Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amirah Syifa
"Indonesia menempati peringkat keempat dengan populasi terbanyak di dunia menurut laporan worldometers pada Desember 2020. Seiring meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, maka kebutuhan pokok manusia berupa rumah atau tempat tinggal juga meningkat. Dikutip dari Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) tahun 2021, backlog perumahan mencapai 8,2 juta dengan kenaikan backlog sekitar 500 ribu/tahun. Selain itu, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada akhir tahun 2020, dikatakan bahwa Backlog perumahan mencapai 7,64 juta unit per awal 2020. Oleh karena itu, pemerintah bekerja sama dengan Kementerian PUPR melaksanakan program yaitu “Proyek 1000 Menara” dengan membangun hunian vertikal berupa rumah susun jenis rusunawa atau rusunami. Dalam pelaksanaan pembangunannya, ditemukan beberapa kecelakaan konstruksi salah satunya pada proyek Rumah Susun Pasar Rumput. Salah satu pekerjaan yang memiliki aktivitas pekerjaan yang cukup banyak yaitu pekerjaan arsitektur sehingga diperlukan analisis lebih lanjut guna memitigasi kecelakaan konstruksi. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data, didapatkan bahwa terdapat 258 uraian aktivitas pekerjaan arsitektur proyek Rusunawa/Rusunami, serta 17 potensi bahaya faktor risiko sehingga dapat tersusun 70 sasaran dan program. Mengacu pada faktor risiko, terdapat 30 sub komponen sumber daya K2 yang secara umum digunakan untuk memitigasi kecelakaan konstruksi, khususnya pada pekerjaan arsitektur. Oleh karena itu, dapat juga tersusun perhitungan estimasi biaya K2 berdasarkan kuantitas/jumlah kebutuhan masing-masing sub komponen sumber daya K2.

Indonesia is ranked fourth with the largest population in the world according to the worldometers report in December 2020. As the population in Indonesia increases, the basic human needs in the form of housing also increase. Quoted from the Association of Indonesian Housing and Settlement Developers (Apersi) in 2021, the housing backlog reaches 8.2 million with an increase in the backlog of around 500 thousand / year. In addition, according to the Ministry of Public Works and Public Housing at the end of 2020, it is said that the housing backlog reached 7.64 million units as of early 2020. Therefore, the government is working with the Ministry of PUPR to implement the program, namely the "1000 Tower Project" by building vertical housing in the form of rental apartment of the type of Rusunawa or Rusunami. In the implementation of its construction, several construction accidents were found, one of which was in the Proyek Rumah Susun Pasar Rumput. One of the jobs that has quite a lot of work activities is architectural work so that further analysis is needed to mitigate construction accidents. Based on the results of data collection and analysis, it was found that there are 258 descriptions of architectural work activities for the Rusunawa/Rusunami project, as well as 17 potential hazard risk factors so that 70 targets and programs can be arranged. Referring to the risk factors, there are 30 sub-components of construction safety resources that are generally used to mitigate construction accidents, especially in architectural work. Therefore, it can also be arranged to calculate the estimated safety cost based on the quantity/number of needs of each sub-component of construction safety resources."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Ramadhan
"Biaya Keselamatan Konstruksi (K2) pada pekerjaan pembangunan jalan di Indonesia masih belum terdapat standar besaran volume dan biaya yang pasti. Komposisi volume pada komponen biaya penerapan SMKK yang terdapat pada proyek pembangunan jalan di Indonesia masih beragam, hal tersebut diperkuat dengan penelitian dengan objek pembangunan jalan yang menyatakan biaya penerapan SMKK pada proyek tersebut didominasi pada komponen gaji personil K2 dan asuransi, bukan pada komponen yang dapat mendorong tindakan preventif kecelakaan kerja (Susanti & Said, 2019). Penelitian menggunakan data sekunder yang berasal dari 3 objek sampel pembangunan jalan baru yang berada di daerah datar tanpa jembatan dan terowongan. Hasil evaluasi relevansi dan validitas objek sampel penelitian, dari 71 jenis pekerjaan yang direncanakan dalam WBS, hanya 68 jenis yang dianggap relevan untuk analisis lebih lanjut, yang dikelompokkan ke dalam tujuh rumpun utama guna identifikasi risiko dan bahaya. Validasi terhadap subkomponen biaya penerapan SMKK mengidentifikasi hanya 61 dari 120 subkomponen yang relevan untuk proyek pembangunan jalan. Setelah dihitung biaya penerapan SMKK pada objek sampel penelitian, didapatkan koefisien ideal sebesar untuk proyek pembangunan jalan 1,9114% dari nilai proyek. Koefisien ideal sembilan komponen biaya penerapan SMKK diidentifikasi berpotensi meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi, khususnya pada proyek pembangunan jalan

The Construction Safety Costs for road construction projects in Indonesia currently lack standardized measures for volume and fixed costs. The composition of cost components in the implementation of the Construction Safety and Health Management System (SMKK) for road construction projects in Indonesia varies significantly. This is supported by research on road construction projects indicating that SMKK implementation costs are dominated by personnel salary components for K2 and insurance, rather than components that promote preventive measures for workplace accidents (Susanti & Said, 2019). The study utilized secondary data from three samples of new road construction projects located in flat areas without bridges or tunnels. Based on the evaluation of the relevance and validity of the research samples, out of 71 types of work planned in the Work Breakdown Structure (WBS), only 68 types were considered relevant for further analysis, which were grouped into seven main clusters to identify risks and hazards. Validation of the subcomponents of SMKK implementation costs identified only 61 out of 120 subcomponents as relevant for road construction projects. After calculating the SMKK implementation costs for the research sample, an ideal coefficient of 1.9114% of the project value was determined for road construction projects. The ideal coefficient of nine cost components for SMKK implementation was identified as having the potential to improve construction safety performance, particularly for road construction projects."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library