Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Toelibere, Carmelita Katherina Lucia
"Penelitian ini menggambarkan penerapan program Intervensi Dini terhadap Kelompok Ibu Peduli yang mempunyai anak berusia 3 hingga 6 tahun dalam memenuhi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak sehingga anakanak siap untuk belajar dan siap untuk sekolah ketika mereka memasuki dunia sekolah dasar. Dunia sekolah bersifat formal dan sangat berbeda dengan lingkungan rumah yang selama ini dikenal oleh anak-anak.
Program Intervensi Sosial ini dilakukan di RT 04 Bawah, Desa Ciheuleut - Bogor yang rnerupakan salah satu pemukiman miskin di perkotaan. Pelaksanaan program intervensi sosial dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah membentuk Kelompok Ibu Peduli yang akan dijadikan sebagai agen pengubah dan diharapkan dapat menjadi contoh atau model bagi tetanggatetangga mereka. Tahap kedua adalah pemberian informasi, keterampilan dan mempraktekan keterampilan yang didapat kepada anak-anak mereka dengan memberikan stimulasi-stimulasi yang dibutuhkan bagi perkembangan dan pertumbuhan anak usia 3 hingga 6 tahun. Adapun bentuk pelaksanaan program intervensi sosial berupa pelatihan. Setelah program inti intervensi dilakukan kelompok ibu mempraktekan apa yang telah didapat dalam pelatihan. Sehingga diharapkan anak-anak mereka akan siap untuk sekolah dan siap belajar ketika mereka akan memasuki dunia sekolah formal atau sekolah dasar.
Berdasarkan Teori Belajar Sosial dan Bandura maka materi yang diberikan sebagai strategi intervensi sosial adalah observational learning dan modeling serta 3 faktor yang menentukan manusia untuk berperilaku yaitu Cognitive Factors, Behavioral Factors dan Environmental Factors. Ketika pemberian materi selesai dilakukan maka digunakan metode feedback sebagai alat pengingat bagi para peserta untuk kembali berperilaku sesuai dengan informasi dan keterampilan yang telah diberikan pada saat pelatihan.
Dari hasil post test yang menggunakan Home Observation for Measurements of the Environments (HOME) Inventory for Families of Preschoolers (3 to 6 Years) menunjukkan perubahan. Kelompok Ibu Peduli sudah mampu memberikan beberapa rangsangan yang dibutuhkan oleh anak-anak usia dini (3 hingga 6 tahun) seperti mulai mengajarkan anak untuk mengenal warna, bentuk, huruf dan angka melalui permainan yang dibuat sendiri. Mereka juga sudah mulai untuk mengikutsertakan anak dalam rutinitas ibu seperti membantu mencuci piring, membersihkan rumah dan lain-lain. Mereka juga sudah mulai mengatur satu saat untuk anak dapat makan bersama ayah, ibu, kakak atau adik. Namun, untuk memenuhi segala item yang ada dalam inventori ini agak sulit. Kelompok Ibu Peduli memiliki keterbatasan dana untuk misalnya merenovasi rumah agar memenuhi kriteria rumah ideal untuk lingkungan anak bermain dengan aman dan nyaman. Mereka juga belum menganggap perlu berlangganan koran atau majalah setiap bulan.
Dari hasil evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan program intervensi menghasilkan terpilihnya 4 pemimpin kelompok dan satu bendahara. Selain itu para anggota Kelompok Ibu Peduli berkeinginan untuk tetap mengadakan kegiatan-kegiatan lanjutan berkenaan dengan anak dan keluarga."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T18730
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roma Tao Toba Muara Ria
"Tujuan penelitian mendapatkan gambaran pengalaman ibu merawat anak autistik dalam memasuki masa remaja di Jakarta menggunakan fenomenologi deskriptif. Partisipan adalah enam ibu diperoleh melalui purposive sampling. Hasil rekaman wawancara dan catatan lapangan yang dianalisis menggunakan teknik Collaizi. Hasil penelitian adalah 9 tema: menolak/berduka dan menerima, peran informal ibu, upaya perawatan anak autistik, perubahan perilaku anak autistik memasuki masa remaja dimulai pada usia 7-10 tahun, sumber dukungan yang digunakan ibu, sumber hambatan, bentuk sikap dan tindakan ibu, serta kemandirian dalam kehidupan. Perawat komunitas diharapkan memanfaatkan hasil dengan pemberian konseling pada klien dan keluarga dengan anak autistik sesuai dengan tumbuh kembang keluarga.

This study aims to explore mothers? experience in caring autistic child in entering the puberty. Descriptive phenomenological design was applied. Participants were six mothers selected through purposive sampling. The recorded interviews and field notes analyzed using Collaizi technique. The revealed nine themes: response of refused/grieving and accepting, informal roles of mother, efforts of caring, changing behavior when the autistic children reach puberty period starting around 7 to 10 years old, source of support, obstacles of care, mother's attitude and reaction, child independence. Nurses are expected to able in providing counseling to families with autistic children in accordance to family development."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library