Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rima Astari
"Dunia bisnis baik jasa maupun manufaktur tak henti-hentinya berkompetisi untuk membuat pelanggannya tetap setia pada produknya dan tidak berpaling ke produk lain. Salah satu kiat yang diyakini oleh pemasar untuk meraih hal itu tak lain dengan mencipkan sistem pelayanan yang selalu mengarah kepada customer satisfaction (kepuasan pelanggan). Kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi pelanggan atas performance produk atau jasa dalam memenuhi harapan pelanggan. [1].
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor (atribut) apa saja yang mempengaruhi pilihan pelanggan terhadap penggunaan layanan komunikasi data. Bagaimana profil persaingan yang terjadi diantara berbagai provider yang ada dipasaran pada saat ini sehingga dapat diketahui siapa pesaing utama dari PT Telkom Divisi Multimedia. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Correspondence Analysis [12].
Quadrant Analysis digunakan untuk mengetahui kinerja dari masing-masing atribut layanan untuk setiap provider dan juga dapat diketahui tingkat kepentingan suatu atribut dalam sebuah layanan [7]. Informasi ini digunakan untuk menentukan strategi apa yang perlu diambil guna meningkatkan kinerja produk, sehingga memiliki daya saing di pasar.
Dari hasil correspondence analysis didapat bahwa provider pesaing yang memiliki strategi dan persaingan yang paling dekat dengan PT Telkom adalah PT Aplikanusa Lintasarta, sedangkan dari hasil quadrant analysis didapat delapan dari 24 atribut yang masuk kedalam kuadran 2, dimana kinerjanya masih dibawah rata-rata sedangkan tingkat kepentingannya diatas rata-rata sehingga perlu dilakukan perbaikan.

The world of business either service nor manufacture never stop to compete to make their customer keep loyal to their products and not turning to other product. One of the things that is believed by the marketer to achieve that is nothing else except to create a satisfying system that oriented in customer satisfaction. Customer satisfaction is determine by the customer perception of the product or service performance in fulfilling the customer hope [1].
This research is to find the factors (atributes) which influence the customer choice of using the data communication services. Also to find how is the competitive profile that happen between each providers in the market nowadays so it can be define who is the main competitors of PT Telkom division Multimedia. This research is done using Correspondence Analysis technique [12].
Quadrant Analysis is use to know the performance between each satisfaction atribute for each provider and also it can be use to know the level of importance of an atribute in a service [7]. This information is use to determine the strategy that need to be taken to improve the performance of the product, so it will have a competitive power in the market.
From the result of correspondence analysis, it can be conclude that competitor provider which has the closest in strategy and competing with PT Telkom is PT Aplikanusa Lintasarta, And from the result of quadrant analysis there are 8 from 24 atributes which enter in quadrant 2, where the performance still under average while the level of importance is above average so it needs to be improve."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T24386
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Adhiawati
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik
mahasiswa atau karyawan sebagai pengguna telekomunikasi, mengetahui
pemanfaatan telekomunikasi serta melihat persebaran telekomunikasi di
Depok. Data penelitian merupakan data primer tahun 2009 yang diambil
secara sembarang. Metode Multiple Correspondence Analysis digunakan
untuk menemukan karakteristik mahasiswa atau karyawan sebagai pengguna
telekomunikasi. Selanjutnya dilakukan pemetaan pemanfaatan alat
telekomunikasi serta pemetaan proposi kepemilikan alat telekomunikasi
untuk melihat persebaran telekomunikasi di Depok. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan karakteristik antara
mahasiswa dan karyawan sebagai pengguna telekomunikasi, pemanfaatan
telekomunikasi sebagai suatu alat untuk berhubungan dengan kerabat, dan
pengembangan telekomunikasi yang belum merata di kota Depok.
