Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Dicky Duta Hidayat
"Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk menguji dan membangun peran religiusitas dalam penerimaan produk-produk yang dianggap kontroversial atau tabu di beberapa wilayah di dunia. Karya tulis ini secara khusus membahas tingkat religiusitas seseorang yang disebabkan oleh perasaan kagum, dapat mempengaruhi cara mereka untuk memahami jenis produk, ide, atau layanan tertentu yang di beberapa daerah mungkin dianggap tabu ketika diangkat ke percakapan biasa atau penggunaan sehari-hari. Karya tulis ini berpendapat bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang, semakin mereka menjadi enggan menerima produk kontroversial tertentu. Selain itu, efek moderasi dari kekaguman emosi juga dipelajari dalam penelitian ini. Sebuah survei dibangun dan didistribusikan dan 141 jawaban responden telah dikumpulkan dan dianalisis. Namun, hasilnya tidak mendukung hipotesis yang dibuat terkait dengan efek moderat dari emosi kekaguman. Titik fokus dari hasil ini adalah bagi pemasar untuk melaksanakan strategi yang tepat untuk memasarkan produk, ide atau layanan ini dan untuk membangkitkan keterbukaan dalam penerimaan produk, ide, dan layanan ini.
The purpose of this writing is to test and establish the role of religiosity in the acceptance of products that in some part of the world may considered to be controversial or taboo. The paper specifically addresses the degree of one’s religiosity, induced by the emotion of awe, might influence their way to comprehend a certain types of products, ideas or services that in some areas might be considered as taboo when it is brought to a casual conversation, practice or daily usage. This paper argue that the higher one’s level of religiosity, the more they become reluctant in the acceptance of a certain controversial products. Furthermore, the moderating effect of the emotion awe was also studied in this research. A survey was constructed and distributed and 141 answers of respondents have been collected and analyzed. However, the results did not support the hypothesis made related to the moderating effect of the emotion of awe. The focal point of the results is for marketer to execute appropriate strategies to market these products, ideas or services and to evoke openness in acceptance of these products, ideas and services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Aisha Yusuf Prawiradiredja
"Banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya berinovasi pada masa kini. Hal ini menyebabkan munculnya produk baru di pasar, sehingga penting bagi perusahaan untuk memahami adopsi inovasi oleh konsumen. Salah satu karakteristik konsumen, yaitu keterlibatan pada produk, merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk mengadopsi inovasi. Keterbukaan konsumen terhadap pengalaman, yang mungkin disebabkan oleh perasaan kagum, dapat mendorong niat konsumen untuk mengadopsi inovasi. Berkaitan dengan ini, penelitian ini berfokus pada keterlibatan pada produk dan hubungannya terhadap adopsi inovasi, menunjukkan bahwa semakin tinggi keterlibatan pada produk, semakin tinggi pula adopsi inovasinya. Selain itu, efek moderasi dari perasaan kagum terhadap hubungan tersebut juga dipelajari. Data dari seratus enam belas mahasiswa di Indonesia dan Belanda menunjukkan bahwa keterlibatan pada produk memiliki hubungan yang positif dengan adopsi inovasi. Namun, perasaan kagum ternyata tidak mempengaruhi hubungan antara keterlibatan produk dan adopsi inovasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana konsumen bersedia mengadopsi inovasi jika inovasi tersebut sesuai dengan kebutuhan, minat, dan nilai yang dipercaya konsumen; menunjukkan pentingnya peran manajer untuk mengembangkan produk baru yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
Many firms are aware of the need to innovate in today's environment. This led to the rise of new product launches in the market, making it necessary for firms to understand consumer adoption of innovation. The adopter characteristics, namely product involvement, is an essential factor that affects consumer adoption decision. Consumers openness to experience, which may be the result of the emotion of awe, promote consumers 39 intention to adopt an innovation. By these, this paper focuses on product involvement and its relationship with the adoption of innovation, arguing that the higher the product involvement, the higher the adoption of innovation. In addition, the moderating effect of the emotion of awe toward the relationship was studied. Data from one hundred and sixteen university students in Indonesia and The Netherlands showed that product involvement was positively related to the adoption of innovation. However, the emotion of awe does not influence the relationship between product involvement and adoption of innovation. The result of this study indicates how consumers are willing to adopt the innovation if it is aligned with their inherent needs, interests, and values suggesting the importance of managers 39 role to develop a new product that can cater to those needs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library