Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putri Prastica Yuliana Alamta
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai kepatuhan Penerima Dana 1 dalam menjalankan Program Penguatan Sistem Kesehatan The Legend Foundation terhadap Panduan Kebijakan. The Legend Foundation memberikan dana hibah kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan. Oleh sebab itu, untuk memastikan dana hibah dikelola dengan baik, maka The Legend Foundation membuat Panduan Kebijakan sebagai arahan atau referensi semua pihak yang terlibat dalam mengelola dana hibah. The Legend Foundation menjalankan audit kepatuhan untuk melihat kesesuaian antara Panduan Kebijakan dengan praktik, sehingga dapat menjamin akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana hibah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas dana hibah yang telah diberikan. Secara garis besar, dalam melaksanakan Program Penguatan Sistem Kesehatan, Penerima Dana 1 telah melaksanakan sesuai dengan Panduan Kebijakan, tetapi terdapat beberapa hal yang tidak sesuai, seperti pada aset tetap, memo yang belum ditandatangan oleh pihak berwenang, ketidaklengkapan dokumen atas permohonan maupun penyelesaian uang muka, kas kecil, pelatihan kerja, jaminan sosial, sistematika yang tidak sesuai, dan substansi yang tidak lengkap.

ABSTRACT
This Internship Report discusses about the Principal Recipient rsquo;s compliance to the Manual of Health System Strengthening Program ndash; The Legend Foundation. The Legend Foundation provides the fund of grant to the Government of Indonesia through the Ministry of Health. Therefore, to ensure that the fund of grant is managed well, The Legend Foundation rsquo;s Manual is prepared as the direction and reference for all parties involved in managing the fund of grant. The Legend Foundation conducts the compliance audit for compatibility between the Manual and the practice, thereby being capable of guaranteeing the accountability and transparency of the fund of grant management as the form of accountability for the fund of grant already provided. Overall, in implementing the Health System Strengthening Program, Principal Recipient has implemented in accordance with the Manual, but some inappropriate, such as fixed assets, memo documents that have not been signed, incomplete documentation of request and realisation of advance, petty cash, job training, employee benefit, inappropriate systematics, and incomplete substances. "
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Taofik Haryanto
"Pengelolaan informasi yang baik dapat menjaga keberlanjutan bisnis perusahaan, memanfaatkan peluang bisnis, dan memaksimalkan nilai return dari investasi. Pengelolaan keamanan informasi dilakukan perusahaan dengan membuat Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) untuk mengantisipasi setiap ancaman terhadap aset informasi. Standar SMKI yang banyak diadopsi adalah ISO/IEC 27001:2005. Standar versi 2005 ini mengalami revisi pada tahun 2013. Dengan adanya revisi tersebut, maka perusahaan yang telah memiliki sertifikasi ISO/IEC 27001 harus melakukan penyesuaian SMKI agar tetap selaras dengan versi 2013.
PT. XYZ sebagai operator selular dengan jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia mengelola aset informasinya dengan menerapkan SMKI berbasis ISO/IEC 27001:2005. PT. XYZ harus menyesuaikan SMKI dengan versi 2013 agar pengelolaan keamanan informasi yang dilakukan tetap sesuai dengan best practices terbaru dalam mengatasi risiko informasi terkini. Penyesuaian ini juga menunjukkan komitmen PT. XYZ dalam melindungi data pelanggan, meningkatkan kredibilitas dalam pasar yang kompetitif, dan mempertahankan sertifikasi ISO/IEC 27001 yang pernah diraihnya. Untuk itu perlu dilakukan audit kepatuhan keamanan informasi yang berlaku di PT. XYZ terhadap ISO/IEC 27001:2013. Penelitian menunjukkan sejauh mana SMKI PT. XYZ patuh terhadap ISO/IEC 27001:2013. Untuk meningkatkan kepatuhan direkomendasikan beberapa kebijakan dan prosedur yang perlu ditambahkan, yaitu terkait komunikasi SMKI kepada pihak terkait, kontrol terhadap supply chain, dan kontrol redundan.

