Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Husna Laili
"Laporan magang ini menjelaskan prosedur audit yang dilakukan atas akun pendapatan KSE entity support perusahaan yang bergerak pada bidang Jasa Telekomunikasi. Prosedur audit yang dilakukan terdiri dari tahap penerimaan klien, perencanaan, pengujian dan pengumpulan bukti, serta tahap penyelesaian laporan audit. Audit juga dilakukan untuk melihat kesesuaian praktik akuntansi KSE dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan prosedur yang dilakukan, terdapat beberapa kelemahan yang berpotensi menimbulkan masalah bagi perusahaan yaitu pada pengendalian internal perusahaan dan ketidaksesuaian periode akuntansi pada pengakuan pendapatan.

The internship report aims to explain audit procedure of Revenue in KSE, entity support of company which operate in Telecommunication Industry. The audit procedures performed consist of client acceptance, planning, testing and gathering evidence, until completing the audit report. Audit was also conducted to know whether the company has implemented accounting standard in Indonesia. Based on the audit results, there are some weaknesses which can cause some problem for the company in the future. The problem were on company internal control and the accounting period in recognized revenue."
Lengkap +
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bima Hari Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik satuan kerja, temuan audit, dan penerapan akuntansi berbasis akrual terhadap pengungkapan laporan keuangan pada Kementerian Negara/Lembaga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa analisis regresi berganda. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 78 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga tahun 2015.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel jumlah satuan kerja pada faktor karakteristik satuan kerja serta variabel jumlah temuan dan variabel nilai penyimpangan pada faktor temuan audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan.
Variabel total aset pada faktor karakteristik satuan kerja terbukti memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan dan variabel kualitas SDM penyusun laporan keuangan pada faktor penerapan akuntansi berbasis akrual terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan.

The aim of this research is to know The Influence Of Work Unit Characteristics, Audit Findings And Implementation Of Accrual Based Accounting On the Disclosure of Ministry Institution Financial Reports. This study uses quantitative methods such as multiple regression analysis. Samples are as much as 78 Financial Statements of Ministry Agency of the Year 2015.
The results showed that the Total Unit variables on Work Unit Characteristics factors and number of the findings and Value Deviation Variable on the Audit Findings factor does not have a significant impact on the disclosure of financial statements.
Total Assets on Work Unit Characteristics factors shown to have a significant and negative effect on the disclosure of financial statements and the quality of Human Resources of financial statement compiler on the Accrual Based Accounting Implementation Factors shown to have a significant and positive effect on the disclosure of financial statements.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valenska Chaniarozy
"Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur audit yang dilakukan atas akun pendapatan dan piutang usaha PT. TUV yang bergerak di industri penyewaan kapal. Prosedur audit dilakukan guna memperoleh keyakinan yang memadai untuk memberikan opini atas laporan keuangan yang dibuat. Audit juga dilakukan untuk melihat kesesuaian praktik akuntansi PT. TUV dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan prosedur yang dilakukan, tidak terdapat salah saji material pada akun pendapatan dan piutang usaha. Selain itu, kedua akun juga telah disajikan secara wajar. Namun, dari hasil pengujian atas pengendalian internal PT. TUV, terdapat beberapa kelemahan yang berpotensi menimbulkan masalah bagi perusahaan.

The internship report aims to show audit procedure for The Revenue and Trade Receivables PT. TUV, which operate in marine vessel operator industry. The procedure was conducted in order to gain reasonable assurance to express opinion for the financial statement of PT. TUV. Audit was also conducted to know whether the company has implemented accounting standard in Indonesia. Based on the audit results, there is no material misstatement for the revenue and trade receivables. Both account has been stated fairly. Based on Test of Control PT.TUV, there are some weaknesses which can cause some problem for the company in the future.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yashinta Fiqhy Kusumaningrum
"ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur audit yang dilakukan
atas akun pendapatan dan piutang usaha PT SMR yang bergerak dibidang
pembiayaan, terutama pembiayaan konsumen. Prosedur audit dilakukan guna
memperoleh keyakinan yang memadai untuk memberikan opini atas laporan
keuangan yang dibuat. Audit juga dilakukan untuk melihat kesesuaian praktik
akuntansi PT SMR dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia.
Berdasarkan prosedur yang dilakukan, tidak terdapat salah saji material pada akun
pendapatan dan piutang usaha. Selain itu, kedua akun juga telah disajikan secara
wajar. Namun, dari hasil pengujian atas pengendalian internal PT SMR, terdapat
beberapa kelemahan yang berpotensi menimbulkan masalah bagi perusahaan.

