Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahsani Taqwim Aminuddin
"ABSTRAK
This study aims to describe narrative texts held by Islamic boarding schools to fight terrorism or violence narratives and to describe activities carried out to support existing narrative texts. This study uses the Discourse Analysis method and divides the two stages of analysis. At the text analysis stage, the Islamic boarding schools narratives were analyzed using the Presidential Identity Prisma, while in the context analysis phase, the results of interviews and research observations were analyzed with Communication Performance to determine organizational cultureand routine activities in Islamic Boarding Schools. The main theory used in this study is Fishers Narrative Theory, which describes human decisions in believing in a narrative or story and acting on the belief in the story. According to Fisher, humans believe a narrative is influenced by the rationality of narratives, where the narrative has consistency and truth. The results of this study indicate that narrative texts have dominant Islamic boarding schools having coherence in the aspect of objectives that focus on the production of a message of peace so that Indonesia remains a country with a tolerant society and can manage existing differences. The figure of the Prophet Muhammad in the narrative is described as a person who prioritizes deliberation in solving problems. The Nahdlatul Ulama organization is also an organization that has the task of maintaining the unity of the people and nation of Indonesia in the midst of differences. Whereas, the efforts made to support narration are to routinely teach Islamic values as a religion of love in each forum, Reforming the education system, checking curriculumsourced from the government or from outside, Caregivers of Islamic boarding schools routinely form narratives to prevent terrorism, which are printed into books, sent to the media and so on so that the audience can easily access."
Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas, 2019
330 BAP 2:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nobel Hiroyama Reppie
"Tesis ini membahas ancaman dan kerawanan Indonesia terhadap terorisme, terutama penyebaran narasi radikal dan atau terorisme, serta mengajukan model kontra narasi sebagai strategi dalam bidang pencegahan ancaman terorisme di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk menganalisis ancaman, dan kerentanan, dan skenario untuk penguatan dan usulan pembentukan model sebagai sistem deteksi dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ancaman narasi radikal atau terorisme di Indonesia berada pada posisi yang tinggi, diikuti dengan tingkat kerentanan Indonesia yang tinggi. Sehingga perlu dilakukan kontra narasi dan dilakukan penguatan terhadap strategi tersebut, serta diperlukan suatu model yang berlaku nasional sebagai dasar acuan

This thesis discusses the level of threats and vulnerabilities of Indonesia against terrorism, especially the spread of radical and or terrorism narratives, as well as propose a model of counter narrative as the strategy in the field of prevention in order to tackle the threat of terrorism in Indonesia. This study used a qualitative approach, to analyze the threats and vulnerabilities, as well as a scenarios for strengthening and proposed the establishment of a model as an early warning system. The results of this study indicate that the threat of radical or terrorism narratives in Indonesia is at a high level, followed by a high degree of vulnerability in Indonesia. Hence, it is necessary to apply the counter-narratives, and to strengthen the counter narative strategy, as well as we need a model that applicable nationwide as a platform."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Luke Soewito
"ABSTRAK

Peredaran informasi yang begitu masif di media siber yang ada di Indonesia membuat kita terkadang mengalami kesulitan untuk membedakan mana informasi yang benar dan mana yang bohong atau hoax. Pihak-pihak tertentu bahkan sengaja membuat dan menyebarkan informasi hoax dengan tujuan tertentu, salah satunya menyebarkan paham atau ideologi radikalisme untuk tujuan politik. Tidak jarang, informasi hoax tersebut dipercaya oleh masyarakat sebagai suatu kebenaran. Fenomena tersebut dikenal dengan istilah post-truth. Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah salah satu pihak yang telah menyadari bahaya tersebut dan telah melakukan perlawanan dengan membuat produk kontra narasi radikalisme. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan berparadigma konstruktivis, penelitian ini ingin mencari tahu dan menganalisa secara mendalam bagaimana strategi GP Ansor dalam melakukan kontra narasi radikalisme di media siber tersebut. Sumber data utama penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi GP Ansor dalam melakukan kontra narasi radikalisme di media siber ini telah membuahkan hasil yang positif yang sekaligus dapat meminimalisasi kelemahan dan ancaman yang ada.



