Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Frendy Rian Saputro
Abstrak :
Perancangan dan Pengembangan Cylinder Block dan Crankcase Mesin Otto Satu Silinder Empat Langkah Berkapasitas 65 ccBanyak kasus tentang adanya krisis energi global yang sangat serius kasus tersebut ialah penggunaan bahan bakar fosil yang semakin besar setiap tahunnya Penggunaan bahan bakar fosil saat ini tidak berbanding lurus dengan besarnya bahan bakar fosil yang ada Oleh karena itu pengurangan konsumsi bahan bakar sangat diperlukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis energi global Semua peneliti selalu berusaha mengembangkan teknologi mesin yang irit bahan bakar dan terciptanya efisiensi dari mesin yang dikembangkan Pembuatan mesin yang irit bahan bakar dipengaruhi oleh desain struktur dan material yang dipergunakan Cylinder block dan crankcase adalah salah satu dari komponen yang mempengaruhi terciptanya mesin yang irit bahan bakar
Perhitungan analitik dilakukan untuk mendapatkan dimensi dan kekuatan material dari pembuatan cylinder block dan crankcase Semua desain struktur dan material sudah memenuhi nilai yang diizinkan Setelah didapat nilai yang diizinkan cylinder block dan crankcase diuji kekuatannya dengan menggunakan software ANSYS 14 untuk memperoleh nilai ekivalen maksimum dan minimum dari cylinder block dan crankcase Dengan membandingkan tegangan luluh material terhadap tegangan ekivalen maksimum dari perhitungan analitik dan simulasi pada software ANSYS 14 maka didapatkan titik acuan bahwa sebuah cylinder block dan crankcase aman untuk dipergunakan Kata kunci cylinder block crankcase tegangan.
......Design and Development Cylinder Block and Crankcase of Four Stroke Internal Combustion Engine With 65 cc Capacity There are many crucial cases about the global energy crisis the case is about using of fossil fuels that grow up every year The use of fossil fuels is currently not directly proportional to the amount of fossil fuel that available Therefore the reduction of fuel consumption is indispensable as one solution to overcome the global energy crisis All of researchers always try to develop the technology of fuel efficient engines and for the produceof machines efficiency which are being developed Manufacture of fuel efficient engines are affected by the design structure and materials used Cylinder block and crankcase is one of the components that affect the produce of fuel efficient engines
Analytic calculation is done to get the dimensions and material strength of the manufacture of cylinder block and crankcase All design structure and materials have to meet the permitted values After finding out the allowed values cylinder block and crankcase tested its strength by using the software ANSYS 14 to obtain maximum and minimum of equivalent values of the cylinder block and crankcase By comparing the yield stress of the material with the maximum equivalent stress from analytic computation and simulation software ANSYS 14 then a reference point that a cylinder block and crankcase are safe to use is can be obtained Keywords cylinder block crankcase stress.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52380
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Imansyah Sissia Manaf
Abstrak :
Semakin banyaknya penggunaan moda transportasi darat maka akan semakin bertambah kebutuhan akan bahan bakar fosil, hal itu menjadi tantangan bagi para peneliti untuk mengembangkan mesin yang hemat energi. Dalam menjawab tantangan ini, tim Low Fuel Consumption Engine (LFCE) Universitas Indonesia merancang dan membuat mesin yang irit bahan bakar. Pembuatan mesin yang irit bahan bakar dipengaruhi oleh desain, struktur, dan material yang digunakan. Crankcase adalah salah satu komponen penting di dalam sebuah mesin yang dapat mempengaruhi mesin yang irit bahan bakar. Perbaikan pengembangan yang dilakukan pada crankcase mesin 65 cc ini lebih di fokuskan kepada pembuatan atau penambahan mounting untuk motor starter,
Perhitungan analitik diperlukan untuk mendapatkan dimensi dari perbaikan pengembangan crankcase. Setelah di dapatkan dimensi yang di inginkan dan sesuai, crankcase di uji kekuatan nya menggunakan software ANSYS.14.5, untuk memperoleh nilai ekivalen maksimum dan minimum. Dengan melakukan perbandingan yang di dapatkan dari simulasi pada software dan dari perhitungan analitik maka di dapatkan titik acuan bahwa perbaikan pengembangan yang telah dilakukan pada komponen crankcase aman untuk digunakan.
......
The increasing numbers of land transport vehicles users causing an increase in fuel demand and it becomes a challenge for researchers to develop a fuel effiecient engine. In order to answer this challenge, Universitas Indonesia Low Fuel Consumption Engine (LFCE) designs and makes a fuel efficient engine. The production of fuel efficient engine is influencled by design, structure, and materials which are used for the engine. Crankcase is one of the main important components on an engine that can affect engine’s fuel effiency. Development that has been done on this 65 cc crankcase is more focus on production or adding a motor starter mounting.
Analytic calculation is needed to get dimensions for repair development of crankcase. After getting the required and needed dimensions, this crankcase’s strength is tested using ANSYS.14.5 software in order to get maximum and minimum equivalent numbers. By making data comparisons which is obtained from software simulation and from analytic calculation, then we get the reference point that shows the development which has been done on crankcase is safe to use.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59893
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library