Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Aria Sakti Handoko
"Skripsi ini mengaji keragaman pembelajaran petani Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu (KPCHI) yang melakukan kegaitan pembelajaran agrometeorologi dalam Warung Ilmiah Lapangan (WIL). Pembelajaran agrometeorologi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam menanggapi konsekuensi perubahan iklim. Pembelajaran ini mendorong petani untuk melakukan pengukuran curah hujan dan pengamatan agroekosistem harian agar dapat mengantisipasi kemungkinan di masa depan dalam menghadapi fenomena perubahan iklim. Melalui skema-antisipasi dalam kognisinya ,petani melakukan pengayaan pengetahuan dan pengambilan keputusan untuk mewujudkan tindakan yang perlu dilakukan. Namun, tidak semua pengukur curah hujan memiliki akses pengambilan keputusan di sawah pengamatan karena faktor kepemilikan lahan. Hal itu menghasilkan keragaman dalam proses belajar agrometeorologi di antara mereka. Perbedaan dalam proses belajar dengan atau tanpa praktik pengambilan keputusan itu memegaruhi mekanisme umpan balik ke dalam pengetahuan, pemahaman, dan praktik mereka dalam bercocok tanam.
This manuscript examines the variety of learning activities among members of Indramayu Rainfall Observer Club (Klub Pengukur Curah Hujan Indramayu [KPCHI]) with regards to the agrometeorology learning in Science Field Shop (SFS). The aim of this learning is to encourage farmers? ability to respond better to the consequences of climate change. In SFS the farmers learn to measure of rainfall and to observe their rice fields agroecosystem daily to enable them anticipating future conditions of climate change. The anticipation-schema enriched farmers? knowledge and became a basis to make decision. However, not all of the rainfall observers be able to access decision making on their observations because of not their own land. That is produce variation in their agrometeorology learning with and without making decision, which further affected the feedback mechanism to their knowledge, understanding, and practice."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58112
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maudy Yulia
"Skripsi ini mengkaji tentang kepercayaan diri sebagai konsekuensi tidak sengaja dari pemelajaran dan implikasinya terhadap identitas petani di masyarakat. Kepercayaan diri dalam skripsi ini berkembang di dalam diri petani melalui nilai-nilai yang diinterpretasikan petani dan praktik-praktik di lahan yang berimplikasi pada kompetensi “baru” petani selama mengikuti kegiatan pemelajaran agrometeorologi. Kepercayaan diri yang secara tidak sengaja dipelajari oleh petani ternyata mengubah cara petani dalam mengonsepkan gambaran idealnya dan mengekspresikan identitasnya dalam konteks-konteks tertentu secara beragam. Skripsi ini menggunakan pendekatan situated learning dan identity performance untuk menjelaskan cara kepercayaan diri diinterpretasikan dan bekerja dalam situasi-situasi sosial tertentu.
This thesis examines self-esteem as an unintended consequence of learning and its implications for the identity of farmers in the community. The self-esteem in this thesis develops within the farmers through the values interpreted by the farmers and the practices in their field which have implications for the “new” competence of the farmers during the agrometeorological learning activities. The self-esteem learned by the farmers has changed the way they conceptualize their ideal image and express their identity in various contexts. This thesis uses situated learning and identity performance approaches to explain how self-esteem is interpreted and worked in many social situations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library