Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yuyun Yulianti
"ABSTRAK
Tingginya angka penolakan pasien di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat yang
mencapai 300-400 pasien per tahun tidak sejalan dengan angka kinerja rumah
sakit pada tahun 2013. Penelitian bertujuan menggambarkan cetak biru pelayanan
pasien dalam mendapatkan pelayanan rawat inap dan menemukan titik potensi
perbaikan dengan pengamatan pada lima unit pelayanan yang terlibat. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik penelitian operasional. Hasil
penelitian yaitu diperolehnya desain cetak biru pelayanan pasien untuk pasien
rawat jalan atau instalasi gawat darurat yang memerlukan rawat inap, dan
penolakan pasien dapat dikurangi dengan menetapkan penggunaan instrumen
PANSS-EC untuk menilai status pasien.

ABSTRACT
The in-patient refusal number in West Java Province Psychiatric Hospital reach
300-400 patient per year, doesn’t go along with the hospital achievement number
in 2013. This research is aim at describing a Service-Blueprints for patient to
receive hospitalization services and investigate potential points for improvement
with various observations on five service units that are involve. This research is a
qualitative research with operational research technique. The results are a set of
service-blueprints design for outpatients or emergency patients, who needed
hospitalization, and establishing the use of PANSS-EC instrument as a tool for
determining the patient status can significantly lower patient refusal."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T41969
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Mira Candrawati
"Tidak sesuainya waktu tunggu rawat jalan di Poliklinik Spesialis RS Hermina Bogor dengan standar dapat mempengaruhi mutu unit dari sisi penyedia layanan, sedangkan dari sisi pasien akan menghambat proses pelayanan rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan usulan desain cetak biru layanan yang menggambarkan proses pelayanan rawat jalan pasien JKN, menganalisis titik-titik lamanya waktu tunggu rawat jalan, dan faktor-faktor penyebab lamanya waktu tunggu rawat jalan di Poliklinik Spesialis. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi (dari pasien datang mengambil nomor antrian hingga selesai mendapatkan obat atau tidak mendapatkan obat), telaah dokumen, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bottleneck paling besar yang menghambat proses pelayanan rawat jalan adalah saat pasien mengantre pendaftaran. Peneliti mengusulkan desain cetak biru layanan untuk pasien rawat jalan JKN sebagai upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan.

The incompatibility of outpatient waiting time at the Specialist Polyclinic of Hermina Bogor Hospital with standards, can affect the quality of the unit from the service provider side, while from the patient side it will delay the outpatient service process. This study aims to obtain a design of service blueprint that describes the outpatient care process of JKN patients, analyze the touchpoints of long outpatient waiting time, and the factors causing the long waiting time for outpatient care at Specialist Polyclinic. The design of this study used a qualitative approach with direct observation (from patients arrived at hospital to pick up the queue number until they finished getting the drug or not), document review, and in-depth interviews. The results of the study show that the biggest bottleneck that inhibits the outpatient service process is when patients queue for registration. The researcher proposed a service blueprint design for JKN outpatients as an improvement effort to improve service quality."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library