Information management will maintain the sustainability of the company's business, take advantage of business opportunities, and maximize the return value of the investment. Information Security Management System (ISMS) done by enterprise to anticipate any threats to information assets. Widely adopted ISMS standard is ISO / IEC 27001: 2005. This version of the standard was revised in 2013. With this revision, the company with ISO / IEC 27001 Certification should make adjustments to comply with new standard.
PT. XYZ as a service provider with the highest number of subscribers in Indonesia manage their information assets by implementing ISMS based on ISO / IEC 27001:2005. PT. XYZ must adjust the ISMS in order to stay aligned with the latest best practices and newest information risk. This adjustment also shows the commitment of PT. XYZ in protecting customer data, improving credibility in a competitive market, and maintain ISO / IEC 27001 Certification. Therefore, compliance audit of information security in PT. XYZ need to be done. Audit shows the extent of the ISMS adherence to ISO / IEC 27001:2013. To improve compliance, we recommend several policies and procedures that need to be added: communications to related parties, control of the supply chain, and control of redundancy.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Kamila Fithrie
"Laporan magang ini menjelaskan tentang prosedur audit kepatuhan yang dijalankan Atas Sub Recipient sebagai pengguna dana hibah klien KAP AAA Indonesia yaitu GTF sebagai salah satu institusi keuangan yang menyediakan bantuan berupa dana bagi setiap negara dalam menanggulangi tiga penyakit yang ada yaitu HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) / AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), tuberkulosis, dan malaria di tahun 2017. Selain itu prosedur audit secara spesifik dilakukan pada program TIF, yaitu program dalam menanggulangi penyakit Tuberkulosis. Prosedur audit serta analisis atas hasil prosedur audit kepatuhan didasarkan pada peraturan yang berlaku dan diterapkan oleh Sub Recipient GTF. Dalam melaksanakan audit, auditor melakukan prosedur vouching atas seluruh akun pada Sub Recipient GTF. Pada akhirnya, prosedur audit kepatuhan yang dilakukan menyimpulkan bahwa proses pertanggungjawaban penggunaan dana hibah GTF oleh Sub Recipient masih belum sesuai standar yang diterapkan.

This internship report describes the compliance audit procedure that is implemented on Sub Recipient as a user of KAP AAA Indonesia grant client fund which is GTF as one of the financial institution that provides fund aid for every country in overcoming three existing diseases namely HIV (Human Immunodeficiency Virus) / AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome), tuberculosis, and malaria by 2017. In addition, the audit procedure is specifically performed on the TIF program, the program in tackling Tuberculosis. Audit procedures and analysis of the results of compliance audit procedures are based on applicable regulations and applied by GTF Sub Recipient. In conducting the audit, the auditor performs a vouching procedure for all accounts on the GTF Sub Recipient. In the end, the compliance audit procedure conducted by the authors concludes that the accountability process for the use of the GTF grant funds by Sub Recipient still does not meet the applicable standards."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Sulthon Ambary
"Laporan magang ini mengevaluasi prosedur pengumpulan bukti audit KAP KUL dalam perikatan audit kepatuhan dengan PT DPS dan kesesuaiannya berdasarkan Standar Audit (SA) yang berlaku. Aktivitas yang dievaluasi berupa rekonsiliasi atas data pergerakan persediaan yang masuk dan keluar dari setiap cabang distributor dan pelaksanaan stock opname. Aktivitas yang dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa jumlah persediaan yang tercatat berdasarkan sistem distributor dan PT DPS sama dengan jumlah persediaan berdasarkan perhitungan fisik. Pengumpulan bukti audit dilakukan menggunakan prosedur observasi, perhitungan ulang, permintaan keterangan, dan inspeksi. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk membandingkan penerapan prosedur pengumpulan bukti audit yang dilakukan oleh KAP KUL dengan SA. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa KAP KUL telah melaksanakan prosedur pengumpulan bukti audit berdasarkan SA.

