Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fayadiva
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelingkung berupa elemen dinding pada sebuah toko terhadap tanggapan pengunjung. Penelitian mendalam terkait pengaruh pelingkung toko dengan tanggapan pengunjung perlu dilakukan untuk dijadikan pertimbangan perancangan bagi arsitek dan pemilik properti. Studi literatur dilakukan sebagai tahap awal pada penelitian ini untuk menemukan faktor yang mempengaruhi perilaku pengunjung. Faktor tersebut kemudian digunakan sebagai variabel dalam eksperimen. Eksperimen dilakukan menggunakan video simulasi tiga buah toko elektronik dengan penataan pelingkung yang berbeda. Dinding sebagai elemen pelingkung disusun berbeda pada setiap toko yaitu mengelilingi empat sisi, mengelilingi dua sisi dan tidak ada dinding sama sekali. Dua set kuisioner juga digunakan sebagai metode pada penelitian ini yang diisi oleh 163 responden yang berpartisipasi pada eksperimen ini. Penelitian ini menemukan bahwa toko yang disimulasikan tidak memiliki pelingkung berupa elemen dinding dapat mempengaruhi tanggapan pengunjung untuk menetap lebih lama di dalam toko. Faktor lainnya yang mempengaruhi durasi pengunjung menetap di dalam toko adalah jenis kelamin, jumlah tabungan dan umur pengunjung. Penelitian ini juga menemukan bahwa durasi pengunjung menetap di dalam toko dapat mempengaruhi keputusan mereka membeli produk yang dijual. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan pengelola properti dalam merancang toko yang tepat untuk meningkatkan pengalaman belanja pengunjung. Arsitek dapat mempertimbangkan keberadaan pelingkung saat merancang bangunan properti. Penelitian ini juga dapat dikembangkan dengan menggunakan konteks toko selain toko elektronik untuk melihat pengaruh kebaradaan pelingkung terhadap tanggapan pengunjung.

This study discussed the effect of enclosure on customer responses. The spatial quality of a store can affect the behavior of customers when shopping. The development of retail uses temporary stores without enclosure as a new way to promote their products. In-depth research related to the influence of the stores enclosure with customer responses needs to be done to be used as design considerations for architects and property owners. A literature study was conducted as an initial step in this study to find factors that influence customer behavior. The factors are then used as a variable in the experiment. Experiments carried out using video simulations of three electronic stores with different enclosure arrangements. Walls as an element of the enclosure are arranged differently in each store (4 walls, 2 walls, 0 walls). Two sets of questionnaires were also used as a method in this study and were filled out by 163 respondents who participated in this experiment. This study found that a simulated store that does not have an enclosure can influence the response of customers to stay longer inside. Other factors that influence the duration of visitors staying in the store are gender, the amount of savings, and the age of visitors. The study also found that the duration of visitors staying in the store could influence their decision to buy the products. The results of this research can be utilized by property developers in designing the right stores to enhance the shopping experience of visitors. The architects can consider the existence of enclosure when designing property buildings. This research can also be developed by using a different store context other than an electronic store to see the effect of the enclosure on the customer responses."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irfan Octavianto
"Saat ini berkat kemajuan informasi dan teknologi membuat social media marketing efforts telah dilakukan oleh berbagai perusahaan dalam rangka mengembangkan brand equity yang dimiliki serta untuk memunculkan suatu customer response oleh para konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh social media marketing efforts terhadap brand equity dan customer response. Penelitian ini dilakukan di Jakarta dengan objek penelitian e-commerce Blibli.com.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode survei dengan cara memakai purposive sampling terhadap populasi. Jumlah responden yang ada di dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan pengguna Blibli.com yang pernah melihat media sosial Blibli.com dan berbelanja setidaknya satukali.
Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner serta menggunakan analisis regresi linear, regresi berganda, dan analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing efforts memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand equity dan customer response.

Nowadays technology and information era has made social media marketing efforts being a tool for company to strengthen their brand equity also to bring up customer response on their consumer. The purpose of this research is to explain the effect of social media marketing efforts on brand equity and customer response. This research is conducted in Jakarta with the object of e-commerce company Blibli.com.
This research uses a quantitative approach to gather the data using a survey method that implements purposive sampling to the population. Total respondents in this research are 100 sample which is the user of Blibli.com and have purchase with them at least once also had seen social media of Blibli.com.
In this study, survey through questionnaire are the instrument of the study and using linear regression, multiple regression, and path analysis as the method of analyzing the outcome. The result of this study indicates that there is significant positive effect between social media marketing efforts on brand equity and customer response.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Pandu Wardana
"

Masa pasca pandemi COVID-19 telah merubah perilaku perusahaan untuk lebih melek terhadap transformasi digital. Penerapan chatbot dalam dunia bisnis merupakan salah satu bentuk digitalisasi yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Namun sayangnya masih minim penelitian yang membahas efektivitas implementasi chatbot di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh chatbot marketing efforts terhadap customer response melalui communication quality dan customer brand relationship pada pengguna Tanya Veronika di aplikasi My Telkomsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan melalui penyebaran kuesioner secara purposive sampling dengan Google Form kepada 196 responden yang merupakan pengguna aplikasi My Telkomsel, minimal berusia 18 tahun, dan pernah menggunakan fitur Tanya Veronika di aplikasi My Telkomsel minimal dua kali dalam satu tahun terakhir. Data yang diperoleh, diolah menggunakan SEM melalui SmartPLS 4.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa customer response pada pengguna Tanya Veronika di aplikasi My telkomsel dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh chatbot marleting efforts melalui communication quality dan customer brand relationship.


