Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Thatchenkery, Tojo
San Francisco: Berrett-Koehler, 2006
153.3 THA a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ferguson, Eugene S.
London: MIT Press, 1997
620 FER e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Gallo, Carmine, 1965-
New York: McGraw-Hill , 2011
658.406 3 GAL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fox, Jill Englebright
Australia: Wadsworth Cengage Learning, 2009
708 FOX a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sawyer, R. Keith
Oxford: Oxford University Press, 2006
153.35 SAW e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Rudyanto
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara berpikir kreatif dalam musik dengan keberhasilan pendidikan musik, inteligensi dan kreativitas pada murid-murid Sekolah Musik Yayasan Musik Indonesia (YMI). Pada pendidikan di Sekolah Musik, hubungan antara kreativitas dan prestasi musik sangat erat. Tinggi/rendahnya kreativitas musik akan mempengaruhi prestasi murid. Kreativitas musik adalah kemampuan berpikir kreatif dalam musik yang tercermin dalam aspek 'musical flexibility', 'musical originality', 'musical syntax' dan 'musicalextensiveness'. Sedangkan prestasi musik adalah nilai yang diperoleh siswa atas dasar penilaian guru terhadap les murid sehari-hari. Penilaian itu mencakup 'hearing', 'sight reading', `improvisasi`, 'aransemen' dan 'performance'. Subyek penelitian adalah murid-murid Sekolah Musik YMI yang telah mengikuti pendidikan musik kira-kira dua tahun dan berusia 10-15 tahun. Alat penelitian yang dipakai adalah alat ukur berpikir kreatif dalam musik ciptaan Webster dari USA. Oleh karena itu alat ini diadaptasi terlebih dahulu untuk penggunaan di Indonesia. Alat tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia lalu di uji coba apakah dimengerti dan sesuai dengan budaya anak-anak Indonesia. Selain itu dicari keterandalan dan kesahihannya. Alat penelitian lain yang dipakai adalah CFIT (Culture Fair Intelligence Test) skala 2 bentuk A, tes kreativitas verbal paralel I dan tes kreativitas figural. Ketiga tes ini dipakai dalam rangka melihat hubungan antara berpikir kreatif dalam musik dengan inteligensi dan kreativitas umum. Hasil penelitian menunjukkan :
  1. Korelasi antara skor berpikir kreatif dalam musik yang tercermin dalam skor 'musical flexibility' (MF), 'musical originality' (MO), 'musical syntax' (MS) dan murid Sekolah Musik YMI tergolong tinggi.(=.63355).
  2. Korelasi MF, MO, MS, ME sebagai satu tes keseluruhan terhadap tes inteligensi (CFIT) dimana efek usia dikontrol adalah kecil (=.21587) dan tidak signifi - kan.
  3. Korelasi MF,MC,MS,ME sebagai satu tes keseluruhan terhadap tes kreativitas verbal (TKV) dimana efek usia dikontrol menjadi kecil (=.05855) dan tidak signifikan.
  4. Korelasi MF, MO, MS, ME sebagai satu tes keseluruhan terhadap tes kreativitas figural (TKF) dimana efek usia dikontrol adalah sangat kecil (=.03251) dan tidak signifikan.
Penulis menyarankan untuk meninjau kembali dan mempersingkat sistem tes berpikir kreatif dalam musik meneliti pengaruh atau mengontrol faktor pribadi, motivasi dan lingkungan. Selain itu mengkaitkan dengan tujuan khusus para musisi seperti 'music composition', musical extensiveness' (ME) dengan prestasi musik 'music performance' dan 'music analysis'. Saran lain menyangkut jumlah subyek penelitian, usia subyek penelitian, variasi jenis pendidikan musik yang ditempuh murid dan lokasi pelaksanaan penelitian.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dundon, Elaine
Abstrak :
Breakthrough innovation is a prerequisite for success in almost any organization, yet the actual management of innovation has only recently begun to receive the attention it deserves. Here, innovation thought leader Elaine Dundon offers a ""how-to"" prescription for building creative and strategic innovation skills at all levels of an organization (rather than focusing on decision-making levels only) -- and explains how to produce measurable results that translate directly to the bottom line.
New York: American Management Association, 2002
e20438330
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Baer, John
Abstrak :
[The book focuses on three big, well-researched ideas related to creativity training, divergent thinking, intrinsic motivation, and the CPS model of creative problem solving, and shows how to apply these ideas in designing lessons that promote creativity as well as encourage the development of content-based skills and knowledge. The book is written in a way that makes it easy for teachers to make these ideas their own, with many examples for use in K-12 classrooms.;The book focuses on three big, well-researched ideas related to creativity training, divergent thinking, intrinsic motivation, and the CPS model of creative problem solving, and shows how to apply these ideas in designing lessons that promote creativity as well as encourage the development of content-based skills and knowledge. The book is written in a way that makes it easy for teachers to make these ideas their own, with many examples for use in K-12 classrooms., The book focuses on three big, well-researched ideas related to creativity training, divergent thinking, intrinsic motivation, and the CPS model of creative problem solving, and shows how to apply these ideas in designing lessons that promote creativity as well as encourage the development of content-based skills and knowledge. The book is written in a way that makes it easy for teachers to make these ideas their own, with many examples for use in K-12 classrooms.]
Rotterdam: [Sense;, ], 2012
e20399613
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Karen Manuela Bianca
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara creative self-efficacy CSE dengan innovative work behavior IWB pada guru sekolah Dasar SD . Terdapat dua dimensi dari creative self-efficacy yaitu creative thinking self-efficacy dan creative performance self-efficacy. Innovative work behavior memiliki lima dimensi yaitu opportunity exploration, idea generation, idea promotion, idea realization dan reflection. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pengambilan data menggunakan survei. Pengukuran CSE menggunakan alat ukur Revised Model of CTSE II and CPSE II yang disusun oleh Abboutt 2010 dan pengukuran IWB menggunakan Innovative Work Behavior Scale yang disusun oleh Messmann dan Mulder 2012 . Partisipan penelitian ini berjumlah 105 guru SD. Teknik statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah Pearson Correlation. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dimensi dari creative self-efficacy yatu creative thinking self-efficacy da creative performance self-efficacy secara keseluruhan memiliki hubungan yang signifikan dengan keseluruhan dimensi dari innovative work behavior yang dilihat dari korelasi tiap dimensi. Diharapkan dengan tingginya nilai creative self-efficacy, innovative work behavior pada guru juga semakin tinggi.
ABSTRACT
This research was conducted to examine the relationship between creative self efficacy and innovative work behavior among elementary school teacher. Creative self efficacy consists of two dimensions, creative thinking self efficacy and creative performance self efficacy. Innovative work behavior consists of five dimensions, which is opportunity exploration, idea generation, idea promotion, idea realization, and reflection. Creative self efficacy was measured using Revised Model of CTSE II and CPSE II and innovative work behavior was measured using Innovative Work Behavior Scale. Total participant of this study was 105 elementary school teacher. Pearson Correlation was used to measure the correlation in this research. Results indicated that creative self efficacy rsquo s dimensions, which is creative thinking self efficacy and creative performance self efficacy are related to all of innovative work behavior rsquo s dimensions. Teacher with high creative self efficacy are expected to have high innovative work behavior.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>