This internship report evaluates procedures in collecting audit evidence of KAP KUL in a compliance audit engagement with PT DPS and their conformity based on applicable Audit Standards (SA). Activities evaluated include reconciling data for inbound and outbound inventory movement for each distributor branch and carrying out stock taking. These activities are done to ensure that the amount of inventory recorded based on the distributor and PT DPS systems is the same as the amount of inventory based on physical calculations. Audit evidence is collected using observation, recalculation, inquiry and inspection procedures. The purpose of this evaluation is to compare the implementation of audit evidence collection procedures carried out by KAP KUL with the SA. The results of the evaluation show that KAP KUL has implemented audit evidence collection procedures based on the SA."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sandina Laura
"Laporan magang ini membahas dan mengevaluasi tingkat kepatuhan PT UYU sebagai distributor terhadap ketentuan prinsipalnya yaitu PT LRA Indonesia dalam hal pengendalian persediaan distributor atas stock in trade PT LRA Indonesia. Stock in trade adalah persediaan-persediaan milik PT LRA Indonesia yang telah dijual dan sampai kepada distributor dan retailernya. Laporan magang ini juga membahas prosedur audit kepatuhan distributor yang dilakukan oleh KAP SMA Indonesia. Evaluasi kepatuhan dilakukan dengan melihat kesesuaian antara praktik yang PT UYU lakukan dengan ketentuan yang PT LRA Indonesia tetapkan. Dalam melaksanakan audit, auditor melakukan prosedur stock equation review and reconciliation, stock taking, dan process and system review untuk mengumpulkan bukti audit yang cukup dan tepat. Pada akhirnya, prosedur audit kepatuhan yang dilakukan KAP SMA Indonesia dapat menyimpulkan bahwa PT UYU patuh terhadap ketentuan PT LRA Indonesia. Selain itu, laporan magang ini juga membahas mengenai hasil refleksi diri yang diperoleh selama menjalani kegiatan magang di KAP SMA Indonesia. Hasil analisis refleksi diri dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimilki serta cara perbaikan yang dilakukan agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

This internship report aims to discuss and evaluate PT UYU’s compliance level as a distributor towards the provisions of its principal, PT LRA Indonesia, in terms of distributor inventory control over PT LRA Indonesia's stock in trade. Stock in trade are inventories owned by PT LRA Indonesia that have been sold and reached its distributors and retailers. This internship report also discusses the distributor compliance audit procedures executed by KAP SMA Indonesia. Compliance evaluation is carried out by looking at the appropriateness between the practices of PT UYU and the provisions set by PT LRA Indonesia. In conducting the audit, the auditor performs stock equation review and reconciliation, stock taking, and process and system review procedures to collect sufficient and appropriate audit evidence. In the end, the compliance audit procedures performed by KAP SMA Indonesia concludes that PT UYU is compliant with the provisions of PT LRA Indonesia. Moreover, this internship report also discusses the results of self-reflection obtained during the internship program at KAP SMA Indonesia. The result of the self-reflection analysis can identify the strengths and weaknesses that are owned and the ways of improvement that can be made in-order-to become a better person."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Adi Perdana
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan fakta-fakta mengenai dasar-dasar pemeriksaan pabean pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berdasarkan pendekatan manajemen risiko berkaitan dengan kinerja penerimaan bea masuk. Lebih utama lagi terkait penerapan self assessment dalam pemberitahuan impor barang. Objek Penelitian adalah penerimaan bea masuk di Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok untuk periode Januari-November 2014. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerimaan bea masuk juga dipengaruhi oleh kepatuhan importir. DJBC telah melakukan usahan ekstra (extra effort) untuk menggali potensi penerimaan bea masuk dengan cara menerbitkan surat penetapan. Penerbitan surat penetapan tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan pabean yang selektif melalui manajemen risiko penjaluran. Sebagai hasilnya terlihat bahwa penerimaan dari jalur merah hasil extra effort menunjukkan tingkat persentase penerimaan yang lebih besar dari jalur lainnya.