ABSTRACT

The massive circulation of information on cyber media in Indonesia

sometimes make us difficult to distinguish between the correct information and the lying or hoax one. Certain parties even deliberately make and disseminate hoax information with a specific purpose, one of which is spreading radicalism ideology for political purposes. Not infrequently, the hoax information is believed by the community as a truth. This phenomenon is known as the post-truth. Ansor Youth Movement (GP Ansor) is one of the parties who has realized the danger and has taken the fight by making counter radicalism narrative product. By using descriptive qualitative method and constructivist paradigm, this research wants to find out and analyze in depth how is the GP Ansor's strategy in countering radicalism narratives in the cyber media. The main data sources of this research is semi-structured interviews. The results of this study state that GP Ansor's strategy in countering radicalism narratives in cyber media has produced positive results that can minimize the existing weaknesses and threats.

"
2019
T51735
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Fajar Aditya
"Tesis ini membahas upaya kontra narasi yang dilakukan oleh pelaku tindak pidana terorisme (PTPT) sebagai upaya deradikalisasi di Indonesia. Penulis menilai bahwa PTPT mampu menjadi salah satu pegiat deradikalisasi yang kredibel mengingat mereka pernah menjadi salah satu bagian dari jejaring terorisme dan mengetahui kelemahan dari narasi yang dibangun.
Penulis akan membagi tesis ini ke dalam 3 (tiga) bagian, yaitu: 1) Penyampai kontra narasi yang dispesifikan kepada pelaku tindak pidana terorisme (PTPT) sebagai pegiat deradikalisasi; 2) Dekonstruksi narasi relijius yang disalahpersepsikan untuk melegitimasi kekerasan, yaitu: thâghût, takfÄ«r, hijrah, i’dad, syahîd dan jihâd; 3) Media yang digunakan oleh PTPT dalam menyampaikan konten kontra narasi.
Penulis menilai walaupun masih terdapat keterbatasan dari PTPT untuk membantu merubah pemahaman penerima manfaat deradikalisasi (PMD) hingga ke tahap pemahaman yang moderat namun PTPT masih dapat mengambil peran aktif untuk melakukan deradikalisasi. Mereka mengetahui narasi yang dipahami PMD dan konten kontra narasi yang masih berada dalam rentang penerimaan PMD. Penulis turut menganalisis bahwa media yang paling efektif untuk menyampaikan kontra narasi dilakukan melalui pertemuan secara personal di dalam lembaga pemasyarakatan/ rumah tahanan secara konsisten dibandingkan deradikalisasi melalui media online.
Penelitian dalam tesis ini bersifat kualitatif. Penulis melakukan wawancara semi-terstruktur dengan pertanyaan yang bersifat terbuka. Untuk mendukung data yang didapat dari hasil wawancara, peneliti turut merujuk berbagai sumber sekunder. Peneliti menggunakan sejumlah teori dalam penelitian ini, yaitu teori narasi, kontra narasi, deradikalisasi dan dekonstruksi.

