Qisma Fata Saadah
Abstrak :
Pesatnya pergerakan teknologi membuat banyak orang menggunakan media sosial. Media sosial telah menjadi alat komunikasi yang berharga bagi setiap pengguna di platform tersebut untuk bertukar informasi atau membuat percakapan antar pengguna. Twitter, salah satu platform online yang populer, telah menjadi alat yang digunakan jurnalis dan organisasi berita untuk bertukar berita. Contohnya adalah Fabrizio Romano, jurnalis olahraga yang menggunakan Twitter sebagai media utamanya untuk berbagi dan memberikan informasi mengenai berita seputar sepakbola. “Honeycomb of social media”, sebuah konsep yang terdiri atas stujuh elemen utama yaitu identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, reputasi, relasi, dan grup dapat diobservasi pada akun Twitter Fabrizio Romano. Penelitian ini mengumpulkan data berupa sejumlah tweet di Twitter Fabrizio Romano dan tangkap layar profil Instagram juga podcast Fabrizio Romano. Penelitian ini menganalisis bagaimana pemanfaatan Twitter membantu Fabrizio untuk menyediakan berita dan bertukar informasi seputar sepak bola kepada para penggemar sepak bola di Twitter. Dari analisis tersebut, penelitian menemukan bahwa sebagai jurnalis, Fabrizio Romano telah menerapkan praktik konsep "honeycomb of social media," teori komunikasi massa, dan teori ekologi media, yang menunjukan praktik nyata jurnalis menggunakan media sosial sebagai forum komunikasi.
......The rapid movement of technology allures many people to use social media. Social media has become an indispensable tool for every user in the platform to exchange information or create conversations between users. Twitter, one of the popular online platforms that is now arising, has become a tool that journalists and news organizations use to disseminate news. An example is Fabrizio Romano, sports journalist who use Twitter as his main medium to share and provide news as well as information regarding football. The honeycomb of social media, a concept which consists of seven main elements that are identity, conversations, sharing, presence, reputation, relationships, and groups can be observed in Fabrizio Romano’s Twitter account. This study uses a number of selected tweets from Fabrizio Romano's Twitter account, screenshots of Instagram profile and podcast of Fabrizio Romano as data. This research analyzes how the utilization of Twitter helps Fabrizio provide and exchange news and information relating football to the football fans in Twitter. From the analysis, the research found that as a journalist, Fabrizio Romano has applied practices of the "honeycomb of social media" theory, as well as mass communication theory and media ecology theory, which makes the practice of being a journalist using social media as a communication forum visible in real terms.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library