This study aim to describe the known facts regarding basics of inspectionat Directorate General Customs and Excise againts import duty revenue. Primarily related application self assessment in a notice of import goods. Object of this study is import duty revenue in Prime Customs Office Tanjung Priok for the period January-November 2014. The result of research shows that import duty revenue affected by compliance of importer. Directorate General Customs and Excise has been doing extra effort to explore the potential import duty by issuing determination letter. It based on the selective inspection risk management through line system. As the result seems that import duty revenue from extra effort the red lines indicates the percentage rate greater than revenue of other lines.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzikril Hakim Nur Hisyam
"Perkembangan teknologi informasi mempunyai risiko yang cukup signifikan terhadap suatu perusahaan. Selain dapat mempermudah dan mempercepat proses bisnis tetapi juga dapat membawa risiko dan ancaman terhadap perusahaan. Untuk itu diperlukan kontrol yang dapat memitigasi atau bahkan dapat menghilangkan risiko yang ada, sehingga teknologi informasi yang diterapkan organisasi dapat mendukung sepenuhnya kepentingan organisasi. Hal ini bertujuan agar teknologi informasi memberikan manfaat bagi organisasi.
Kondisi saat ini PT. XYZ telah melakukan berbagai usaha untuk dapat memitigasi atau bahkan menghilangkan risiko keamanan informasi yang ada, tetapi karena belum adanya kerangka kerja yang digunakan sehingga sulit bagi PT. XYZ untuk mengukur dan menjalankan keamanan informasi secara optimal.
Mengacu pada kondisi dan permasalahan di organisasi tersebut, maka perlu adanya evaluasi keamanan informasi untuk mengukur sejauh apa usaha PT. XYZ telah menerapkan keamanan informasi dan kontrol-kontrol apa yang perlu ditambahkan atau diperbaiki agar usaha PT. XYZ dalam menerapkan keamanan informasi menjadi optimal.
Pada penelitian ini menggunakan Framework ISO 27001:2005/ISMS. Melalui pendekatan audit keamanan informasi dengan menggunakan assessment checklist ISO 27001 dan penilaian risiko, dipilih sasaran perbaikan berdasarkan kontrol ISO 27001. Kontrol-kontrol ini nantinya diharapkan dapat memitigasi atau bahkan menghilangkan dampak yang ditimbulkan dari ancaman dan kerawanan yang ada dilingkungan organisasi PT. XYZ.

The development of information technology has a significant risk of a company. Besides being able to simplify and speed up business processes but can also bring risks and threats to the company. It is necessary to control that can mitigate or even eliminate existing risks, so that the applied information technology organizations can support fully the interests of the organization. It aims to provide the benefits of information technology to the organization.
Current conditions PT. XYZ has made various efforts to mitigate or even eliminate the risk of information security, but because of the absence of a framework used so difficult for PT. XYZ to measure and run an optimal information security.
Referring to the conditions and problems in the organization, hence the need for information security evaluation to measure the extent to which PT. XYZ has implemented information security and controls what needs to be added or improved in order PT. XYZ in implementing information security to be optimal.
In this study, using the Framework ISO 27001: 2005 / ISMS. Through approach to information security audit using a checklist ISO 27001 assessment and risk assessment, have been targets for improvement based on the control of ISO 27001. These controls might be expected to mitigate or even eliminate the impact of threats and vulnerabilities that exist within the organization PT. XYZ.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
G. A. Ganda Gumilar
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan atas kepatuhan VICO Indonesia sebagai Operator terhadap POMA Agreements. Selain itu juga untuk mengetahui langkah-langkah berikutnya bila ditemukan hal-hal yang tidak patuh pada POMA Agreements. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode rating audit pada hasil audit kepatuhan terkait seluruh kegiatan yang dilaksanakan VICO Indonesia dalam pelaksanaanya tugas sebagai Operatordari POMA Agreement. Hasil penelitian dari tiga pengujian dengan menggunakan rating audit tersebut menyimpulkan bahwa VICO Indonesia melalui dua pengujian masuk dalam kategori patuh secara mum, namun melalui satu pengujian lainnya VICO Indonesia tidak patuh secara keseluruhan pada POMA Agreements.