The era of post-COVID-19 pandemic has driven changes in company behavior to emphasize awareness on digital transformation. The implementation of chatbots in the business sector is one of the forms of digitalization that can increase competitive advantage to compete in the increasingly tight competition. However, there is still a lack of research that discusses about the effectiveness of chatbot implementation in Indonesia. This study aimed to analyze the effect of chatbot marketing efforts on customer response through communication quality and customer brand relationship on Tanya Veronika's users in My Telkomsel application. This study used a quantitative approach with data collection techniques through distributing questionnaires using purposive sampling with Google Form to 196 respondents who are users of the My Telkomsel application, a minimum of 18 years old, and have used the Tanya Veronika feature in My Telkomsel application at the very least twice in the past year. The data obtained is processed using SEM through SmartPLS 4.0. The results revealed that customer response on Tanya Veronika's users in the My Telkomsel application is positively and significantly affected by chatbot marketing efforts through communication quality and customer brand relationship.

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novita Indar Pratama
"Penggunaan media sosial dalam perkembangan teknologi informasi dan internet memberikan dampak terhadap jangkauan komunikasi antara merek dengan target market yang lebih luas. Tingginya angka penggunaan Instagram menjadikan instagram sebagai platform yang memiliki peran potensial membantu menciptakan akses konsumen untuk merek. Pemanfaatan social media marketing dan aktivitasnya tentu akan menciptakan adanya kesadaran merek yang membantu merek dalam menciptakan respon positif dari konsumen. Penelitian ini bertujuan dalam menganalisis pengaruh social media marketing activities terhadap brand equity dan customer response pada Instagram Bittersweet by Najla. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksplanatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probablity sampling dan pendekatan purposive sampling. Kriteria sampel adalah pengikut Instagram Bittersweet by Najla, berusia minimal 17 tahun, pernah mengonsumsi Bittersweet by Najla dan berdomisili di Jabodetabek. Jumlah responden adalah 115 orang. Dilakukan menggunakan instrument kuesioner online dalam Google Form. Pengolahan data menggunakan SPSS dan SmartPLS 3.3.3. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya pengaruh social media marketing activities terhadap brand awareness dan brand image, pengaruh antara brand awareness terhadap commitment, serta pengaruh brand image terhadap e-WOM dan commitment pada Instagram Bittersweet by Najla.

The use of social media in the development of information technology and the internet has an impact on the reach of communication between brands and a wider target market. The high number of Instagram usage makes Instagram a platform that has the potential to help create consumer access for brands. The use of social media marketing and its activities will certainly create brand awareness that helps brands create positive responses from consumers. This study aims to analyze the effect of Social Media Marketing Activities on Brand Equity and Customer Response on Instagram Bittersweet by Najla. The type of research used is an explanatory research using a quantitative approach. Sampling used a non-probability sampling technique and a purposive sampling approach. The sample criteria are Bittersweet by Najla Instagram followers, at least 17 years old, have consumed Bittersweet by Najla > and domiciled in Jabodetabek. The number of respondents is 115 people. Conducted using an online questionnaire instrument in Google Form. Data processing using SPSS and SmartPLS 3.3.3. The results showed that there was an influence of social media marketing activities on brand awareness and brand image, the influence of brand awareness on commitment, and the influence of brand image on e-WOM and commitment on Bittersweet by Najla’s Instagram."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheila Anandara Amir
"Social media marketing has become one of the most influential type of marketing nowadays as technology has advanced to become apart of our everyday lives to communicate and seek for information through online platforms. Instagram, as the second biggest social network in Indonesia by April 2017, has become one of those online platforms where companies use to execute marketing purposes.
The aim of this study is to examine the influence of social media marketing that is used by Cotton Ink, an Indonesian clothing company, on its brand equity and customer response, based on its marketing activities on Instagram. For this purpose, a conceptual model was developed based on previous researchs by Godey B. et al (2016) and Seo, E., & Park, J. (2017). The new model was analyzed through Structural Equation Modelling (SEM) based on survey collected from Instagram users who have interacted with Cotton Ink on Instagram in the last six months. 
The results confirm that entertainment, interaction, trendiness, customization, and perceived risk, as the characteristics that define social media marketing, has a positive effect towards brand equity, and brand image, as a part of brand equity, has a positive effect on customer response. Managerials implications and recommendations are discussred for any further research.

Pemasaran media sosial telah menjadi salah satu jenis pemasaran yang paling berpengaruh yang dikarenakan teknologi yang telah berkembang menjadi hal esensial dari kehidupan sehari-hari, untuk berkomunikasi dan mencari informasi melalui platform online. Instagram, sebagai jaringan sosial terbesar kedua di Indonesia pada April 2017, telah menjadi salah satu platform online tempat perusahaan menggunakan untuk menjalankan tujuan pemasaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pemasaran media sosial yang digunakan oleh Cotton Ink, sebuah perusahaan pakaian Indonesia, pada ekuitas merek dan respons pelanggan, berdasarkan aktivitas pemasarannya di Instagram. Untuk tujuan ini, model konseptual dikembangkan berdasarkan penelitian sebelumnya oleh Godey B. et al (2016) dan Seo, E., & Park, J. (2017). Model baru ini dianalisis melalui Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan survei yang dikumpulkan dari pengguna Instagram yang telah berinteraksi dengan Cotton Ink di Instagram dalam enam bulan terakhir. 
Hasilnya mengkonfirmasi bahwa entertainment, interaction, trendiness, customization, dan perceived risk, sebagai karakteristik yang mendefinisikan social media marketing, memiliki hubungan positif terhadap brand equity, dan brand image, sebagai bagian dari brand equity, memiliki hubungan positif terhadap customer response. Implikasi dan rekomendasi manajerial didiskusikan untuk penelitian lebih lanjut.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library