ABSTRACT
The internship report aims to show audit procedure for The Revenue and Trade
Receivables PT SMR, which operate in financing industry, especially in
consumption financing. The procedure was conducted in order to gain reasonable
assurance to express opinion for the financial statement of PT SMR. Audit was also
conducted to know whether the company has implemented accounting standard in
Indonesia. Based on the audit results, there is no material misstatement for the
revenue and trade receivables. Both account has been stated fairly. Based on Test
of Control PT SMR, there are some weaknesses which can cause some problem for
the company."
Lengkap +
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Kurniati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi fenomena berupa penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan (TLRHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Key Performance Indicator (KPI). Objek penelitian ini adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai single unit analysis yang telah mengadopsi tindak lanjut rekomendasi tersebut dalam KPI/IKU sejak tahun 2018. Meskipun penyelesaian tindak lanjut rekomendasi telah dilekatkan pada KPI/IKU dan target KPI/IKU selalu tercapai, masih terdapat beberapa rekomendasi yang belum selesai/tuntas dalam 5 (lima) tahun bahkan 10 (sepuluh) tahun.
Penelitian ini berupaya mengisi research gap dari penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa faktor penyebab belum optimalnya penyelesaian tindak lanjut temuan pemeriksaan BPK adalah karena tindak lanjut tersebut belum dilekatkan sebagai KPI/IKU dan tidak adanya target yang menunjukkan indikator keberhasilan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C serta latar belakang penyesuaian KPI/IKU dari perspektif Institutional Isomorphism. Analisis data pada penelitian ini menggunakan content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C, KPI/IKU tindak lanjut rekomendasi BPK belum sepenuhnya memenuhi Kriteria SMART dan Prinsip SMART-C yaitu (1) Measurable; dan (2) Achievable/Attainable. Tidak dipenuhinya kedua kriteria/prinsip tersebut mengakibatkan masih belum idealnya klaim atas capaian realisasi KPI/IKU yang dilakukan DJP sebab terdapat gap antara periode terbitnya Laporan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut dari BPK atas pembahasan TLRHP dengan periode berakhirnya masa penilaian kinerja pada DJP. Kondisi ini mengakibatkan capaian realisasi KPI/IKU diklaim secara subjektif dengan menggunakan tindak lanjut rekomendasi yang diusulkan selesai dengan nilai indeks yang sama dengan rekomendasi yang dinyatakan selesai/tuntas oleh BPK. Namun demikian, implementasi KPI/IKU memberikan manfaat bagi organisasi berupa peningkatan komitmen manajemen organisasi dan mendorong strategi organisasi.
Kemudian, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi penyesuaian KPI/IKU dari perspektif Institutional Isomorphism. Pertama, faktor yang dipengaruhi fenomena isomorfisme normatif yaitu faktor yang berasal dari sisi eksternal berupa pelibatan pihak eksternal dan faktor dari sisi internal berupa insentif kinerja pegawai dan inovasi organisasi. Kedua, faktor dari perspektif isomorfisme koersif berupa tekanan koersif dari masyarakat terhadap pengelolaan keuangan negara.

This study aims to evaluate the phenomenon of completion of follow-up on the audit finding recommendations of the Supreme Audit Agency (BPK) as a Key Performance Indicator (KPI). The object of this study is the Directorate General of Taxes (DGT) as single unit analysis which has adopted such follow-up recommendations in its KPI since 2018. Although the completion of follow-up recommendations has been embedded to KPI and the KPI targets have always been achieved, there are still some recommendations that have not been completed in 5 (five) years and even in 10 (ten) years.
This study seeks to fill the research gap from previous studies which revealed that the factors causing the suboptimal completion of the follow-up on BPK audit findings are because the follow-up has not been adopted as a KPI and there are no targets showing indicators of success. The evaluation is carried out using SMART Criteria and the SMART-C Principle as well as the KPI adjustments that have been made by institution from the perspective of Institutional Isomorphism. The analysis of research data employs content analysis.
This study shows that based on the SMART Criteria and SMART-C Principles, the KPI on follow up over BPK recommendations has not fully satisfied the SMART Criteria and SMART-C Principles, namely (1) Measurable; and (2) Achievable/Attainable. The non- fulfilment of those two criteria/principles results in not ideal claim over the KPI realization by the DGT because there is a gap between the issuance period of the Follow-Up Monitoring Report from BPK and the end of the performance assessment period at the DGT. This condition causes KPI realization achievements to be subjectively claimed using follow-up recommendations proposed to be completed by the DGT with the same index value as recommendations declared completed by BPK. However, the implementation of KPI provides benefits to organizations in the form of increasing organizational management commitment and encouraging organizational strategy.
There are factors that influence the adjustment of KPI/IKU from the perspective of Institutional Isomorphism. First, factors that are influenced by the phenomenon of normative isomorphism, i.e. factors originating from the external side, namely the involvement of external parties and factors from the internal side, namely the employee performance incentives and organizational innovation. Second, the factor from the perspective of coercive isomorphism is in the form of coercive pressure from the community on the state finance management.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library