Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anderson, John D.
New York: McGraw-Hill, 1984
629.132 3 AND f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shevell, Richard S
Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1983
629.132 3 SHE f (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Newman, Simon
London: Edward Arnold , 1994
629.133 NEW f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Winarto
Bandung: IPTN, 1993
519 HAD m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Perkins, Courtland D.
Singapore : John Wiley & Sons, 1949
629.132 3 PER a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Smetana, Frederick O
New York: McGraw-Hill, 1984
629.134 5 SME c (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Akbar Fadilla Atha'lla
"Di Indonesia, kompetisi tahunan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) mendorong mahasiswa untuk berinovasi dalam pengembangan UAV sedari tahap desain awal. Dalam proses desain UAV, simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) digunakan untuk menganalisis dinamika fluida, termasuk gaya aerodinamika. Tim Antasena AUAV UI 2024 menggunakan perangkat lunak Autodesk CFD dalam perancangan UAV untuk kontes KRTI 2025. Dengan menggunakan metode simulasi CFD dan Uji Terbang, studi ini bertujuan mengevaluasi akurasi hasil simulasi komputasi aplikasi Autodesk CFD dengan membandingkan koefisien lift (CL) dan drag (CD) terhadap data performa aktual. Pengujian performa aktual melibatkan dua tahap: uji darat untuk menentukan gaya dorong dan uji terbang manual dengan sensor serta telemetri. Penelitian ini membuktikan adanya eror pada pengukuran data antara simulasi dan aktual. Persentase error rata-rata antara simulasi Autodesk CFD dan uji terbang adalah 19,0% untuk pengukuran CL dan 51,2% untuk pengukuran CD. Selain itu, ditemukan juga rasio L/D maksimal dari hasil simulasi Autodesk CFD adalah 5.605 pada 0°, sementara hasil dari uji terbang adalah 2.570 pada 11°. Ketidakakuratan signifikan pada  dan L/D menunjukkan keterbatasan CFD dalam akurasi prediksi performa pesawat secara akurat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perbedaan dalam hasil simulasi dan data flight testing dapat dipengaruhi oleh slipstream propeller, kualitas mesh pada CFD, pemasangan komponen, dan ketelitian manufaktur, sehingga meningkatkan gaya angkat dan gaya hambat yang dialami UAV.

In Indonesia, the annual Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI)  encourages students to innovate in UAV development from the initial design stage. In the UAV design process, Computational Fluid Dynamics (CFD) simulations are used to analyze fluid dynamics, including aerodynamic forces. The Antasena AUAV UI 2024 team used Autodesk CFD software in the design of the UAV for the KRTI 2025 contest. Using CFD simulation and Flight Test methods, this study aims to evaluate the accuracy of Autodesk CFD software computational simulation results by comparing lift (CL ) and drag (CD ) coefficients against actual performance data. The actual performance testing involved two stages: a ground test to determine thrust and a manual flight test with sensors and telemetry. This study proved the existence of errors in the measurement data between simulation and actual. The average percentage error between Autodesk CFD simulation and flight test was 19.0% for CL measurement and 51.2% for CD measurement. In addition, it was also found that the maximum L/D ratio from the Autodesk CFD simulation result was 5.605 at 0°, while the result from the flight test was 2.570 at 11°. The significant inaccuracies in  and L/D demonstrate the limitations of CFD in accurately predicting aircraft performance. This study also shows that differences in simulation results and flight testing data can be influenced by propeller slipstream, mesh quality in CFD, component installation, and manufacturing accuracy, thereby increasing the lift and drag experienced by the UAV. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayhan Danendra Wiracalosa
"Seiring berjalannya waktu, populasi manusia di dunia akan semakin bertambah, sehingga kebutuhan energi dan transportasi dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat juga bertambah. Transportasi telah menjadi elemen fundamental di dunia khususnya dalam kehidupan modern, yang memainkan peran penting dalam menghubungkan masyarakat, akomodasi kebutuhan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Meskipun memberikan manfaat yang signifikan, perkembangan transportasi juga membawa tantangan serius terkait dengan penggunaan efisiensi energi. Efisiensi ini bukan hanya penting untuk mengurangi biaya operasional pengguna, tetapi juga untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dalam upaya mencapai efisiensi energi yang lebih tinggi, aerodinamika menjadi salah satu aspek yang memegang peran penting dalam kendaraan. Aerodinamika mempelajari bagaimana karakteristik aliran fluida ketika berinteraksi dengan bentuk permukaan body. Water tunnel merupakan wadah eksperimen aerodinamika yang berfungsi sebagai salah satu alat uji visualisasi aliran dengan menggunakan air sebagai wadah utama. Water tunnel memiliki keuntungan yang salah satunya adalah kemudahan dalam menganalisis pola aliran karena laju air yang lambat. Selain itu kriteria similaritas (dynamic similarity) yang melibatkan parameter bilangan Reynolds pada kondisi aktual (udara) dan pengujian tidak perlu melibatkan efek kompresibilitas atau bilangan Mach. Hal ini disebabkan adanya perbedaan massa jenis antara air dengan udara yang menyebabkan kecepatan aliran tidak perlu sangat cepat. Pada penelitian ini, rancang bangun alat eksperimen water tunnel memiliki tujuan untuk mempermudah visualisasi aliran. Kami juga mendesain alat sesuai dengan studi literatur yang sudah ada, seperti adanya contraction dengan rasio 6:1, penerapan flow conditioning, dan pompa sirkulasi. Pada penelitian ini, dilakukan eksperimen dengan variasi rasio campuran dye (karmoisin murni, campuran karmoisin air, dan campuran karmoisin air dan susu). Selain itu, terdapat juga variasi nozzle yang digunakan dengan ukuran 1 mm (komersial) dan 2 mm (pipa kapiler) serta variasi kecepatan aliran dengan mekanisme buka-tutup ball valve (34, 32, 28, 24, 20, 16 LPM). Hasil studi menunjukkan, setup sistem yang terbaik adalah dengan menggunakan campuran karmoisin dan air serta nozzle pipa kapiler. Pada debit 28, 32, dan 34 LPM aliran fluida masih menunjukkan streamline yang cukup baik. Sedangkan pada debit 16, 20, dan 24 LPM sudah menunjukkan indikasi adanya backflow.

