Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ghaisa Marin Hartono
"PT Bank Syariah XYZ saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan efisiensi perusahaan karena adanya permasalahan terkait kondisi keuangan. Fokus utama perusahaan saat ini adalah memunculkan perilaku kewargaan organisasi karyawan. Perilaku kewargaan organisasi merupakan perilaku inisiatif dari karyawan di luar persyaratan tugas jabatan. Berdasarkan teori pertukaran sosial, perilaku kewargaan organisasi dapat dihasilkan jika ada pertukaran dua arah yang setara antara karyawan dan organisasi. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu faktor yang mendorong perilaku kewargaan organisasi adalah dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengalami keseimbangan kehidupan-kerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari keseimbangan kehidupan-kerja terhadap perilaku kewargaan organisasi karyawan namun melalui peran komitmen organisasi sebagai mediator. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa kuesioner yang meliputi OCB-C short version dari Spector (2010), skala keseimbangan kehidupan-kerja dari Hill dkk. (2001), dan Komitmen Organisasi dari Mowday (1979). Responden penelitian ini adalah 101 responden karyawan tetap di kantor pusat PT Bank Syariah XYZ. Hasil analisis mediasi menggunakan PROCESS Hayes menunjukkan coefficient value=0,34, p<0,05, R2=21% (LLCI 0,15 ULCI 0,56). Artinya komitmen organisasi berperan sebagai mediator penuh (complete mediation) pada pengaruh antara keseimbangan kehidupan-kerja terhadap perilaku kewargaan organisasi dan keseimbangan kehidupan-kerja melalui komitmen organisasi memiliki proporsi pengaruh tidak langsung sebesar 21% dari pengaruh total model terhadap perilaku kewargaan organisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi organisasi untuk mempertimbangkan program yang mendukung keseimbangan kehidupan-kerja karyawan guna meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi yang dapat berdampak terhadap munculnya perilaku kewargaan organisasi pada karyawan.

PT Bank Sharia XYZ is currently working to improve company efficiency due to financial problems. At this time, the main focus of the company is to encourage their employees to show more organizational citizenship behaviors (OCB). OCB is an iniative behaviors beyond the requeirements of positions duties. Based on social exchange theory, OCB can be generated if there is an equal two-way exchange between employess and the organization. Some of previous studies show us that one of the factor to encourage employees OCB is by giving employees opportunity to experience work-life balance. Therefore, this study aims to examine the influence of work-life balance (WLB) on employees OCB through the role of organizational commitment as a mediator. This quantitative research using questionnaire, consisting of OCB-C short version by Spector (2010), work-life balance scale by Hill et al. (2001), and organizational commitment scale by Mowday (1979). Sample of this study were 101 permanent employees of PT Bank Sharia XYZ’s head office. The results of PROCESS mediation analysis showed the coefficient value=0,34, p<0,05, R2=21% (LLCI 0,15 ULCI 0,56). It means that organizational commitment acts as a complete mediator on the influence of WLB on OCB and WLB through organizational commitment had 21% proportion of the total model of their indirect effect on OCB. By conducting this study, researcher try to provide an insight for the company to consider some programs that could support employees WLB in order to increase employees organizational commitment which lead to the emergence of OCB among employees."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Disa Ayu Saraswati
"Self-disclosure di media sosial kini menjadi semakin lazim, tetapi dibarengi dengan risiko negatifnya. Mindfulness, yang berfokus pada kesadaran saat ini, dapat mengatasi risiko- risiko ini, meskipun hubungan langsungnya belum diketahui dengan baik. Di sisi lain, fear of missing out (FoMO), sebuah fenomena yang menjadi umum, diketahui memengaruhi online self-disclosure. Penelitian ini mengusulkan bahwa FoMO memediasi hubungan antara mindfulness dan online self-disclosure. Untuk mengukur ketiganya, peneliti menggunakan alat ukur Revised Self-Disclosure Scale (Wheeles & Grotz, 1976), Mindful Attention Awareness Scale (MAAS) (Brown & Ryan, 2003) yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Yusainy (2019), dan Online Fear of Missing Out (ON-FoMO) (Sette et al., 2020) yang diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia oleh Kurniawan dan Hardianti (2022). Penelitian pada 140 dewasa muda di Indonesia menunjukkan bahwa FoMO memediasi hubungan keduanya dalam hal kedalaman, tetapi tidak dalam hal kesediaan, jumlah, valensi, dan keakuratan online self-disclosure. Selanjutnya, ditemukan juga hubungan langsung yang kuat antara mindfulness dan valensi dari online self-disclosure. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti hubungan ini pada konteks media sosial dan jenis akun yang spesifik sehingga dapat mengontrol faktor-faktor yang dipengaruhi oleh jenis media sosial dan akun tertentu, seperti audiensi, privacy concern, dan anonimitas.

Self-disclosure on social media is increasingly common, yet it carries negative risks. Mindfulness, which emphasizes present awareness, could counters these risks, though their direct relationship is not well understood. Additionally, fear of missing out (FoMO), a prevalent phenomenon, is known to influence self-disclosure. Revised Self-Disclosure Scale (Wheeles & Grotz, 1976), Mindful Attention Awareness Scale (MAAS) (Brown & Ryan, 2003) that were adapted to Indonesian by Yusainy (2019), and also Online Fear of Missing Out (ON-FoMO) (Sette et al., 2020) that were adapted to Indonesian by Kurniawan and Hardianti (2022) were used to assess online self-disclosure, mindfulness, and FoMO respectively. This research suggests that FoMO mediates the relationship between mindfulness and online self-disclosure. The result shows that FoMO mediates this relationship regarding depth, but not the intent, amount, valence, and accuracy of online self-disclosure. Furthermore, it also shows a strong direct effect of mindfulness on the valence of online self-disclosure. It is suggested that the following researches explore this relationship within the context of specific social media and account types, thus controlling the factors that are influenced by certain types social media and account, such as audience, privacy concern, and anonimity."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library