Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hening Wahyuni
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik sosial petugas layanan yang terjadi dalam menentukan wajah dan potret layanan arsip. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Dengan menggunakan perspektif teoritik tentang kemampuan agen dalam memanfaatkan struktur, kajian ini memperlihatkan adanya jalinan antara agen dan struktur sebagai suatu proses timbal balik. Proses ini menunjukkan adanya kemampuan agen melakukan strategi untuk meneguhkan, merespon bahkan melakukan perubahan struktur yang ada. Agen menjadikan layanan arsip sebagai arena pertarungan untuk memperebutkan modal dan dengan modal yang dimiliki, agen melakukan praktik untuk meneguhkan integritas dan otoritas dalam layanan arsip. Interaksi yang dilandasi oleh relasi kekuasaan dan lemahnya kepemimpinan menyebabkan petugas layanan mengekspresikan makna layanan berdasarkan kepentingan pribadi.
ABSTRACT
This study aims to understand the social practices of officers that occured in determining faces and portrait archive services. A qualitative approach with ethnographic methods is used in this study. It also uses a theoritical perspective on the ability of the agent to navigate the structure. This study shows a link between the agent and structure as a reciprocal process. The process shows the ability of the agent to do strategy for strengthen, respond and even make a change in the existing structure. The agent make archive services as a battle arena for the capital and capital owned, agency practice to confirm the integrity and authority of the archive service. Interaction based on the power relations and weak leadership led workers to express the meaning of service based on personal interest.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43199
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Irmalasari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Arsip Nasional RI dalam meningkatkan mutu layanan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Subdirektorat Layanan Arsip Nasional RI dalam meningkatkan mutu layanan dan faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi layanan yang dilakukan oleh Subdirektorat Layanan Arsip. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi mutu layanan yaitu: Pengembangan SDM melalui DIKLAT, sertifikasi ISO 9001: 2008 tentang Sistem Manajemen Mutu, inovasi layanan arsip terpadu, pemanfaatan teknologi, sinergi antar lembaga, fasilitasi teknis layanan pemanfaatan arsip statis, dan efisiensi jangka waktu layanan arsip. Faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu layanan adalah Sumber Daya Manusia, sarana prasarana, serta ketersediaan arsip.Indikator mutu layanan adalah kepuasan penggunaKata Kunci: Mutu layanan, layanan arsip, manajemen, strategi kearsipan, ANRI
ABSTRACT
This study discuss about the strategy of National Archives on improving the quality of archival services. The main problems of this study are how the strategy of Sub Directorate of Archives Services on improving the quality services and what the factor that can influence the quality services. This study aimed to describe the services strategy that is undertook by National Archives of TheRepublic of Indonesia. This research s method is qualitative descriptive through a case study approach. The conclusion of this research shows, are Develop of human resources through the delegation to enroll some education and training, ISO 9001 2008 certification about Management Quality s System, integrated static archives services innovation, usage of technology, synergy of institutions, service of static archiving usage facilitated, and efficiency of archive services time s period. The factors that influence the improvement of quality services are human resources, tools and infrastructures, and the availability of the archive. Keywords Strategy, Quality Service, Archive Services, Archival Management, National Archives of The Republic of Indonesia .
2016
S70018
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library