Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Mita Widawati
"Bahasa Mandarin menggunakan karakter Han sebagai sistem aksaranya. Ketika mempelajari karakter Han sering dijumpai adanya homografi. Homografi adalah dua karakter yang memiliki bentuk sama tetapi berbeda makna. Salah satu kata yang berhomografi adalah 着. 着 memiliki beberapa pelafalan dan makna. Secara gramatikal, karakter homografi着 dapat dilafalkan dengan dua cara, yaitu zhe dan zháo. Karakter 着 yang dilafalkan zhe berfungsi sebagai pemarkah aspek, sedangkan karakter 着 yang dilafalkan zháo berfungsi sebagai pelengkap hasil. Dalam sebuah kalimat karakter着 ini memiliki kesamaan posisi, yaitu terletak mengikuti verba. Hal inilah yang sering kali membuat pembelajar kesulitan membedakan fungsi sehingga salah saat melafalkan. Penelitian ini membahas karakter 着dengan fungsi sebagai aspek dan pelengkap. Sumber data yang digunakan dalam tugas akhir ini diperoleh dari buku ajar terjemahan汉语阅读速成Hànyǔ Yuèdú Sùchéng dan beberapa artikel daring, berupa kalimat yang mengandung karakter 着. Data kemudian dianalisis berdasarkan karakteristik fungsi dan konteksnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh adalah memperkenalkan dua fungsi karakter homografi 着sebagai aspek dan pelengkap dan membantu pembelajar dalam membedakan fungsi.
Mandarin uses the Han character as its script system. When studying the Han character, homography is often found. The homography itself is two characters that have the same form but different meanings. One of the words that have a homograph is 着.着 has some pronunciations and meanings. Grammatically, the homographic character 着 can be pronounced in two ways, namely zhe and zháo. The character 着 pronounced zhe as an aspect marker, while the character 着 pronounced zháo as a complement of the results. In the sentence, the character 着 has the same position, which is located following the verb. This often makes the students difficult to distinguish the appropriate functions in reciting. This study discusses the character 着 with functions as aspect and complement. The data source used in this final assignment is the sentence was obtained from the textbook translation汉语 阅读 速成 Hànyǔ Yuèdú Sùchéng and several online text. Data analysis is then performed based on the characteristics of the function and its context. The method used in this research is a descriptive qualitative method. The results of the analysis obtained are introducing two homographic character functions as aspect and complement and helping learners differentiate functions."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Haningtyas Prenggulu Putri
"Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dan ekstremisme yang menyebabkan berkembangnya teori seperti extremism theory yang mengasumsikan bahwa fleksibilitas kognitif berkorelasi secara negatif dengan ekstremisme. Namun, di sisi lain context theory mengasumsikan bahwa fleksibilitas kognitif berkorelasi secara positif dengan ekstremisme. Selain itu, terdapat pula teori rigidity of the right yang menyatakan bahwa fleksibilitas kognitif berkorelasi dengan ekstremisme pada ekstrem kanan. Namun teori tersebut disanggah oleh ideological extremity theory yang menyatakan bahwa fleksibilitas kognitif berkorelasi dengan ekstremisme pada kedua kutub. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas kognitif dan ekstremisme di tiga dimensi (sosial, religius, dan ekonomi) pada kelompok usia muda di Indonesia. Terdapat 158 partisipan yang terdiri dari 120 perempuan dan 38 laki-laki berusia 17-24 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara fleksibilitas kognitif dan ekstremisme dimensi sosial. Korelasi yang tidak signifikan ditemukan pada korelasi antara fleksibilitas kognitif dan ekstremisme pada dimensi religius dan ekonomi.
Various studies have been conducted to determine the relation between flexibility and extremism which has led to the development of theories such as the theory of extremism which assumes that flexibility is negatively correlated with extremism. On the other hand, context theory assumes that cognitive flexibility is positively correlated with extremism. In addition, there is also the theory of rigidity of the right which states that cognitive flexibility is correlated with extremism at the extreme right. However, this theory is refuted by the ideological extremity theory which states that cognitive flexibility is correlated with extremism at both poles. This study aims to determine the relationship between cognitive flexibility and extremism in three dimensions (social, religious, and economic) in youth in Indonesia. There were 158 participants consisting of 120 women and 38 men aged 17-24 years. The results of the analysis show that there is a positive and significant correlation between flexibility and extremism in the social dimensions. No significant correlation was found in the correlation between cognitive flexibility and extremism on the dimensions of religious and economy."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library