Kata kunci : telekomunikasi, karakteristik, pemanfaatan, persebaran, Multiple
Correspondence Analysis, pemetaan
vii + 97 hlm.; lamp."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S27711
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Choirul Basir
"ABSTRAK
Analisis korespondensi adalah analisis untuk melihat hubungan antara dua variabel nominal dalam bentuk grafik pada jarak multidimensi, analisis ini menghitung nilai-nilai pada baris dan kolom dan menghasilkan grafik berdasarkan nilai tersebut sehingga kategori-kategori yang agak serupa akan saling berdekatan jaraknya. Hotspot adalah suatu area yang memiliki kondisi yang berbeda, tidak biasa, menyimpang, daerah yang intensitasnya tinggi dibandingkan dengan daerah disekitarnya. Kota Depok sebagai kota penyangga ibukota yang perkembangannya semakin pesat, diharapkan mampu menyiapkan sumber daya manusia yang lebih baik. Untuk melihat kualitas sumber daya manusia dapat bergantung pada kualitas tingkat kesehatan suatu daerah tersebut, sehingga perlu dilakukan pendeteksian hotspot tingkat kesehatan pada area puskesmas. Variabel tingkat kesehatan yang dipilih antara lain: jumlah bayi dengan berat lahir rendah, balita penderita gizi buruk, kematian balita, kematian ibu bersalin, kelahiran tanpa pertolongan tenaga kesehatan, bayi tanpa penanganan kesehatan, dan bayi tanpa imunisasi dasar. Sebelum melakukan pendeteksian hotspot,dilakukan terlebih dahulu analisis korespondensi untuk melihat hubungan antara area puskesmas dengan tingkat kesehatan. Metode analisis korepondensi memberikan hasil bahwa terdapat hubungan antara area puskesmas dan variabel tingkat kesehatan. Selanjutnya dilakukan pendeteksian hotspot, hasil pendeteksian hotspot menggunakan software SatScan ditampilkan dalam peta menggunakan software R menunjukkan bahwa hotspot area puskesmas secara keseluruhan cenderung berada di bagian tengah dan timur Kota Depok. Hasil pendeteksian hotspot dapat dijadikan bahan masukan untuk instansi pemerintahan untuk melakukan tindakan penanggulangan dan pencegahan sehingga tingkat kesehatan yang rendah dapat diminimalisir dan tercipta masyarakat Kota Depok dengan tingkat kesehatan meningkat yang akan berimbas pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

ABSTRACT
Correspondence analysis is used to analyze the relationship between two nominal variables through graphs on multidimensional distance. This method calculates the value of the rows and columns and generate charts based on those values so that each category each variable will related each other based on the distance. Hotspot is an area which has different conditions, unusual, deviant, an elevated area compared with the surrounding area. Depok city as a capital buffer cities whose development is rapidly increasing, is expected to prepare a human resources better. The quality of human resources may depend on the quality of the soundness of the area, so that are hotspot detection was applied on the data of health centers. Variables in this study the number of babies with low birth weight, infant malnutrition, infant mortality, maternal mortality, birth without the help of health professionals, health care baby without the baby, and the baby without basic immunization. Before apply hotspot detection, correspondence analysis were done first to see the relationship between the area health centers and health level. The result of correspondence analysis showed the relationship between the area health centers and health level variables, mostly they have similar characteristics. Furthermore, the result of hotspot detection using SaTScan software, displayed in a map by resource software R. Based on the map the overall hotspot area tend located in the central and eastern parts of Depok. Hotspot detection results can be used as the support to the government agencies in making the decision to reduce and prevention low levels of health areas create Depok City with rise health level community an finally impact on improving the quality of human resources."
