Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cheppy Haricahyono
Semarang: IKIP Semarang Press, 1995
370.114 CHE d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
JPK 16:3(2010 )edkkusus
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aryni Ayu Widiyawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganilisis guru dan pendidikan karakter sebagai dari Gerakan Nasional Revolusi Mental yang mengandung unsur pendidikan, pengembangan karakter, wawasan kebangsaan, dan etika. Guru sebagai tokoh sentral dalam pendidikan, selalu berhubungan dengan pembentukan pengembangan karakter. Pendidikan nasional berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan Karakter menurut Lickona merupana suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang intiter masuk nilai-nilai dalam tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik kepustakaan, pengamatan, praktik mengajar, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan pendidikan karakter sejatinya merujuk pada teori struktural fungsional Robert K. Merton sebuah struktur organis yang tak dapat dipisahkan antara anggota dan tubuhnya. Strategi untuk pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui: (1) memberikan model nyata, (2) menanamkan disiplin, (3) membentuk kebiasaan, (4) menciptakan atmosfer model nyata, (5) integrasi dan internalisasi di SMA Negeri 3 Jember.

This study aims to looks at character education which is a part of mental revolution which contains elements of education, character development, nationalism, and ethics. It also look at the teacher, who is the central figure in education and is always associated with the formation of character development. National education which is based on the Law on National Education (No. 20/ 2003) aims to develop the learners' potential and shape their character in order that they become individuals who are devotedly pious to God Almighty, healthy, proficient, knowledgeable, creative, independent, as well as to become responsible and democratic citizens. So that, eventually the learners can contribute to build a dignified civilization and nation. According to Lickona, character education is a deliberate attempt to help a person so as to understand, pay attention, and perform core ethical values, including values in national education. The data of this qualitative research were drawn from library research, observation, practice teaching, and in-depth interviews with related respondents. The results of this study indicate that the relation between teachers and character education refers to the functional structural theory of Robert K. Merton. His theory indicates that members and the body cannot be separated. Strategies to implement character education can be executed through: (I) providing a real model, (2) inculcating discipline, (3) establishing conducive atmosphere, (5) integrating and internalizing."
Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017
400 JANTRA 12:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: LPPM Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya,
300 JPUKIA
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Megawati
Depok: Indonesia Heritage Foundation, 2011
370.114 RAT m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Megawati
Depok: Indonesia Heritage Foundation, 2011
370.114 RAT n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Megawati
Depok: Indonesia Heritage Foundation, 2011
370.114 RAT n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hafiez Sofyani
"The purpose of this study is to examine the influence of the religious character education, supervisor
authority to cheat and the interaction of these factors toward unethical behavior of accountants in
financial reporting. This study used experiment approach i.e. 2x2 factorial between subjects. These
results reveal that when there is a superior authority to cheat, the subject will tend to cheat in making
financial statements (unethical). Furthermore, subjects who received religious character education
will tend to behave ethically in making financial reports. The results also indicate that the religious
character education has ability to mitigate the urge to do unethical wich arise from authority of
superiors to cheat factors.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendidikan karakter keagamaan dan
otoritas atasan untuk berbuat curang serta interaksi dari kedua faktor tersebut terhadap perilaku tidak
etis akuntan dalam pelaporan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen 2x2
faktorial antar subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika terdapat otoritas atasan untuk
berbuat curang, maka subjek akan cenderung untuk curang dalam pembuatan laporan keuangan
(berlaku tidak etis). Selanjutnya, subjek yang mendapatkan pendidikan karakter keagamaan akan
cenderung berperilaku etis dalam pembuatan laporan keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa pendidikan karakter keagamaan memiliki kemampuan untuk memitigasi adanya dorongan
untuk berbuat tidak etis yang muncul dari faktor otoritas atasan untuk berbuat curang. "
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2015
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Riah Sunayah
"Pemerintah Indonesia mulai memperhatikan Pendidikan Anak Usia Dini secara serius sejak tahun 2003. Hal ini menyebabkan semakin menjamurnya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Masyarakat Indonesia khususnya keluarga muslim menyekolahkan anak-anak mereka ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD yang berciri keagamaan Islam. Skripsi ini memberikan gambaran mengenai pendidikan karakter bagi anak usia dini. Studi ini melihat adanya agen sosial yang berperan penting, yaitu guru dan orangtua. Penelitian ini berlokasi di sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposif sampel. Penelitian ini dilakukan terhadap individu-individu yang terdapat di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah diantaranya kepala sekolah, guru, dan orangtua anak didik lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat macam-macam nilai karakter yang ditanamkan kepada anak usia dini di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah. Namun, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah lebih memfokuskan pada 3 nilai karakter diantaranya karakter religius, nasionalisme, dan hormat. Cara penanaman nilai-nilai karakter yaitu dengan modelling atau peneladanan kepada anak usia dini yang dilakukan oleh guru baik didalam kelas maupun diluar kelas. Kelemahan atau hambatan yang dialami yaitu penanaman nilai-nilai karakter telah baik dalam tahap perencanaan dan implementasi, namun kurang baik dalam tahap evaluasi. Upaya yang dilakukan oleh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Darul Himmah adalah guru menanamkan nilai-nilai karakter menggunakan panduan tambahan yang dibuat oleh kepala sekolah.

The Government of Indonesia has begun to pay attention to Early Childhood Education seriously since 2003. This has led to the proliferation of Early Childhood Education. Indonesian people, especially Muslim families, send their children to Early Childhood Education, which is characterized by Islamic religion. This thesis provides an overview of character education for early childhood. This study sees the presence of important social agents, teachers and parents. This research is located in an institution of Early Childhood Education Darul Himmah, District Bojongsari, Depok City. This research uses qualitative method with case study approach. Data collection is done through in depth intervews, observation, and documentation. The selection of informants was done puposively. This study was conducted on individuals in the Early Childhood Education Darul Himmah, including the headmaster, teachers, and parents of children of Early Childhood Education Darul Himmah.
The results of this study indicate there are various character values implanted to early childhood in Early Childhood Education PAUD Darul Himmah. However, the institution of Early Childhood Education PAUD Darul Himmah focuses more on 3 values of character such as religious character, nationalism, and respect. How to cultivate the character values that is by modeling or peneladanan to early childhood conducted by teachers both in the classroom and outside the classroom. The weaknesses or obstacles that are experienced are the planting of character values has been well in the planning and implementation phase, but less good in the evaluation phase. The effort undertaken by Darul Himmah 39 s Early Childhood Education PAUD institution is that teachers instill character values using additional guidance made by the principal.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>