Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Diantika Prameswara
Abstrak :
ABSTRAK Internet telah menjadi konsumsi semua orang. Penggunaannya mulai dari untuk sarana belajar (academic browsing) sampai sebagai hiburan (entertain browsing). FIK UI salah satu institusi yang mayoritas mahasiswanya aktif menggunakan internet, mulai dari mahasiswa angkatan 2008 sampai 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan academic browsing dengan penggunaan entertain browsing pada mahasiswa FIK UI, khususnya angkatan 2008 dan 2011. Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif. Terdapat 198 kuesioner lengkap dari 250 kuesioner yang disebar. Dalam penelitian ini rata-rata skor penggunaan academic browsing rendah sedangkan entertain browsing tinggi pada kedua angkatan. Peneliti menyarankan penggunaan academic browsing ditingkatkan dengan cara mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan jurnal internasional sebagai referensi dalam tugas.
ABSTRACT Internet has become everyone's consumption. Its used for facilities ranging from learning (academic browsing) to the entertainment (entertainment browsing). FIK UI is one of institution that the majority of students use the internet actively, from student class of 2008 to 2011. The purpose of research is to determine the ratio of the use academic browsing with browsing on entertain to FIK UI students, especially class 2008 and 2011. This study is descriptive comparative. There were 198 questionnaires of 250 questionnaires were distributed. In this research, the score average of the use of academic browsing was low whereas the use of entertainment was high in this two generation. Researcher recommend to raise the use of academic browsing by requiring students to use international journal as a reference in the assignment.
2012
S43397
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sitti Alvina
Abstrak :
Perkembangan teknologi terjadi dalam berbagai aspek, salah satunya aspek teknologi informasi dan komunikasi. Dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Internet merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan. Perangkat yang paling banyak digunakan untuk browsing internet adalah perangkat smartphone. Pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia terjadi beriringan dengan peningkatan pengguna aplikasi mobile. Dengan meningkatnya pengguna aplikasi ponsel di Indonesia, secara berturut-turut aplikasi yang banyak dimiliki pengguna ponsel pintar Indonesia adalah transportasi, referensi, peta atau navigasi, dan berita. Oleh karena itu diciptakan aplikasi berbasis Android yang dapat menampilkan informasi jadwal kereta dan posisi kereta rel listrik KRL serta laporan gangguan perjalanan secara real-time. Dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa tingkat kepuasan pelanggan kereta sangat dipengaruhi oleh keberhasilan operator kereta dalam memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi User Interface aplikasi mobile KRL Access dengan menggunakan pendekatan User Experience yaitu menggunakan performance metrics, self-reported metrics, behavioral metrics, dan issue-based metrics yang menilai kinerja, persepsi, perilaku, dan mengeluarkan apa yang dirasakan pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi serta mengetahui pengaruh pengalaman pada penggunaan aplikasi. Berdasarkan hasil evaluasi, ditemukan dalam dimensi Ease of Use, interface quality, dan satisfaction memiliki penilaian yang belum baik sehingga dilakukan perancangan ulang User Interface UI menggunakan prinsip-prinsip desain UI dan Activity Relationship Chart ARC . Hasil penelitian ini adalah penilaian user experience, rekomendasi, dan desain tampilan interface aplikasi KRL Access yang dapat meningkatkan satisfaction pengguna. ......The development of technology happens in various aspects, one of the aspects is information and communication technology. In the development of information and communication technology era, internet is a thing that can not be separated. The most widely used device for internet browsing is smartphone devices. Total of mobile phone users in Indonesia is growing simultaneously with mobile app users in Indonesia. Mobile application that are downloaded by many Indonesian smart phone users are transportation, references, maps or navigation, and news. Therefore an Android based app is created that can display train and schedule information. From previous research, the level of commuterline KRL passengers rsquo satisfaction is affected by the complete information that the train operation gives to its customers. The purpose of this study is for evaluating the User Interface of the KRL mobile application Access using the User Experience approach that uses performance metrics, self reported metrics, behavioral metrics, and issue based metrics that assess how perceived performance, perceptions, behaviors and user rsquo s impressions in interactions with the application. Based on the evaluation results, in the dimensions of Ease of Use, interface quality, and satisfaction was not good enough, so User Interface UI re design using UI design principles and Activity Relationship Chart ARC is done. The result of this research is user experience assessment, recommendation, and interface re design of Access KRL application that can increase user satisfaction.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66983
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library