2017
T47221
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Saputra
"Penelitian skripsi ini menggunakan data sekunder berupa data nasabah dari sepuluh bank, yaitu: Mandiri, Permata, BII, BNI, BRI, OCBC NISP, CIMB Niaga, Danamon, BCA dan BTN. Penelitian dilakukan untuk mencari pesaing BNI berdasarkan customer attachment (CA) dan berdasarkan kepuasan atas pengalaman perbankan (kepuasan). Kedua hal tersebut merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap bank untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah agar nasabah tetap terus menggunakan bank terkait. Setelah itu, mengevaluasi BNI yang ditinjau dari CA (terhadap bank – bank yang bersaing dalam hal CA), dan kepuasan dalam menggunakan layanan ATM dan kantor cabang (terhadap bank – bank yang bersaing dalam hal kepuasan). Analisis yang digunakan untuk keperluan tersebut adalah analisis korespondensi dilanjutkan dengan uji Kruskal – Wallis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kepuasan menggunakan ATM dan kantor cabang dari nasabah Bank Permata berbeda signifikan dengan BNI dan lebih baik dibandingkan dengan BNI. BNI perlu untuk meningkatkan pelayanan terhadap kedua layanan tersebut karena kedua layanan itulah yang paling sering digunakan oleh para nasabah. Setelah itu, faktor demografi yang berhubungan signifikan antara nasabah BNI dan Bank Permata adalah usia dan pengeluaran rutin per bulan dari nasabah. Maka kedua faktor tersebut perlu dipertimbangan oleh BNI dalam melakukan evaluasi sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada nasabahnya.
This research using secondary data that is customer data from ten banks, namely: Mandiri, Permata, BII, BNI, BRI, OCBC NISP, CIMB Niaga, Danamon, BCA and BTN. The study was conducted to find a competitor of BNI is based on the customer attachment (CA) and based on the experience of banking satisfaction (satisfaction). Both of these are things that need to be considered by each bank to maintain a good relationship with the customers so that customers continue to use the relevant bank. After that, the BNI evaluate in terms of CA (against the banks that compete in CA), and satisfaction in using the services of ATMs and branches (for banks that compete in terms of satisfaction). The analysis used for this purpose is a correspondence analysis followed by Kruskal - Wallis. The results obtained showed that the satisfaction of using an ATM and branch offices of Bank Permata differ significantly from the BNI and better than the BNI. BNI need to improve the service both of these services because both services that are most frequently used by the customer. After that, the demographic factors that associated significantly between BNI and Bank Permata customer's are age and routine expenses per month from customers. So these two factors need to be considered by the BNI serve targeted in an effort to evaluate the repair and improvement services to its customers."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arga Hananto
"The use of post-purchase online consumer review in hotel attributes study was still scarce in
the literature. Arguably, post purchase online review data would gain more accurate attributes that
consumers actually consider in their purchase decision. This study aims to extract attributes from two
samples of five-star hotel reviews (Jakarta and Singapore) with text mining methodology. In addition,
this study also aims to describe positioning of five-star hotels in Jakarta and Singapore based on
the extracted attributes using Correspondence Analysis. This study finds that reviewers of five star
hotels in both cities mentioned similar attributes such as service, staff, club, location, pool and food.
Attributes derived from text mining seem to be viable input to build fairly accurate positioning map
of hotels. This study has demonstrated the viability of online review as a source of data for hotel
attribute and positioning studies."
Management Research Center (MRC) Department of Management, Faculty of Economics, University of Indonesia and Philip Kotler Center,
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amylia Trisiana
"

Permintaan konsumen pada produk pengharum ruangan kini semakin meningkat terutama di kota besar seperti Jakarta. Pengharum ruangan tidak hanya digunakan di gedung-gedung tinggi seperti perkantoran dan rumah sakit, pengharum ruangan juga digunakan di rumah-rumah. Terdapat berbagai jenis aroma pengharum ruangan yang dijual di pasar. Konsumen tentunya memiliki selera tersendiri pada aroma pengharum ruangan. Penelitian ini dilakukan untuk menguji tiga produk pengharum ruangan yang diproduksi oleh Perusahaan K. Tiga produk yang diujikan masing-masing beraroma inspiring nature (XXX), green tea (YYY) dan cheerful blossom (ZZZ). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi tingkat wangi dan tingkat segar pada tiga jenis aroma produk pengharum ruangan yang berbeda, kesukaan serta minat beli konsumen pada produk XXX, YYY dan ZZZ, dan profil minat beli konsumen pada setiap produk berdasarkan kewangian, kesegaran, usia dan status sosial ekonomi. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari salah satu perusahaan marketing research (Pixel Research). Sebanyak 100 responden pengguna pengharum ruangan berpartisipasi dalam penelitian. Responden dipilih dengan metode purposive sampling. Metode analisis data meliputi analisis korespondensi, uji independensi Chi-square atau crosstab, dan classification and regression tree (CRT). Diperoleh hasil bahwa produk XXX cenderung memiliki wangi lemah dan segar lemah, produk YYY memiliki wangi netral dan produk ZZZ memiliki wangi kuat dan segar kuat. Terdapat hubungan antara kesukaan serta minat beli konsumen dengan produk, konsumen cenderung mempunyai kesukaan tinggi dan minat beli tinggi pada produk YYY dan ZZZ sedangkan konsumen mempunyai kesukaan sedang dan minat beli rendah pada produk XXX. Selain itu, didapatkan bahwa variabel yang paling mempengaruhi minat beli konsumen pada produk XXX secara berturut-turut yaitu kewangian, kesegaran, dan usia konsumen sedangkan variabel yang mempengaruhi minat beli konsumen pada produk YYY dan ZZZ adalah kesegaran.


