Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
Leki, Ilona
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1998
411 LEK a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Belcher, Wendy Laura
Los Angeles: Sage Publications, 2009
070.5 BEL w
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gunner, Jeanne
New York : Harper & Row, 1986
808.042 7 GUN c (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Galvan, Jose L.
London: Routledge, 2017
808.066 GAL w
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Surya Asra
Abstrak :
ABSTRAK
Perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara laki-laki dan perempuan merupakan suatu hal yang konsisten terjadi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan perbedaan karakteristik linguistik tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dari perspektif linguistik. Metode paduan dengan pendekatan convergent parallel design digunakan untuk menganalisis 60 tulisan esei mahasiswa yang dipilih dengan cara purposive sampling technique. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Mahasiswa perempuan ditemukan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kompetensi penyusunan paragraf, tanda penghubung, jumlah keluaran teks, pengaturan topik, penutup, pembuka kalimat, klausa, dan struktur sintaksis. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa perbedaan karakteristik linguistik antara laki-laki dan perempuan harus dipertimbangkan dalam pengajaran keterampilan menulis akademik.
ABSTRACT
Differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls are inevitable to happen. Therefore, this study aims at finding out the differences of boys rsquo and girls rsquo in linguistic characteristics of academic writing from the perspective of linguistics. Mixed method research with convergent parallel design is used to analyze sixty students rsquo essay writing chosen by using a purposive sampling technique. The result reveals that there are some differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls. The girls are found more capable in paragraphing competences, linking devices, text output counts, topical organization, ending, sentence openings, clauses, and syntactical structures. The findings generally support the notion that differences of linguistic characteristics between boys and girls should be considered in teaching academic writing.
2017
T48575
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sarah Aslamiyah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing untuk mengevaluasi tulisan akademik mahasiswa. Selain itu, persepsi pemelajar juga diteliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi yang mereka miliki terkait penggabungan penggunaan corrective feedback dari Grammarly dengan kegiatan noticing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah akurasi tata bahasa dalam tulisan akademik dalam bahasa Inggris di tingkat mahasiswa yang masih banyak terjadi. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mixed method dengan desain penelitian kuantitatif quasi-experimental untuk menganalis hasil tulisan mahasiswa dan desain kualitatif untuk menganalisis dan menjabarkan hasil dari kuesioner. Data penelitian ini adalah tulisan mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan bahasa Inggris sebuah universitas swasta di Sidoarjo, dan hasil pengisian kuesioner tentang persepsi mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai post-test baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Meskipun demikian, melalui uji t-test diketahui bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini sejalan dengan adanya penurunan yang signifikan pada kesalahan tata bahasa dalam tulisan akademik pemelajar di kelas eksperimen. Ini membuktikan bahwa penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing berhasil dalam menurunkan kesalahan tata bahasa pada tulisan akademik pemelajar. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan penggunaan Grammarly dan kegiatan noticing dapat diterapkan pada pengajaran keterampilan menulis di kelas. Hal ini untuk membantu pembelajar dalam mengevaluasi tulisan pemelajar. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengintegrasikan kegiatan noticing dengan aplikasi grammar checker lainnya yang tersedia di internet agar dapat dibandingkan keefektifitasannya dengan penggunaan Grammarly dalam mengajar keterampilan menulis.
......
The aim of the research is to investigate the effectiveness of direct corrective feedback in Grammarly which was combined with noticing activities to evaluate the accuracy of students’ academic writing. In addition, students’ perception was also studied to get a better understanding of the students’ perception for the combined use of noticing activity and Grammarly in the classroom. This study was carried out because of the accuracy problem in applying grammatical rules when students write an academic paper. This research used mixed methods with a quantitative method to analyse the results of students’ writing from experimental-research-design and a qualitative method to analyse and describe the result of the questionnaire. The data taken for this research is the writing of the students in the 4th semester from the department of English Education in a private university in Sidoarjo, and the result of the questionnaire on students’ perception. The results of the research indicated that there was an increment of students’ post-test mean scores in both experimental and control classes. However, through the t-test, the post- test mean score of the experimental class is higher than the post-test mean score the of control class. Moreover, it was revealed that there was a significant reduction of grammatical errors in the students’ papers both during the daily tasks and during the post-test. The result from the questionnaire also showed that the students found it helpful for having noticing activities after using Grammarly to evaluate the grammatical errors in their writing. Therefore, it is expected that the combined use of Grammarly and noticing activities can be implemented to improve and evaluate the accuracy of students’ academic writing. For further research, integrating noticing activities with other grammatical checkers available on the Internet is necessary to be conducted. Then, we can compare the effectiveness of the use of Grammarly in teaching writing.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Belcher, Wendy Laura
Abstrak :
"[This book enables] academic authors to overcome their anxieties and produce the publications that are essential to succeeding in their fields. Each week, readers learn a particular feature of strong articles and work on revising theirs accordingly. At the end of twelve weeks, they send their article to a journal. This invaluable resource is the only guide that focuses specifically on publishing humanities and social science journal articles." -- Publisher description.
Los Angeles: Sage Publications, 2009
070.5 BEL w
Buku Teks Universitas Indonesia Library