This thesis tries to discuss the efforts of counter-narrative carried out by perpetrators of criminal acts of terrorism (PTPT) as an effort of de-radicalization in Indonesia. The author assessed that PTPT was able to become one of the credible deradicalization agents in Indonesia, considering that they had been part of a terrorist network and knew the weaknesses of the narrative that had been built even though there are limitations to achieve the ideal goal of deradicalisation to change the ideology of beneficiaries of de-radicalization to moderate level.
The author will divide this thesis into 3 (three) sections, namely: 1) Counter-narrative messenger specified to the perpetrators of criminal acts of terrorism (PTPT) as actor of deradicalization; 2) Deconstruction of religious narratives that are mispercepted to legitimize violence, namely: thâghût, takfÄ«r, hijrah, i’dad, martyrdom and jihâd; 3) Media used by PTPT in delivering counter-narrative content.
The researcher assessed that although there were still limitations of PTPT to help change the understanding of beneficiaries of deradicalisation (PMD) to the moderate level of understanding, PTPT could still take an active role in carrying out deradicalization. They know the narrative understood by PMD and counter narrative content which is still within the range of PMD acceptance. Researchers also analyzed that the most effective media for delivering counter narratives was carried out through personal meetings in prisons/ detention centers compared to online deradicalization.
The research in this thesis is qualitative research. The author conducted semi-structured interviews with open-ended questions. To support data obtained from interviews, researchers also quote from various secondary sources. The author used several theories in this study, namely the theory of narrative, counter-narrative, deradicalization, and deconstruction.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T53536
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
David Efrem Stanislaus Saktianto
"Penelitian ini membahas permasalahan seksisme dalam iklan layanan masyarakat yang menggunakan tubuh seksi sebagai nilai jual. Sebuah iklan layanan masyarakat di Jerman dengan tajuk “Looks Like Shit. But Saves My Life” atau #HelmeRettenLeben memperlihatkan adanya ketidakselarasan antara konsep iklan dengan pesan atau tujuan yang ingin disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bias seksisme dalam konsep kampanye “Looks Like Shit. But Saves My Life” dan bagaimana tanggapan masyarakat Jerman sehingga terjadi kontra narasi terhadap kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika dalam mengkaji narasi bias seksisme dan pemaknaan tanda. Penelitian ini juga dilengkapi dengan teori ekonomi politik media dalam menganalisis kaitan seksisme dalam media dan teori komunikasi massa dalam menganalisis kampanye tersebut sebagai iklan layanan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya seksisme dalam konsep kampanye yang menggunakan visual tubuh manusia seksi sebagai nilai jual, khususnya adanya penekanan perhatian pada model wanita saja. Selain itu ditemukan kontra narasi dari poster tanggapan masyarakat sehingga kampanye ini belum berhasil menyampaikan tujuannya secara tepat tanpa bias seksisme.

This research discusses sexism in public service advertisements that use sexy bodies as selling points. A public service announcement in Germany with the headline "Looks Like Shit. But Saves My Life" or #HelmeRettenLeben shows a misalignment between the concept of advertising and the message or purpose to be conveyed. The purpose of this research is to analyze sexism bias in the campaign concept "Looks Like Shit. But Saves My Life" campaign concept and how German society responds to the counter-narrative of the campaign. This research uses a qualitative approach with semiotic analysis in examining the narrative of sexism bias and the meaning of signs. This research is also complemented by the theory of media political economy in analyzing the relationship of sexism in the media and mass communication theory in analyzing the campaign as a public service advertisement. The results of this research show that there is sexism in the campaign concept that uses visuals of sexy human bodies as selling points, especially the emphasis on female models only. In addition, it was found that the counter-narrative of the public response posters meant that the campaign had not succeeded in conveying its objectives appropriately without sexism bias."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
David Efrem Stanislaus Saktianto
"Penelitian ini membahas permasalahan seksisme dalam iklan layanan masyarakat yang menggunakan tubuh seksi sebagai nilai jual. Sebuah iklan layanan masyarakat di Jerman dengan tajuk “Looks Like Shit. But Saves My Life” atau #HelmeRettenLeben memperlihatkan adanya ketidakselarasan antara konsep iklan dengan pesan atau tujuan yang ingin disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bias seksisme dalam konsep kampanye “Looks Like Shit. But Saves My Life” dan bagaimana tanggapan masyarakat Jerman sehingga terjadi kontra narasi terhadap kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika dalam mengkaji narasi bias seksisme dan pemaknaan tanda. Penelitian ini juga dilengkapi dengan teori ekonomi politik media dalam menganalisis kaitan seksisme dalam media dan teori komunikasi massa dalam menganalisis kampanye tersebut sebagai iklan layanan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya seksisme dalam konsep kampanye yang menggunakan visual tubuh manusia seksi sebagai nilai jual, khususnya adanya penekanan perhatian pada model wanita saja. Selain itu ditemukan kontra narasi dari poster tanggapan masyarakat sehingga kampanye ini belum berhasil menyampaikan tujuannya secara tepat tanpa bias seksisme.