Consumer's demand of room fragrance has increased nowadays especially in big cities, like Jakarta. Room fragrance is not only used in tall buildings, like office and hospital, but also in resident houses. There are many kinds of room fragrance aroma which is being sold in the market. Consumers have their own preference of fragrance aroma. This research is done to test three room fragrance products of Company K. These three products have different aroma, which are inspiring nature (XXX), green tea (YYY), and cheerful blossom (ZZZ). Main goals of this research are to identify fragrancy and freshness level of the three products, consumer's liking and purchase intention of products XXX, YYY, and ZZZ, and finally to profile consumer's purchase intention of every product based on fragrancy, freshness, age, and socioeconomic status. Data used in this research is gathered from one of market research company, Pixel Research. A hundred of fragrance product consumers participated in the research. Respondents were chosen by purposive sampling method. Data analysis methods, which are used in this research, include correspondence analysis, chi-square independence test (crosstab), and lastly classification and regression tree (CRT). Results implied are that XXX tends to have weak fragrancy and freshness, YYY has neutral fragrancy, and ZZZ has strong fragrancy and freshness. There is a relation between liking and purchase intention, consumers tend to have high liking and purchase intention of YYY and ZZZ, while they have average liking and low purchase intention. Furthermore, it is concluded that the most influential variables to purchase intention of XXX are consecutively fragrancy, freshness, and age, while variable which influence purchase intention of YYY and ZZZ is freshness.

 

"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigit Pramono
"The homogeneity of services offered by airlines contributes toward fierce competition among them. Airlines need to make different services, thus providing a competitive advantage for the airline. Online review websites provide a great opportunity for customers to write reviews in evaluating products or services online. Airlines could strategically use online reviews to achieve competitive advantages by extracting insights regarding service attributes contained in the reviews. The aims of the research are to extract service attributes from online reviews, calculate customer sentiment, and to infer positioning of airlines in Indonesia based on service attributes mentioned in reviews. We collected approximately 6000 online reviews from traveler review website (www.tripadvisor.com). Text mining was used for preprocessing, sentiment analysis was used to reveal customer sentiment, and correspondence analysis was used to describe the position of airlines in Indonesia. We found that several keywords as services attributes were consistently evident in online reviews. Some of the service attributes were: flight, time, service, food, and entertainment. We also found that all airlines got more positive sentiments from their customers. From the position map derived from online reviews, we conclude that Garuda Indonesia, Batik, Sriwijaya, Lion, Wings, Air Asia, and Citilink have their own characteristics inherent in the minds of customers.

