Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwi Fajar Sejati
"Skripsi ini membahas dinamika kehidupan penghuni Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok. Penghuni Asrama UI Depok berasal dari latar belakang sosial dan budaya yang beragam, seperti suku, asal daerah, fakultas, hobi, agama, dan lain-lain. Keberagaman ini menyebabkan penghuni asrama untuk memiliki strategi adaptasi selama tinggal di sana. Selain strategi adaptasi, interaksi sosial juga menjadi perhatian dalam dinamika kehidupan penghuni asrama. Penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan pengamatan untuk mendapatkan hasil deskriptif pola interaksi masing-masing individu penghuni asrama dan kelompok-kelompok yang terdapat di dalamnya, cara kelompok-kelompok tersebut terbentuk, dan proses adaptasi para penghuni terhadap lingkungan baru. Hasil analisis skripsi ini dapat dijadikan referensi bagi penghuni Asrama UI Depok tentang kehidupan di asrama serta bagi pengelola asrama untuk menciptakan lingkungan asrama yang lebih kondusif untuk para penghuninya.

This thesis discusses the dynamics of the resident?s life in Student Dormitory of Universitas Indonesia (UI) Depok. The resident of Student Dormitory UI Depok derived from diverse social and cultural backgrounds, such as ethnic, national origin, faculty, hobbies, religion, and others. This diversity led the resident to have adaptation strategies for staying there. In addition to adaptation strategies, social interaction is also a concern in the dynamics of the resident. This study was done by using in-depth interviews and observations to obtain descriptive results of the interaction patterns of each individual residents and groups present in the dorm, the way these groups are formed, and the process of adaptation of the resident to the new environment. The result of the analysis of this thesis can be used as a reference for the occupants of Student Dormitory UI Depok about life in the dorm and the dormitory manager to create an environment more conducive to dormitory resident.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64500
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Universitas Indonesia, 2000
R 647.94 ASR
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Sanyoto Prasojo
"ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh gaya belajar kelompok dengan coaching pada mahasiswa Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). STSN adalah sebuah sekolah tinggi yang mendidik calon sandiman dan mengasramakan mahasiswanya. Pemilihan gaya belajar tersebut disesuaikan dengan tujuan pendidikan dan karena para mahasiswa hidup di asrama. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dimana mahasiswa tahun sebelumnya (2008/09) dijadikan kelompok kontrol sedangkan mahasiswa sekarang (2009/10) dijadikan kelompok intervensi. Penelitian dilakukan selama masa antara Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester di kampus STSN. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan nilai akademik mahasiswa antara yang diberi intervensi dan yang tidak. Rata-rata peningkatan tersebut adalah 15,30 point. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan pihak STSN dapat merubah sistem belajar mandiri yang selama ini digunakan.

ABSTRACT
Objective of the study was to determine the influence of learning style groups with coaching at the STSN. STSN is a college that educates prospective students Sandiman and garrison. The selection is tailored to the learning styles and educational goals for students living in dormitories. This study uses the experimental method in which the students the previous year (2008/09) were used as control group while the student is now (2009/10) were used as the intervention group. Research conducted during the period between the Middle Semester Exam (UTS) and End Semester Exam (UAS) on campus STSN. The results showed no increase in value between a given student academic and non-intervention. The average increase is 15.30 points. Based on these results, it is expected STSN parties can alter self-learning system that has been used."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T38483
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2022
378.109 DAK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Donovan Bustami
"ABSTRAK
Intraksi sosial terjadi di asrama, di mana asrama Daksinapati tersebut penghuninya terdiri dari beberapa suku bangsa yang berbeda, terdiri atas beberapa penganut agama yang berbeda dan seringkali menimbulkan permasalahan karena ada perbedaan kebudayaan masing-masing pendukungnya.

