Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yusup Irawan
Jayapura: Kibas Cenderawasih, 2018
JIKK 15:1 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rainy Elmira Monalisa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana terjadinya konstruksi citra milenial pasangan penantang Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada khalayak milenial followers akun Gerakan Milenial Indonesia dalam kampanye politik di media sosial Instagram. Obyek penelitian ini adalah sejumlah followers akun Instagram GMI @gerakanmilenialindonesia dengan latar belakang sosial budaya dan preferensi politik yang berbeda-beda pada Pemilu 2014. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, studi literatur, dan juga wawancara mendalam.  Hasil penelitian ini memperlihatkan bagaimana sejumlah followers tersebut terkonstruksi oleh citra milenial pasangan penantang  Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Citra milenial yang tidak hanya berarti terikat pada batasan usia identitas milenial, tetapi menyangkut juga hal-hal lain seperti penampilan fisik yang masih terlihat muda, dengan segala atribut yang biasa digunakan oleh anak muda, kemudian nilai-nilai sosial budaya dan perilaku mencerminkan milenial yang biasa dilakukan oleh milenial seperti berolahraga, aktif dalam media sosial, serta yang paling penting adalah janji politik dalam visi misi pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam mengembangkan potensi milenial.

This study aims to see how the construction of the millennial image of the challenger couples Prabowo Subianto and Sandiaga Uno to the millennial audience followers of the Indonesian Millennial Movement in political campaigns on Instagram social media. The object of this research is number of followers of the GMI Instagram account gerakanmilenialindonesia, with different socio-cultural backgrounds and political preferences in the 2014 election. The approach taken in this study is a qualitative approach with a case study research strategy. Data collection techniques are obtained through observation, literature study, and in-depth interviews. The results of this study show how a number of these followers were constructed by the millennial image of the challenger couples Prabowo Subianto and Sandiaga Uno. Millennial image that does not only mean being bound by the age limit of millennial identity, but also concerning other things such as physical appearance that still looks young, with all attributes commonly used by young people, then socio-cultural values and behavior reflect ordinary millennial conducted by millennials such as exercising, being active in social media, and the most important is political promises in the vision and mission of the pair Prabowo Subianto and Sandiaga Uno in developing the millennial potential."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T54181
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Asda Al Islami
"Penelitian ini menganalisis bagaimana penggunaan efektif media sosial, khususnya TikTok, oleh Prabowo-Gibran dalam pemilu 2024 membangun citra politik mereka melalui konten yang menarik dan menghibur. Menekankan peran platform media sosial dalam membentuk persepsi politik dan memobilisasi opini publik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengacu pada teori political spectacle yang dikemukakan oleh Murray Edelman untuk mendukung analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana media sosial Tiktok memengaruhi citra politik terhadap Prabowo-Gibran serta strategi komunikasi politik yang digunakan untuk membangun citra politik mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konten-konten trivial memiliki pengaruh terhadap citra politik serta strategi komunikasi politik Prabowo-Gibran yang ditunjukkan melalui jumlah Likes, Comments, dan Shares yang secara signifikan lebih banyak dibandingkan konten substantif.

This research analyzes how the effective use of social media, particularly TikTok, by PrabowoGibran in the 2024 election builds their political image through engaging and entertaining content. It emphasizes the role of social media platforms in shaping political perceptions and mobilizing public opinion. In this study, the researcher used a descriptive qualitative approach by referring to the political spectacle theory proposed by Murray Edelman to support the analysis. The purpose of this research is to understand how Tiktok social media influences the political image of Prabowo-Gibran and the political communication strategies used to build their political image. This research shows that the use of trivial content has an influence on Prabowo-Gibran's political image and political communication strategy as shown through the number of Likes, Comments, and Shares that are significantly more than substantive content."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library