Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manalu, R.Y. Laura
Abstrak :
ABSTRAK
Pemilíhan topik tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap perkembangan produk tradefinance yang disediakan oleh perbankan untuk mendukung aktivitas nasabah eksportir & importir terutama eksportir karena kegiatan ini berkontribusi tinggì untuk memperkuat devisa negara. Perkembangan berbagai sektor ekonomi memerlukan dukungan perbankan sebagai salah satu sumber pendanaan bagi dunia usaha tersebut. Karena itu produk-produk trade finance yang memang spesifik ditujukan pada kegiatan ekspor-impor merupakan salah satu solusi bagi kedua pihak yaitu bank untuk pengembangan produk perbankan berbasis fee?based income dan pengusaha guna meminimalisir financing cost produksinya. Pilihan terhadap produk forfaiting terutama karena produk mi spesifik disediakan untuk mendanai aktivitas ekspor.

Melalui piihan metode penelitian analisis deskriptif baik data primer maupun data sekunder disajikan secara kualitatif dan kuantitatif. Data primer diperoleh dengan mengadakan tatap muka langsung dan wawancara dengan pihak bank lokal sementara data sekunderdiperoleh melalui berbagai buku, artikel majalah dan kliping media cetak dan berbagai terbitan.

Produk forfaiting adalah suatu fasilitas pendanaan yang pada prinsipnya mengubah kiaim tagihan eksportír baik berupa bills/draft atau dengan surat promes berjangka waktu tertentu menjadi dana likuid yang dapat diperoleh secara cepat. Forfaiter yang membeli tagihan tersebut dari bank atau bank eksportir, berarti sekaligus mengambil alih risiko yang terkandung pada tagihan itu baik country risk, commercial risk dan currency risk yang berkaitan dengan importir. Sifat forfaiting yang with no recourse menjadi daya tarik yang spesifik dan fasilitas ini dibandingkan dengan fasilitas pendanaan ekspor lainnya yang masih mengandung risiko kegagalan atau batalnya pembayaran.

Operasional forfaiting berkembang dalam aplikasinya sesuai dengan perkembangan dunia usaha. Dan yang tadinya ditujukan untuk ekspor berjangka menengah-panjang dan nilai transaksi yang tinggi, sekarang forfaiting dapat diaplikasikan untuk ekspor berjangka pendek serta nilai transaksi yang lebih kecil sekalipun. Daya tarik fasilitas forfaiting bagi bank berkaitannya dengan terbebasnya aplikasi fasilitas ini dari berbagai ketentuan dan peraturan Bank Indonesia yang bertujuan untuk mengendalikan ekspansi kredit perbankan. Forfaiting tidak membawa implikasi pada CAR, RR, struktur permodalan, PKLN dan LDR bank. Dari aspek biaya (cost of money), fasilitas forfaiting ini berbiaya rendah karena sumber dananya berasal dari luar negeri, dimana sumber pendanaan domestik tidak dapat menyamai struktur biaya forfaiting.

Daya tarik forfaiting bagi eksportir berupa kemudahan operasional fasilitas ini serta beban biaya dana (cost of money) yang rendah sehìngga dapat mendukung harga jual produk agar kompetitif di pasar ekspor. Jaminan yang diberikan oleh forfaiting berupa kepastian dan cepatnya pembayaran yang diterma eksportir membuka peluang bagi eksportir untuk memperluas pasar ekspornya ke negara negara yang dijamin oleh forfaiter meskipun calon importir di negara tersebut baru bagi eksportir. Aplikasi forfaiting yang dilakukan oleh 2 (dua) bank komersial, di Eropa dan di pasar domestik, membuktikan keunggulan dan manfaat forfaiting yang didapat oleh bank yang menawarkan jasa tersebut pada nasabah eksportir.

Perkembangan forfaiting di Indonesia pada masa mendatang berkaitan dengan peluang dan ancaman yang dihadapi industri perbankan nasional. Peluang forfaiting di Indonesia masih terbuka lebar karena jika dilihat dari sisi penawaran, maka belum banyak bank devisa yang mampu mengaplikasikannya sementara dari sisi permintaan, potensi aktivitas ekspor Indonesia masih terus akan meningkat dengan diperkuat oleh komitmen pemerintah baik dari sektor moneter maupun rill untuk terus memajukan ekspor Indonesia. Bank-bank devisa kelas atas memiliki peluang besar untuk memperoleh fasilitas forfaiting dari bank asing karena kepercayaan dunia perbankan internasional pada kinerja bank-bank itu. Sisi ancaman yang harus diperhitungkan adalah saat masuknya kompetitor baik bank asing ataupun lembaga keuangan asing yang mampu menawarkan langsung produk forfaiting secara lebih efisien karena telah berpengalaman dan memiliki infrastruktur yang mendukung berkembangnya forfaiting seperti pasar sekunder forfaiting.
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Tsuraya Choirinnida
Abstrak :
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh dukungan hadiah dan dukungan reputasi terhadap kinerja pendanaan proyek crowdfunding di negara BRICS. Metode penelitian yang digunakan adalah ordinary least square dengan 582 data cross-section berupa proyek kreatif crowdfunding tiga kategori teratas di platform Kickstarter dari tahun 2009 hingga tahun 2019. Secara serempak dukungan hadiah dan dukungan reputasi ditemukan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pendanaan proyek crowdfunding di negara Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS). Dukungan hadiah yang dijelaskan oleh ego-boosting, cuztomized, dan community reward berrpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja pendanaan proyek crowdfunding di negara BRICS karena memiliki nilai unik yang tidak diperoleh pelanggan biasa dan dapat memberikan pengalaman bagi backer. Jumlah updates dan jumlah komentar sebagai variabel yang menjelaskan dukungan reputasi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja pendanaan proyek crowdfunding karena berguna untuk sarana komunikasi dan sumber informasi bagi backer. ......The purpose of this study is to analyze the role of reward and reputation support on the performance of crowdfunding project in BRICS countries. Ordinary least square is used as methodology research with 582 cross-sectional data from top three creative projects that conduct in Kickstarter’s platform from 2009 to 2019. This research finds that reward and reputation support influence the performance of crowdfunding project in BRICS countries simultaneously. Ego-boosting, cuztomized, and community as variables that explain reward support are significantly influence the performance of crowdfunding project in BRICS countries since the uniqueness that does not get by another customer and it also gives backer experiences. The number of updates and comments as variabel of reputation support are significantly influence the performance of crowdfunding project in BRICS countries because it is useful for giving information to backer and as medium of communication.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosafat Saonard
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25395
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library