Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
Djakarta : Lembaga Bahasa dan Budaya, Fakultet Sastra dan Filsafat. Universitet Indonesia
050 BB 6-26 (1952) Istilah-istilah
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Paris : Musee de L'homme
050 JSO 7 (1951)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Bangi: Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia, 1992
959.5 DUA
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Jakarta: Ikatan keluarga sastra Indonesia FSUI,
384 GAU
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
New York : Cambridge University Press
050 LAS 30 (2001)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Rotterdam : Uitgave Van W.L
050 OTT 2 (1934)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library
Rozy Rahma Juniza
Abstrak :
Hallyu adalah sebuah istilah yang mengacu kepada fenomena budaya populer Korea yang sekarang sudah mendunia. Drama Korea merupakan salah satu produk hallyu yang terkenal. Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi semakin mempermudah akses masyarakat terhadap drama Korea. Drama Korea pun tidak hanya dijadikan sebagai media hiburan saja, namun dapat dijadikan media pembelajaran. Penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh drama Korea terhadap minat belajar bahasa dan kebudayaan Korea di kalangan masyarakat umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian studi literatur dan survei. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Media Effect, yaitu Uses and Gratification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa drama Korea dapat memicu munculnya minat untuk mempelajari sesuatu. Minat yang biasanya muncul setelah menonton drama Korea di antaranya adalah minat untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea serta minat untuk berwisata ke Korea.
Hallyu is a term that refers to the phenomenon of Korean popular culture that is now worldwide. Hallyu is one of the famous hallyu products. Over time, advances in technology have made it easier for people to access Korean dramas. Korean drama is not only used as a medium of entertainment but can be used as a learning medium. This research will discuss about the effect of Korean drama and interest in learning Korean language and culture among the general public. This is a quantitative descriptive research with a literature study and survey research design. The theory used in this study is the theory of Media Effects, Uses and Gratification. The results of this study indicate that Korean drama can trigger an interest in learning something. Interests that usually arise after watching Korean dramas include interest in learning Korean language and culture and an interest in traveling to Korea.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Benny Hoedoro Hoed
Depok: UI-Press, 1994
PGB 0078
UI - Pidato Universitas Indonesia Library
Sutan Takdir Alisjahbana
Jakarta: UI-Press, 1979
PGB 0515
UI - Pidato Universitas Indonesia Library
Nagoya, Japan : Department of Japanese Studies Nanzan University
050 NSJL 4 (2004)
Majalah, Jurnal, Buletin Universitas Indonesia Library