Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Aqil Rausanfikr Mohammad
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembebanan statis dan siklik terhadap perilaku mobilitas siklik pasir jenuh. Serangkaian uji monotonic simple shear dan cyclic simple shear tak terdrainase yang terkonsolidasi dilakukan pada berbagai kondisi tegangan vertikal efektif, kepadatan relatif, dan beban siklik untuk menginvestigasi jenis kegagalan. Rasio ketahanan siklik digunakan untuk menilai kekuatan siklik. Hasilnya menunjukkan bahwa uji MSS menunjukkan respon perilaku non-flow yang tidak terdrainase yang ditandai dengan strain hardening yang berkelanjutan. Analisis stress path menunjukkan bahwa tanah menunjukkan mobilitas siklik, meskipun dengan kapasitas deformasi yang terbatas. Untuk respons siklik, dapat diamati bahwa peningkatan tegangan efektif vertikal selalu mengakibatkan penurunan ketahanan siklik, terlepas dari apakah kriteria regangan atau kriteria tegangan likuifaksi yang digunakan. Sebaliknya, peningkatan kepadatan relatif akan menghasilkan peningkatan resistensi siklik. Dampak dari tegangan vertikal efektif terbukti lebih nyata dibandingkan dengan dampak dari kepadatan relatif dan CSR. Kriteria tegangan secara konsisten menghasilkan estimasi yang lebih tinggi terhadap kecenderungan likuifaksi pada pasir akibat akumulasi tekanan pori pada kondisi tidak terdrainase. Jumlah siklus mempengaruhi nilai shear modulus dan damping ratio. Tegangan vertikal efektif tidak signifikan mempegaruhi shear modulus dan tidak berpengaruh terhadap damping ratio. Kepadatan relatif tidak signifikan terhadap shear modulus dan damping ratio, sedangkan CSR signifikan terhadap pengaruh nilai shear modulus dan damping ratio. Degradasi shear modulus dan peningkatan damping ratio terbesar pada saat terjadi siklus yang memicu likuifaksi
The objective of this study is to examine the influence of static and cyclic loading on the cyclic mobility behavior of saturated sand. A series of consolidated undrained monotonic and cyclic simple shear tests were conducted under varying conditions of effective vertical stress, relative density, and cyclic load to ascertain the types of failure. The cyclic resistance ratio was employed to assess the cyclic strength. The result revealed that the MSS test demonstrated a non-flow undrained response characterized by sustained strain hardening. Analysis of the effective stress paths suggested that the soil displayed cyclical mobility, albeit with restricted capacity for deformation. For the cyclic response, it can be observed that an increase in the vertical effective stress invariably results in a reduction in the cyclic resistance, irrespective of whether the strain criterion or the stress criterion of liquefaction is employed. Conversely, an increase in the relative density will result in an increase in the cyclic resistance. The impact of effective vertical stress is demonstrably more pronounced than that of relative density and CSR. The stress criterion consistently yields a higher estimation of the tendency towards liquefaction in sand due to the accumulation of pore pressure in the undrained state. The number of cycles has an impact on the shear modulus and damping ratio. The effective vertical stress has no significant effect on the shear modulus and has no effect on the damping ratio. The relative density has no significant effect on the shear modulus and damping ratio, while the CSR exerts a notable influence on the values of these properties. The deterioration of the shear modulus and the enhancement of the damping ratio were most pronounced during the liquefaction-inducing cycle. "
Lengkap +
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sony Pamungkas
"Pesatnya perkembangan teknologi terutama di dalam bidang infrastruktur membuat pembangunan konstruksi di Indonesia meningkat secara cepat. Kualitas dari pondasi dan karakteristik tanah menjadi salah satu peranan penting agar terhindar dari kerusakan dan bencana, khususnya bencana likuifaksi. Minimnya penyelidikan tanah sebagai langkah awal dalam perencanaan dan penentuan lokasi yang aman membuat beberapa infrastruktur dapat mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjadi langkah awal dalam penyelidikan tanah untuk menentukan lokasi yang minim terjadinya bencana terkhusus bencana likuifaksi. Penelitian kali ini menggunakan metode geofisika geolistrik untuk menentukan sifat kelistrikan tanah dan metode geoteknik untuk mengetahui factor of safety (FS) dari nilai cyclic stress ratio (CSR) dan cyclic resistance ratio (CRR) dalam analisis ketahanan tanah terhadap gempa bumi, serta memprediksi tingkat potensi likuifaksi yang terjadi pada daerah penelitian. Hasil menunjukkan pada lintasan geolistrik GL-01 dan GL-02 tersusun atas lapisan sand dan gravel sand dengan nilai tahanan jenis sebesar 100 – 600 Ωm. Berdasarkan litologi dan nilai FS, membuat kedua lintasan tersebut berpotensi terjadinya likuifaksi dengan nilai FS < 1. Pada lintasan GL-03 dan GL-04 didominasi oleh lapisan yang tersusun atas batuan yang keras yaitu granit dengan nilai tahanan jenis sebesar > 1000 Ωm. Hasil menunjukkan pada lintasan tersebut tidak berpotensi terjadi likuifaksi dengan nilai FS >1 karena lapisan dapat menahan beban yang diberikan oleh gempa.
The rapid development of technology, especially in the infrastructure sector, has made construction development in Indonesia increase rapidly. The quality of the foundation and the characteristics of the soil become one of the important roles in order to avoid damage and disasters, especially liquefaction disasters. The lack of soil investigation as a first step in planning and determining a safe location makes some infrastructures can be damaged. Therefore, this study aims to be the first step in soil investigations to determine locations with minimal occurrence of disasters, especially liquefaction disasters. This study uses geophysical geoelectric methods to determine the electrical properties of the soil and geotechnical methods to determine the factor of safety (FS) of the cyclic stress ratio (CSR) and cyclic resistance ratio (CRR) values in the analysis of soil resistance to earthquakes, as well as predicting potential levels of liquefaction that occurs in the study area. The results show that the GL-01 and GL-02 geoelectric tracks are composed of layers of sand and gravel sand with resistivity values of 100 – 600 Ωm. Based on the lithology and FS values, both tracks have the potential for liquefaction with FS values < 1. The GL-03 and GL-04 tracks are dominated by layers composed of hard and compact rock, granite with a resistivity value of > 1000 Ωm. The results show that the tracks has no potential for liquefaction with a value of FS > 1 because the layer can withstand the load given by the earthquake."
Lengkap +
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library