa Republika, sedangkan regulasi yaitu adanya Undang-undang pengelola zakat temyata tidak signifikan dalam mempengaruhi pengumpulan dana di Dompet Dhuafa Republika.

Factors Analysis Which Influenced Zakah, Infaq, Shadaqa & Waqf Collection on the Zakah Management Institutions in Jakarta (Case Study: Dompet Dhuafa Republika) Problems to manage zakah in Indonesia coverings of socialism aspect and collection, management also distribution the zakah. From the collection aspect, the major problem is there was a big different between zakah potential and total zakah which have been collected by the zakah management institutions in Indonesia.
The research was conducted to find out what were the factors influenced in collecting zakat and other social funds (infaq, shadaqa, waqf etc.) on the zakah management institutions. Factors analyzed were promotion, network, regulation and religion's event. This researched was conducted to prove whether the costs of promotion, networking and regulation regarding zakat and also Ramadhan event and Dzulhijah have a positive influenced for the zakah collection and other social funds.
Researched was conducted thru Factor Analyse Method to make sure the factor will be analyse and Multiplier Regression Analyse to find out the correlation between its variable. Object of the research is Dompet Dhuafa Republika, the biggest zakat collector in Indonesia. Result of the data analyse stated that promotion cost, networking and moment were significantly influenced zakat collection and other social funds on Dompet Dhuafa Republika besides regulation is not significantly influenced on collecting funds in Dompet Dhuafa Republika.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T13401
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erika Takidah
"Potensi Zakat di Indonesia dihitung sekitar Rp. 7,5 Triiyun, namun yang terealisasi di Badan Amil Zakat dan Lembaga Pengelola Zakat hanya sekitar Rp 250 Milyar per tahun. Penelitian PIRAC manyatakan bahwa diperkirakan total zakat yang dibayarkan masyarakat secara sendiri-sendiri mencapai angka sekitar 3,7 Trilyun. Rendahnya penerimaan zakat oleh Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat bukan hanya disebabkan oleh rendahnya pengetahuan masyarakat, tetapi juga disebabkan oleh rendahnya kepercayaan masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas jasa Badan Amil Zakat Nasional pada kepuasan dan kepercayaan muzakki. Model yang digunakan adalah model penelitian Morgan dan Hunt (1994) menyatakan bahwa konsep pemasaran relasional yang berbasiskan kualitas jasa mempengaruhi kepuasan, kepercayaan dan komitmen nasabah dalam konteks perbankan. Penelitian dilakukan dengan metode Struktural Equation Model untuk mengetahui penggunaan model Morgan dan Hunt di bidang perbankan jika diterapkan dalam Badan Amil Zakat.
The potential of zakah fund in Indonesia is counted around Rp. 7.5 Billions, but in real is only Rp 250 Millions per annual those have been collected by zakah foundation or institution. PIRAC research says total number of zakahs that people paid by self reached Rp 3.7 Billions. This problem is caused by the low level of knowledge in our people, and the low level of trust to pay zakah through institution.
The objective of this research is to know the influence of service quality of Badan Amil Zakat Nasional (National Institute of Zakat) on level of satisfaction and trust of zakah payer. Researcher uses Morgan and Hunt model (1994) to explain that relational marketing concept based on service quality will influence level of satisfaction, trust and commitment in banking context. This research is done by Structural Equation Model method to know how Morgan and Hunt model in banking field applied in zakah institution.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
T11956
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soleh
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang pengaruh integrasi zakat dan pajak terhadap sikap
muzakki dan wajib pajak orang pribadi Faktor Zakat Faktor Pajak serta Faktor
Integrasi Zakat dan Pajak diduga berpengaruh terhadap Sikap Muzakki dan Wajib
Pajak Orang Pribadi Penelitian ini dilakukan terhadap 160 responden yang
merupakan karyawan perusahaan muslim di Jakarta yang diambil secara acak
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model statistik regresi linear
berganda Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dari Faktor Zakat Faktor Pajak serta Integrasi Faktor Zakat dan Pajak
terhadap Sikap Muzakki dan Wajib Pajak Orang Pribadi Hasil pengujian secara
statistik menunjukkan bahwa dari faktor yang diujikan memberikan kontribusi
pengaruh sebesar 33 4% terhadap Sikap Muzakki dan Wajib Pajak Sedangkan
sebesar 66 6% dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar faktor yang diteliti Dengan
demikian jika Zakat Penghasilan diperlakukan sebagai Kredit Pajak akan lebih
tepat untuk menghindari kewajiban ganda atas subyek dan objek yang sama.

ABSTRACT
The focus of this thesis is the influances of integration of zakah and tax to the
attitudes of Muzakki and Individual Taxpayer This research was conducted to 160
respondents which were the employees of pnvate compames and Moslem m
Jakarta randomly The analysis of data in the research used the Multiple Linear
Regression model The result of research concluded there was a sigmficant
mfluence among Factors of Zakah Tax and Integration of both Zakah and Tax
toward the attitude of Muzakki and Individual Taxpayer The conclusion of the
statistically analyses mdicated those factors have contributed to the influences of
33 4% toward the attitude of Muzakki and Individual Taxpayer Meanwhile the
rest of 66 6% have been mfluenced by the other factors which were not covenng
these analyzed factors Therefore m case of Zakah is treated as tax credit that
would be more appropriate to avoid double obligations for the same subject and
object."
2011
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Salim Bajri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap niat muzaki untuk membayar zakat. Penelitian ini melibatkan 94 peserta muzaki yang bekerja sebagai pekerja profesional. Denga nmenggunakan metode regresi linier berganda untuk analisis data, ditemukan bahwa norma subjektif dan variabel kontrol perilaku memiliki efek positif dan signifikan terhadap variabel niat muzaki, sedangkan sikap tidak. Nilai kontribusi keseluruhan sikap, norma subjektif, dan variabel kontrol perilaku untuk variabel niat muzaki adalah 49,6%. Hal ini menunjukkan bahwa 84% dari niat muzaki untuk membayar zakat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini

This study aimed to determine the effect of attitudes, subjective norms, and control behavior on muzaki’s intention to pay zakah. This study involved 94 muzaki participants as professional workers. Using the method of multiple linear regression for data analysis, it was found that Subjective norms and Control Behavior variables have a positive and significant effect on the muzaki intention variable, while Attitudes do not. The overall contribution value of Attitude, Subjective Norms, and Control Behavior variables to muzaki’s intention variable is 49,6%. This indicates that 50,4% of muzaki’s intention to pay is influenced by other variables not analyzed in this study"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2014
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library