Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nada Alfani
"Koordinasi manfaat adalah suatu proses dimana dua atau lebih penanggung, yang menanggung orang yang sama untuk benefit asuransi kesehatan yang sama, membatasi total benefit dalam jumlah tertentu agar tidak ada cakupan ganda atau klaim melebihi biaya layanan kesehatan. Koordinasi manfaat merupakan salah satu cara agar badan usaha dapat mendaftar BPJS Kesehatan tanpa kehilangan manfaat dari asuransi komersial. Selain itu, dengan koordinasi manfaat iuran JKN yang harus dibayar karyawan otomatis dibayarkan oleh perusahaan. Hal ini dapat mengurangi risiko peserta menunggak iuran ke BPJS Kesehatan. penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan program COB pada karyawan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI)  pada Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Sumber data dari penelitian ini merupakan data primer yang didapat dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden karyawan tetap FKM UI yang diasuransikan oleh fakultas. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan signifikan dengan keikutsertaan COB adalah pengetahuan (P value = 0,004 ; OR = 8,130), pendapatan (P value = 0,016; OR= 1), pendidikan (P value = 0,014; OR= 1), keterpaparan informasi (P value = 0,004; OR= 8,914), persepsi risiko sakit (P value = 0,040; OR= 3,949), dan kegunaan COB (P value = 0,001; OR= 9,333).

Coordination of Benefits is the process which of two or more insurer covering the same member for the same insurance benefits, limiting the total of benefits intended to prevent the duplication of benefits (coverage) or reimburse for more than the healthcare service cost. Its one of the ways for business entity to be a member of BPJS Kesehatan without losing the benefits from commercial insurance. Furthermore, in coordination of benefits the premium of JKN is automatically paid by the company to insurer (commercial insurance). This could prevent from member arrears the premium payment of JKN. This study aims to determine factors associated with the participation of coordination of benefit program in staff of Faculty of Public Health University of Indonesia 2019. Type of this study is quantitative research with cross-sectional design. Source of data for this study is primary data obtained by spreading questionnaire to respondents. Sample used in this study is 70 respondents, staff of FKM UI. The result of multivariate analysis shows factors associated with the participation of COB are knowledge (P value = 0,004 ; OR= 8,130), income (P value = 0,016 ; OR= 1), education (P value = 0,014; OR = 1), exposure of information (P value = 0,004; OR = 8,914), perception of health risk (P value = 0,040 ; OR = 3,949), dan usablity COB (P value = 0,001 ; OR = 9,333)."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christanti Triradiani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerjasama pelayanan kesehatan dengan perusahaan pelanggan di RSPI Pondok Indah pada era Jaminan Kesehatan Nasional. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis konten melalui wawancara mendalam dan telaah dokumen terhadap delapan narasumber perusahaan pelanggan, satu orang perwakilan BPJS Kesehatan, dan dua orang dari RSPI Pondok Indah. Dari hasil penelitian didapatkan bentuk pola kerjasama koordinasi manfaat antara RSPI Pondok Indah , perusahaan pelanggan dan BPJS dalam era Jaminan Kesehatan Nasional . Koordinasi manfaat ini dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk memperoleh kenyamanan dan layanan kesehatan yang lebih tinggi dari hak nya sebagai peserta BPJS Kesehatan.

This research aims to find out form of relationship networking pattern between RSPI Pondok Indah and its corporate customers in universal coverage era. Research employs qualitative method using content analysis through in depth-interviews and paperworks review to eigth corporate customers, BPJS?s representative, and two executives from RSPI Pondok Indah. Research finding discovers suitable format of relationship networking between RSPI Pondok Indah, corporate customers, and BPJS named as coordination of benefits. Further more, this format able to fulfill the needs of community to gain higher health care services than their rights as members of BPJS and more comfort."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas indonesia, 2014
T41682
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library