Homogenitas layanan yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan berkontribusi terhadap persaingan yang ketat di antara mereka. Maskapai perlu membuat layanan yang berbeda, sehingga memberikan keunggulan kompetitif bagi maskapai. Situs web tinjauan online memberikan peluang besar bagi pelanggan untuk menulis ulasan dalam mengevaluasi produk atau layanan secara online. Maskapai dapat menggunakan ulasan online secara strategis untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan mengekstraksi wawasan mengenai atribut layanan yang terkandung dalam ulasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekstraksi atribut layanan dari ulasan online, menghitung sentimen pelanggan, dan menyimpulkan posisi maskapai di Indonesia berdasarkan atribut layanan yang disebutkan dalam ulasan. Kami mengumpulkan sekitar 6000 ulasan online dari situs web ulasan wisatawan (www.tripadvisor.com). Text-mining digunakan untuk proses preprocessing, analisis sentimen digunakan untuk mengungkapkan sentimen pelanggan, dan analisis korespondensi digunakan untuk menggambarkan posisi maskapai penerbangan di Indonesia. Kami menemukan bahwa beberapa kata kunci sebagai atribut layanan secara konsisten terbukti dalam ulasan online. Beberapa atribut layanan adalah: flight, time, service, food, dan entertainment. Kami juga menemukan bahwa semua maskapai mendapat lebih banyak sentimen positif dari pelanggan mereka. Dari peta posisi yang berasal dari ulasan online, kami menyimpulkan bahwa Garuda Indonesia, Batik, Sriwijaya, Lion, Wings, Air Asia, dan Citilink memiliki karakteristik mereka sendiri yang melekat dalam benak pelanggan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53701
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Murdjoko
"Papua has been experiencing heavy logging activity in its forests for decades . However, only several studies focused on the effect of logging in the forest ecosystem. This research was aimed to analyze recovery processes of the forest ecosystem. The research was conducted in the logged tropical rainforest in South Papua using ecological approach which used tree communities as biotic and soil condition as abiotic indicators. Data were collected in the logging area of PT Tunas Timber Lestari located in the tropical rainforest of South Papua. There were five groups of forests used in this research i.e. unlogged, one year post selectively-logged, five years post selectively-logged, ten years post selectively-logged and fifteen years post selectively-logged forests. Thirty nested plots were laid on each forest group. Canonical Correspondence Analysis (CCA) was applied to analyze the understory and upperstory plant communities. Understory and upperstory plant communities formed different patterns due to logging. Plant communities in the ten and fifteen years post-selectively logged forests were not similar to those in the unlogged forest. Soil organic matter (SOM) content in the selectively logged forests was lower than that in the unlogged forest. These occurrences indicated that the selectively logged forests were still recovering and required more than fifteen years to be fully recovered."
Bogor: Seameo Biotrop, 2017
634.6 BIO 24:3 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rizkia Aulia Nida
"Situ Pengarengan terletak di Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, berbatasan langsung dengan Jalan Juanda yang dimanfaatkan sebagai tempat resapan air dan mengatur banjir di sekitarnya. Namun, adanya pengaruh antropogenik yang disebabkan oleh masyarakat sekitar. Hal tersebut dapat berpengaruh keadaan parameter lingkungan perairan dan struktur komunitas organisme, khususnya fitoplankton. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 hingga Maret 2024 dengan menggunakan metode purposive random sampling. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi perairan melalui keanekaragaman, kemerataan, dan dominansi untuk mengetahui hubungan struktur komunitas fitoplankton di bagian inlet, midlet. Hasil penelitian ditemukan jenis fitoplankton di Situ Pengarengan terdapat 19 Genus dari 5 divisi, yaitu Cyanophyta, Chlorophyta, Bacillariophyta, Euglenophyta, dan Charophyta. Serta, kelimpahan fitoplankton berkisar 113-5.519 plankter/liter. Fitoplankton yang hidup di Pengarengan memiliki keanekaragaman fitoplankton sedang (2,67-2,80), tidak ada jenis yang mendominasi (0,06-0,08), kemerataan cukup dan hampir merata (0,92-1,0). Berdasarkan hasil Principal Component Analysis (PCA) & Correspondence Analysis (CA), kelimpahan fitoplankton di Situ Pengarengan, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat dicirikan dengan kekeruhan dan fosfat pada bagian inlet. Kelimpahan fitoplankton pada bagian midlet dicirikan dengan nitrat, pH dan suhu. Kelimpahan fitoplankton pada bagian outlet dicirikan dengan kecerahan dan DO.

