Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Ayu Indira
"ABSTRAK
PT Garuda Indonesia diketahui sebagai salah satu Badan
Usaha Milik Negara yang mengemban misi sebagai perusahaan
penerbangan nasional penbawa bendera negara (flag carrier).
Konsekuensinya PT Garuda Indonesia dituntut untuk menjadi
perusahaan yang menguntungkan dengan mengindahkan kaidah
kaidah dunia usaha yang berlaku umum, mulai dari cara
pengelolaannya sampai kepada memenangkan persaingan di
pasaran bebas.
Persaingan antar perusahaan penerbangan domestik
maupun internasional kini semakin tajam dan ketat. Banyak
hal yang menjadi penyebabnya, antara lain globalisasi dan
resesi ekonomi yang berkepanjangan. Ketatnya persaingan
ditandai dengan masuknya maskapai penerbangan dalam suatu
sektor penerbangan yang dimungkinkan melalui agreement
antar negara, modernisasi armada, pemberian pelayanan yang
sangat beragam dan penyediaan fasilitas yang super canggih.
Kondisi persaingan ini juga berdampak pada Garuda
Indonesia. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, tahun 1993
tercatat sebagai tahun yang kurang menguntungkan bagi
Garuda. Pada tahun tersebut, pasar wisata Indonesia,
khususnya Jepang, menurun dibandingkan tahun-tahun
sebelumnya sekalipun dalam persentasi yang kecil. Masalah
masalah yang terkait dengan fenomena ini antara lain :
penurunan jumlah penumpang, load factor dan revenue.
Faktor-faktor yang disinyalir melatarbelakangi masalah
tersebut diatas adalah resesi yang menghinggapi dunia -
khususnya Jepang, krisis Teluk Parsi yang berawal sejak
tahun 1991, globalisasi dalan segala aspek kehidupan dan
masuknya JAL sebagai kompetitor kuat dalam rute penerbangan
langsung Tokyo-Jakarta.
Dalam situasi seperti ini tentu saja Garuda perlu
memiliki manajemen operasional yang efisien dan efektif
agar dapat unggul dalam persaingan. Salah satu strategi
dalam kerangka manajemen operasional adalah perencanaan dan
pendisainan produk yang handal guna mengantisipasi gejolak
dan perubahan dalam era globalisasi ini, dengan
memperhatikan resources perusahaan dan kebutuhan/keinginan
pasar maupun reaksi pesaing. Perencanaan dan pendisainan
mencakup keseluruhan aspek/feature yang melengkapi produk
secara keseluruhan baik fisik maupun service.
Dengan strategi ini diharapkan Garuda dapat membawa
diri menjadi maskapai penerbangan internasional yang
berorientadi pada kepuasan penumpang.
"
1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zarra Isyana
"Bandar udara sudah melakukan transformasi bisnis, dari yang dulunya hanya berfokus pada penyediaan fasilitas publik menjadi multi jasa yang berfokus pada kenyamanan penumpang pesawat udara dengan menghadirkan berbagai aktivitas, layanan, proses, dan teknologi yang pada akhirnya mampu menciptakan airport experience bagi penumpang. Oleh sebab itu, manajemen bandara mulai menerapkan konsep airport experience melalui penciptaan pengalaman yang diinginkan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor airport experience terhadap kepuasan penumpang dan niat mereka untuk mengunjungi kembali (revisit intention), serta menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut (positive word of mouth). Data penelitian didapatkan dari enam ratus tujuh puluh responden penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta. Data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structure Equation Modelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa security, airport facilities, serviscape, sense of place, finding way, dan check in memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan penumpang. Selain itu, kepuasan penumpang juga mempengaruhi secara positif niat mereka untuk mengunjungi kembali (revisit intention), serta menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut (positive word of mouth).

The airport has undergone a business transformation, from its previous focus solely on providing public facilities to becoming a multi-service provider by offering various activities, services, processes, and technologies that ultimately create an airport experience for passengers. As a result, airport management has begun implementing the concept of airport experience through the creation of desired passenger experience. The objective of study is analyse the factors of airport experience and its influence on passenger satisfaction, revisit intention, and positive word of mouth. A quantitative research approach was employed, and primary data collected from sample of 670 passengers at Yogyakarta International Airport through the use of online questionnaires. The research hypothesis tested using Structural Equation Modeling to determine whether the various factors related to airport experience have a positive influence on passenger satisfaction. The findings of the study indicate that security, airport facilities, serviscape, sense of place, finding way, and check-in have a positive influence on passenger satisfaction. Furthermore, passenger satisfaction also positively influences their intentions to revisit and their likelihood of spreading positive word-of-mouth information."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library