This research discusses sexism in public service advertisements that use sexy bodies as selling points. A public service announcement in Germany with the headline "Looks Like Shit. But Saves My Life" or #HelmeRettenLeben shows a misalignment between the concept of advertising and the message or purpose to be conveyed. The purpose of this research is to analyze sexism bias in the campaign concept "Looks Like Shit. But Saves My Life" campaign concept and how German society responds to the counter-narrative of the campaign. This research uses a qualitative approach with semiotic analysis in examining the narrative of sexism bias and the meaning of signs. This research is also complemented by the theory of media political economy in analyzing the relationship of sexism in the media and mass communication theory in analyzing the campaign as a public service advertisement. The results of this research show that there is sexism in the campaign concept that uses visuals of sexy human bodies as selling points, especially the emphasis on female models only. In addition, it was found that the counter-narrative of the public response posters meant that the campaign had not succeeded in conveying its objectives appropriately without sexism bias."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
David Efrem Stanislaus Saktianto
"Penelitian ini membahas permasalahan seksisme dalam iklan layanan masyarakat yang menggunakan tubuh seksi sebagai nilai jual. Sebuah iklan layanan masyarakat di Jerman dengan tajuk “Looks Like Shit. But Saves My Life” atau #HelmeRettenLeben memperlihatkan adanya ketidakselarasan antara konsep iklan dengan pesan atau tujuan yang ingin disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bias seksisme dalam konsep kampanye “Looks Like Shit. But Saves My Life” dan bagaimana tanggapan masyarakat Jerman sehingga terjadi kontra narasi terhadap kampanye tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika dalam mengkaji narasi bias seksisme dan pemaknaan tanda. Penelitian ini juga dilengkapi dengan teori ekonomi politik media dalam menganalisis kaitan seksisme dalam media dan teori komunikasi massa dalam menganalisis kampanye tersebut sebagai iklan layanan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya seksisme dalam konsep kampanye yang menggunakan visual tubuh manusia seksi sebagai nilai jual, khususnya adanya penekanan perhatian pada model wanita saja. Selain itu ditemukan kontra narasi dari poster tanggapan masyarakat sehingga kampanye ini belum berhasil menyampaikan tujuannya secara tepat tanpa bias seksisme.

This research discusses sexism in public service advertisements that use sexy bodies as selling points. A public service announcement in Germany with the headline "Looks Like Shit. But Saves My Life" or #HelmeRettenLeben shows a misalignment between the concept of advertising and the message or purpose to be conveyed. The purpose of this research is to analyze sexism bias in the campaign concept "Looks Like Shit. But Saves My Life" campaign concept and how German society responds to the counter-narrative of the campaign. This research uses a qualitative approach with semiotic analysis in examining the narrative of sexism bias and the meaning of signs. This research is also complemented by the theory of media political economy in analyzing the relationship of sexism in the media and mass communication theory in analyzing the campaign as a public service advertisement. The results of this research show that there is sexism in the campaign concept that uses visuals of sexy human bodies as selling points, especially the emphasis on female models only. In addition, it was found that the counter-narrative of the public response posters meant that the campaign had not succeeded in conveying its objectives appropriately without sexism bias."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shofin Azimah Qolbi
"Penulisan ini akan membahas mengenai sinisme politik yang terdapat pada meme politik, khususnya pada akun Instagram @politicaljokesid. Akun ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai wadah informasi terkait berita politik terkini, namun juga dijadikan sebagai tempat menyuarakan sinisme politik pada meme yang diunggah sebagai bentuk budaya partisipasi politik digital. Penelitian ini menggunakan paradigm interpretif dengan pendekatan kualitatif. Teori sinisme politik Agger, Goldstein & Pearl digunakan untuk melihat proses sinisme politik tersebut. Data primer berasal dari wawancara dengan pemilik akun. Hasil ditemukan bahwa pada akun Instagram @politicaljokesid menggunakan meme sebagai alat dalam menyampaikan sinisme politik berupa kontra narasi. Sinisme politik yang tedapat pada meme dalam akun ini adalah sinisme politik dengan jenis sinisme politik kritis dan kynicism."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library