"
ABSTRAK PT. Pikiran Rakyat Bandung (PRB) bergerak di bidang media massa sejak tahun
1950 dan saat ini mempunyai pangsa pasar terbesar di daerah Jawa Barat untuk jenis
media Koran Harian melalui koran Pikiran Rakyat (PR). Bisnis media massa mengalami
perubahan yang signifikan semenjak Menteri Penerangan Yunus Yosfiah mengeluarkan
SK Menpen No. 133/SK/MENPEN/1998 yang mencabut dan menyatakan tidak berlaku
Keputusan Menpen No. 17/Kep/Menpen/1975 dan SK Menpen No.18/Kep/Menpen/1998.
Kcbijakan ini mcngakibatkan banyak sekali pemain baru mcncoba untuk bcrbisnis di
bidang media massa namun data menunjukkan bahwa peningkatan jumlah penerbitan
media massa temyata tidak dapat meningkatkan tiras yang terjual bahkan cenderung
mengalami penurunan.
Karya akhir ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kondisi fundamental, nilai
wajar ekuitas dan potensi PT. Pikiran Rakyat Bandung untuk melakukan penawar:m
saham perdana di Bursa Efek Jakarta. Metodologi penelitian dilakukan melalui 3 tahap
yaitu : studi literatur, pengolahan data dan penyusunan karya akhir. Studi literatur
dilakukan terutama terhadap analisis fundamental dan metode-metode yang digunakan
untuk menilai Value of the Equity dan Value of the Firm dari perusahaan. Sedangkan
pengolahan data dilakukan dengan melakukan analisis fundamental dan melakukan
proyelcsi dengan menyusun laporan keuangan proforma 2002 terhadap laporan keuangan
PT. Pikiran Rakyat Bandung untuk periode 10 tahun dengan metode penilaian yang cocok.
Semenatara penyusunan karya akhir ini dilakukan dengan menggunakan kaidah yang
ditentukan oleh program Magister Manajemen Universitas Indonesia.
Hasil analisis terhadap fundamental PT. Pikiran Rakyat Bandung menunjukkan
bahwa perusahaan memiliki fundamental yang kokoh dimana kinerja perusahaan terus
mengalami peningkatan dan berada dalam industri yang mempunyai pertumbuhan cukup
tinggi serta stabil. Sementara itu walaupun secara legal hambatan masuk sangat rendah
namun secara alamiah hambatan masuk industri ini sangat tinggi karena diperlukan modal
yang cukup besar dan kesediaan untuk merugi dalam jangka waktu beberapa tahun untuk
tetap bertahan terbit .sampai dengan kepercayaan pembaca dan pemasang iklan tumbuh
dan memperoleh pendapatan yang cukup.
Menganalisis kinerja perusahaan dan basil proyeksi cash flow yang dilakukan
maka seharusnya keputusan untuk melakuk