ABSTRACT
This study aims to conduct compliance audit on VICO Indonesia as operator of POMA Agreements and also determine the recommendation toVICO Indonesia if VICO Indonesia didn?t comply with the POMA Agreements.This thesis usesaudit rating methods on the result of compliance audit related to all the activities that are undertaken by VICO Indonesiaonthe implementation as an operator of POMA Agreements. The results of this research through three testing by audit rating conclude that VICO Indonesia through two testing classified comply in general, but through one other testing VICO Indonesia partially comply with POMA Agreements.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zuvita Hanifa Zarazita Syafril
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana implementasi kebijakan audit kepatuhan kepada penyedia barang dan jasa oleh PPATK. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi audit kepatuhan sudah dilakukan sesuai dengan Peraturan Kepala PPATK Nomor PER-10/1.02.2/PPATK/09/12, mulai dari pra audit, pelaksanaan audit, sampai pasca audit. Namun, masih ditemui beberapa hambatan seperti keterbatasan sumber daya manusi, kurangnya data dan informasi yang dimiliki mengenai profil seluruh pihak pelapor, dan ketidaktepatan waktu dalam menyampaikan laporan hasil audit kepatuhan.

This research aims to understand the implementation of the compliance audit in Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)/ Indonesian Financial Transaction Reports and Analysis Center (INTRAC). The researcher used a qualitative approach by doing some in-depth interviews and litereature research. The result showed that the implementation of the compliance audit has been implemented well, starting from pra audit to pasca audit. However, there were some obstacles to implementing the compliance audit such as limited human resources, the lack of data of all the reporting party?s profiles, and the delay of submitting compliance audit report."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61031
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purwantiningsih
"ABSTRAK
Laporan magang ini betujuan untuk membahas prosedur audit yang dilakukan KAP FLW Indonesia atas investasi konvensional dan syariah pada PT NTA Tbk. dan analisis tingkat kepatuhan PT NTA Tbk. terhadap Peraturan OJK terkait investasi, yaitu POJK Nomor 71/POJK.05/2016 dan POJK Nomor 72/POJK.05/2016 tentang kesehatan keuangan perusahaan reasuransi dengan prinsip konvensional dan syariah, serta POJK Nomor 36/POJK.05/2016 dengan perubahan terakhir POJK Nomor 1/POJK.05/2016 tentang investasi dalam bentuk Surat Berharga Negara. Dasar penulisan laporan ini adalah karena pentingnya investasi bagi PT NTA Tbk. dan adanya POJK baru terkait investasi. Berdasarkan hasil audit, auditor tidak menemukan salah saji material sehingga dapat dikatakan bahwa investasi PT NTA Tbk. telah disajikan secara wajar. Selain itu, berdasarkan hasil analisis, KAP FLW Indonesia telah melakukan prosedur audit sesuai standar audit yang berlaku dan PT NTA Tbk. telah mematuhi seluruh persyaratan investasi sesuai Peraturan OJK. Rekomendasi yang penulis berikan terkait prosedur audit atas investasi yaitu pembuatan analytical review dengan lebih komprehensif dan penggunaan audit software untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses audit.

ABSTRACT
This internship report is aimed to explain about audit procedures of conventional and sharia investment in PT NTA Tbk. performed by KAP FLW Indonesia and analysis of PT NTA Tbk. rsquo;s compliance level towards OJK Regulations related to investment, such as POJK Number 71/POJK.05/2016 and POJK Number 72/POJK.05/2016 about financial health of reinsurance company with conventional and sharia principles, and POJK Number 36/POJK.05/2016 with the last amendment POJK Number 1/POJK.05/2016 about investment of government securities. The bases of this report are due to the importance of investment for PT NTA Tbk. and the existence of new POJK related to investment. Based on the result of audit, auditor did not find any material misstatement so it can be said that investment of PT NTA Tbk. is fairly stated. Furthermore, based on the result of analysis, KAP FLW Indonesia has performed audit procedures in accordance with applicable audit standards and PT NTA Tbk. has complied with all investment requirements in accordance with OJK Regulations. Author gives recommendations related audit procedures on investment, that is make more comprehensive analytical review and use of audit software to improve the efficiency and effectiveness of the audit process."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>