Situ Pengarengan is located in Sukmajaya District, Depok, West Java, directly adjacent to Jalan Juanda which is used as a water catchment area and to regulate flooding in the surrounding area. However, there are anthropogenic influences caused by the surrounding community. This can affect the state of aquatic environmental parameters and the structure of the organism community, especially phytoplankton. This research was conducted from December 2023 to March 2024 using the method purposive random sampling. This research aims to determine the condition of waters through diversity, evenness and dominance to determine the relationship between the structure of the phytoplankton community in the inlet, the means. The research results found that there were 19 types of phytoplankton in Situ Pengarengan from 5 divisions, i.e. Cyanophyta, Chlorophyta, Bacillariophyta, Euglenophyta, and Charophyta. Also, the abundance of phytoplankton ranges from 113-5,519 plankters/liter. The phytoplankton that live in Pengarengan have moderate phytoplankton diversity (2.67-2.80), no species dominates (0.06-0.08), moderate evenness and almost evenness (0.92-1.0). Based on the results Principal Component Analysis (PCA) & Correspondence Analysis (CA), the abundance of phytoplankton in Situ Pengarengan, Sukmajaya, Depok, West Java is characterized by turbidity and phosphate in the inlet. The abundance of phytoplankton in the midlet was characterized by nitrate, pH and temperature. The abundance of phytoplankton at the outlet is characterized by brightness and DO."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Wiji Rahayu
"Narkoba adalah salah satu obat-obatan yang seringkali digunakan di dalam dunia kedokteran sebagai obat bius karena memiliki efek penenang dan penahan rasa sakit. Efek-efek tersebut merupakan salah satu alasan yang mengundang banyak orang untuk mencoba dan menggunakan narkoba di luar indikasi medik. Penggunaan narkoba tanpa pengawasan memiliki akibat yang sangat buruk, mulai dari ketergantungan hingga munculnya penyakit-penyakit yang mengakibatkan kematian. Peredaran narkoba yang sulit dideteksi mengakibatkan narkoba mudah dijangkau oleh semua kalangan, tidak terkecuali pelajar, mulai dari SMA hingga perguruan tinggi. Dalam penelitian ini, penulis akan mengidentifikasi faktor-faktor yang menjelaskan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba pada siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta. Penulis juga akan melihat pola hubungan antara tingkat kecenderungan pemakaian narkoba dan faktor-faktor lain yang signifikan. Data yang digunakan merupakan data primer yang berjumlah 198 responden dari tiga kelas di tingkat 10 dan 11 di SMA Negeri ABC Jakarta. Metode yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dan analisis korespondensi berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat tiga faktor yang menjelaskan secara signifikan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba pada siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta, yaitu kecenderungan minum minuman keras, loneliness, dan lingkungan sosial. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta dengan kecenderungan pemakaian narkoba yang tinggi memiliki kecenderungan minum minuman keras yang tinggi dan berasal dari lingkungan sosial yang buruk. Selain itu, siswa/i SMA Negeri ABC Jakarta dengan tingkat kecenderungan pemakaian narkoba yang rendah cenderung memiliki tingkat loneliness yang rendah.

Illegal drugs are a set of substances which are typically used in medical purposes as anesthesia due to its calming and painkiller effects. These effects are one of the reasons people are allured to try and use illegal drugs without medical prescription. The usage of illegal drugs without supervision has severe effects, from addiction to life-threatening diseases. Illegal drugs distribution which are hard to be detected will cause illegal drugs to be easier reached by everyone, including students, from high school to university. On this research, author will identify factors explaining the tendency level of illegal drug usage on SMA Negeri ABC Jakarta students. Author will also observe relational pattern between tendency level of illegal drug usage and other significant factors. The data used is primary data totaling 198 respondents from three classes in grade 10th and 11th in SMA Negeri ABC Jakarta. The method used is Partial Least Square (PLS) and double correspondent analysis. This research found that there are three significant factors affecting the tendency level of illegal drugs usage in SMA Negeri ABC Jakarta students, namely alcohol usage, loneliness, and environment tendencies. This research also found that SMA Negeri ABC Jakarta students with high tendency level of illegal drugs usage have high tendency in drinking alcohols too and are from bad social environment. Moreover, SMA Negeri ABC Jakarta students with low tendency in illegal drugs usage has a low loneliness levels."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>