"
1985
S12691
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Nurhidayah
"Masalah yang muncul di kalangan remaja bukan hanya dirasakan oleh remaja sendiri,tetapi juga oleh orang tua dan orang lain di sekirarnya dan bahkan menjurus menjadi masalah moralitas, Menurut Kohlberg perkembangan moral seseorang mengikuti tahap-tahap yang terdiri dari tahap pra konvensional tahap konvensional dan tahap pasca konvensional, dan selama masa remaja tahap perkembangan moral ketiga, yaitu moralitas pasca konvensional harus dicapai. Rangsangan lingkungan merupakan hal penting bagi penyusunan struktur moral yang baru.
Seorang remaja yang menghabiskan waktunya selama 24 jam di lingkungan sekolah (SMU Berasrama) tentu akan memperoleh rangsangan yang berbeda dengan remaja lain yang hanya menghabiskan waktunya selama 8 jam sehari di seko1ah Berdasarkan kenyataan tersebut maka diajukan hipotesis bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan moral siswa SMU Umum dan siswa SMU berasrama, siswa SMU berasrama lebih tinggi perkembangan moralnya daripada siswa SMU Umum. Dengan menggunakan alat ukur dari Rest yaitu The Defining Issue Tesr (DID dilakukan tes tertulis untuk mengungkap tingkat perkembangan moral individu.
Hasil analisis item dari alat tes ini menunjukkan reliabilitas sebesar 0,7042 Dari hasil uji hipoicsis dengan menggunakan t-test didapatkan nilai t sebesar 0,134 dan p sebesar 0,894. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara perkembangan moral siswa SMU Umum dan siswa SMU Berasrama Keterbatasan penelitian yang hanya melibatkan dua buah sekolah yang homogen (keduanya mempakan sekolah Islam yang memiliki kurikulum sama), harus diperluas dalam penelitian dengan melibatkan sekolah umum maupun sekolah dengan basis agama yang berbeda sehingga dapat dilakukan pengolahan data yang lebih baik dengan hasil yang lebih baik pula."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2001
T38187
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Umi Farida Hidayati
"Teori belajar terdiri dari teori belajar behaviourism, sosial kognitif, dan konstruktivisme. Sistem asrama merupakan pendidikan informal yang mendukung pembelajaran formal. Dengan sistem asrama, mahasiswa diharapkan dapat mandiri dalam hal belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi teori belajar di asrama berkaitan dengan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian berjumlah 14 orang. Pengambilan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah aplikasi teori behaviorisme dengan adanya peraturan terkait kehidupan asrama serta adanya pelanggaran terhadap peraturan di asrama, tetapi punishment kurang tegas. Aplikasi teori sosial kognitif terlihat dominan dengan adanya pengasuh asrama yang menjadi role model, mahasiswa belajar dengan mengamati dan mencontoh, interaksi antar mahasiswa dalam belajar, pengaturan belajar sendiri oleh mahasiswa. Aplikasi teori konstruktivisme adalah pengasuh asrama memfasilitasi mahasiswa, adanya interaksi dan kolaborasi antara pengasuh asrama dan mahasiswa maupun antar mahasiswa, dan adanya pembelajaran sesuai konteks keperawatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
610 UI-JKI 20:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nuniek Indah Puspitawati
"Negara Indonesia saat ini sedang membangun, dan hal ini menempatkan hukum menjadi suatu bagian yang juga harus memegang peran. Secara khusus peranan tersebut dapat dilihat pada perjanjian pemborongan pekerjaan mendirikan gedung antara instansi pemerintah dengan pemborong swasta. Walaupun Buku III Kitab Undang-undang hukum Perdata telah mengaturnya, namun dalam praktek diperlukan ketentuan lain yang ternyata sifatnya publik. Pada Perjanjian pemborongan pekorjaan mendirikan gedung Asrama Pendidikan Guru Perawatan Jakarta ini,dua kebentuan tersebut adalah: Keppres 14A/198O & Keppres 18/1981. Masalahnya adalah sampai sejauh mana ketentuan publik tersebut berpengaruh bagi perjanjian ini.
Berdasarkan penelitian melalui penelusuran perpustakaan dan juga melalui serentetan wawancara dengan petugas setempat diperoleh hasil : Perjanjian Pemborongan Pekerjaan Mendirikan Gedung Asrama Pendidikan Guru Perawatan Jakarta, antara Departemen Kesehatan dengan PT. Bangun Indah Sakti diiakukan berdasarkan Garis-garis Besar Haluan Negara, yang dicantumkan dalam Tap MPR Il/1983.
Diperiukan campur tangan pemerintah untuk menentukan pemborong pelaksana melalui pelelangan sehingga terjadi pemerataan antara pemborong yang ekonominya lemah dan pemborong yang ekonominya kuat. Azas kebebasan berkontrak buku III Kibab Undang-undang HUKUM PERDATA dibabasi. Instansi Pemerintah meskipun dalam rangka melakukan tugas publiknya dalam hal iai bertindak sebagai badan perdata."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1985
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sepo Nawipa
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Model Pelatihan dan Pemberdayaan yang dilakukan oleh Yayasan Pelayanan Antar Budaya melalui Training Indonesians For Transition to Institutional TITIP di Tanah Papua. Pelatihan dan Pemberdayaan yang berbasis asrama memiliki keunggulan tersendiri maka pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Hasilnya, system rekruitmen calon peserta dilakukan secara terbatas, dan berorientasi pada mutu atau kualitas dibandingkan jumlah. Kurikulum yang digunakan berbeda dari yang biasanya dan metode mengajar juga di laksanakan sesuai konteks di Papua. Tesis ini menyimpulkan bahwa kemampuan bahasa Inggris, kemampuan personality peserta dan alumni meningkat secara cepat setelah mengikuti TITIP dan hasil ujian perbandingan antara pre-test dan post-test telah menunjukkan bahwa adanya peningkatan diri memiliki life skill dari proses pelatihan dan pemberdayaan yang di lakukan Kata Kunci : Pelatihan dan Pemberdayaan, Transisi dan Asrama.

ABSTRACT
This thesis discusses the Model of Training and Empowerment conducted by Foundation of Intercultural Services through Training of Indonesians for Transition to Institutional TITIP in Tanah Papua. Dormitory based training and empowerment has its own advantages. The approach used is qualitative. Therefore potential participants to be admitted into the program is limited. The TITIP has its own curriculum and the teaching method reflects the context of Papua. This thesis concludes that the English proficiency, ability personality of participants and alumni increased rapidly after attending the TITIP and the comparison test results between pre test and post test have shown evidence of self improvement. Keywords Training and Empowerment, Transition and Dormitory. "
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>