As the global population continues to grow, the demand for energy and transportation is poised to surge, posing challenges in maintaining both efficiency and environmental sustainability. Transportation, a cornerstone of modern life, plays a pivotal role in connecting communities, fulfilling needs, and fostering economic growth. While offering significant advantages, advancements in transportation also introduce formidable challenges, particularly in terms of energy efficiency. Energy efficiency, encompassing the use of more efficient fuels and minimizing energy losses, emerges as a critical avenue for addressing these challenges. This not only helps reduce operational costs for users but also mitigates adverse environmental impacts. In the pursuit of enhanced energy efficiency, aerodynamics emerges as a key aspect influencing vehicle performance. Aerodynamics delves into how fluid flow characteristics interact with the contours of a vehicle's surface. Water tunnels serve as invaluable experimental containers in aerodynamics, facilitating flow visualization tests using water as the primary medium. Water tunnels offer advantages, including the ease of analyzing flow patterns due to the slower water flow rate. In this research endeavor, we have constructed a water tunnel experimental apparatus to enhance flow visualization. The design is meticulously crafted based on insights from existing literature studies, incorporating features such as a contraction with a 1:6 ratio, the application of flow conditioning, and the inclusion of a circulation pump. To further aid flow visualization, we have developed a dye injection system to represent flow characteristics in the test section. The experimentation involved variations in dye mixtures, including pure carmoisine, a water-carmoisine mixture, and a water-and-milk-carmoisine mixture. Additionally, nozzle sizes were varied between 1 mm (commercial) and 2 mm (capillary pipe), along with adjustments in flow speed using a ball valve opening and closing mechanism (34, 32, 28, 24, 20, 16 LPM). The findings from our study underscore the efficacy of employing a carmoisine and water mixture with a capillary tube nozzle as the optimal system setup. The study results indicate that the optimal system setup involves using a mixture of carmoisine and water with a capillary tube nozzle. At flow rates of 28, 32, and 34 LPM, the fluid flow still exhibits reasonably well-defined streamlines. However, at flow rates of 16, 20, and 24 LPM, there are indications of backflow."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrew Defanto
"Kereta api cepat menjadi salah satu transportasi yang mendapat perhatian khusus dalam riset dan penelitian nasional. Hal tersebut terjadi karena akan dibangunnya kereta api cepat dari Jakarta ke Bandung dengan harapan untuk mempercepat perkembangan kedua daerah tersebut dan daerah-daerah diantaranya. Dalam pengoperasiannya kereta api cepat seringkali mendapatkan masalah apabila terkena efek dari angin crosswind. Daerah Jakarta-Bandung merupakan daerah yang memiliki ketinggian berbeda dimana daerah Bandung memiliki daerah lebih tinggi dibanding Jakarta sehingga terdapat crosswind. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisa efek dari crosswind dari beberapa sudut serang terhadap performa aerodinamika kereta yang melintasi jalur proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Dari riset ini, telah didapatkan data berupa drag coefficient, lift coefficient, rolling moment coefficient, yawing moment coefficient, pitching moment coefficient, side force, drag force and lift force. Telah didapati bahwa sudur serang dari angin crosswind berpengaruh pada performa aerodinamika pada kereta cepat dan perbedaan temperature lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan pada performa aerodinamika dari kereta cepat. Dari riset ini juga ditemukan bahwa pada saat sudut serang lebih besar dari 20 derajat maka nilai dari drag coefficient akan turun, sesuai dengan tren pada penelitian dari (Howell, 2015; Ishak et al., 2019).

The high-speed train becomes one of transportation that got attention from national research and development projects. Furthermore, it is becoming a priority research due to the Jakarta-Bandung high-speed railway project, which is done to develop and speed up the development between both regions. Based on several pieces of kinds of literature, on its operation high-speed train is commonly having an accident caused by the crosswind effect. Furthermore, Jakarta and Bandung have different magnitudes which Bandung is higher than Jakarta, therefore there are crosswinds in those areas. This undergraduate thesis will analyze the effect of crosswind respected to its yaw angle on the aerodynamic performance of the high-speed train on the Jakarta-Bandung Railway Project. From the research, the researcher has gained the data in the form of drag coefficient, lift coefficient, rolling moment coefficient, yawing moment coefficient, pitching moment coefficient, side force, drag force and lift force. Furthermore, the researcher has found that crosswind with yaw angle is affecting the high-speed train aerodynamics performance, and also the temperature of the air does not affect the aerodynamics component of the train. It also has been found that the trend of drag coefficient value tends to decrease when the crosswind yaw angle is larger than 20º, similar to other research trends (Howell, 2015; Ishak et al., 2019), the drag which is happened to the train is induced drag which lifts also playing its component on it."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>