Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saepudin
"ABSTRAK
Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah mempengaruhi
kinerja guru. Kinerja guru menentukan keberhasilan dalam pembelajaran di
sekolah. Pentingnya persiapan mengajar dengan desain RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) yang meliputi pembukaan, kegiatan inti dan evaluasi
dilaksanakan dengan proporsi yang akurat serta menggunakan media yang
modern dan metode yang variasi sehingga mengurangi kejenuhan siswa dalam
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan dan pengaruh antara
supervisi akademik dengan kinerja guru pada jenjang SMA Negeri di Guligas 2
Sliyeg Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada tahun 2011. Analisis ini dilandasi
teori Amatembun (1981) dan Alfonso, Farith, serta Novella (1981) yang isinya
bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya adalah supervisi
akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif (mix method). Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi kemudian dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis regresi sederhana.
Hasil uji korelasi dan regresi bahwa variabel bebas (supervisi akademik)
dalam penelitian ini ada hubungan dan mempengaruhi variabel terikat (kinerja
guru) secara signifikan sebesar 58,8% di Guligas 2 Sliyeg.

Abstract
Academic supervision done by the shool principal influenced teachers
performance. Teachers performance determined teachers success in teaching
learning process. The importance of teachers preparation in teaching by using
lesson plan : opening, core activity and evaluation done by using accurate
proportion and various methods to avoid students' boredom in learning.
The purpose of the research is to analyze the correlation and influence
between academic supervision and teachers performance at SMA Negeri Guligas
2 Sliyeg, Indramayu West Java in 2011. The analisys was based on Amatembun
theory (1981), Alfonso, Farith, and Novella (1981) said that the factor which
influence teachers performance was academic supervision done by the school
principal.
The research is eksplanative research with quantitative and qualitative
approach (mix method). The tecnique of data gathering was through questionaire,
interview and observation then analyzed by simple regression analisys technique.
The result of correlation and regression analisys show that independent
variable (academic supervision) has the correlation and significantly influence the
dependent variable (teachers performance) about 58,8% in Guligas 2 Sliyeg."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T29807
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Citra Purnama
"Penelitian mengenai kesalahan dalam pembentukan jamak oleh mahasiswa Program Studi Belanda tingkat satu bertujuan untuk menjabarkan bentuk-bentuk kesalahan dalam pembentukan jamak yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Belanda tingkat satu dan menjabarkan faktor penyebab munculnya kesalahan tersebut. Dasar teori yang digunakan adalah teori pembentukan jamak bahasa Belanda dan teori tentang kesalahan dalam pembelajaran bahasa asing dan bahasa kedua yang dikemukakan oleh William Littlewood. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 32 mahasiswa Program Studi Belanda tingkat satu yang menjadi responden penelitian. Konten dari angket yang berbentuk soal disesuaikan dengan materi tentang pembentukan jamak yang telah dipelajari oleh pars responden. Konten tersebut terdiri atas sepuluh variabel kategori pembentukan jamak.
Setelah memaparkan sejumlah data dan menganalisisnya, pada akhir penelitian ditarik kesimpulan bahwa bentuk-bentuk kesalahan dalam pembentukan jamak yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Belanda tingkat satu berupa kesalahan dalam ejaan dan kesalahan dalam penentuan akhiran pembentuk jamak. Selain itu, juga ditemukan faktor penyebab munculnya kesalahan tersebut, yakni karena faktor transfer ketentuan akhiran pembentuk jamak bahasa Inggris, faktor generalisasi ketentuan-ketentuan dalam ejaan dan akhiran pembentuk jamak bahasa Belanda, dan faktor penggunaan ketentuan atau aturan dalam pembentukan jamak bahasa Belanda secara bersamaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15829
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rachmat
"Konsep Three Lines of Defence krusial dalam meningkatkan efektivitas pengawasan internal dan manajemen risiko, dengan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sebagai Lini Ketiga. Tesis ini mengevaluasi efektivitas pelatihan auditor di lingkungan Itjen TNI dari aspek pembelajaran (Learning) berdasarkan pendekatan Kirkpatrick dan penyusunan Human Capital Development Plan (HCDP) yang efektif untuk pengembangan SDM APIP. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Total Sampling, kuesioner disebarkan kepada seluruh personel Itjen TNI, dan dari 144 kuesioner, 136 berhasil dikumpulkan dan dianalisis statistik. Hasil evaluasi menunjukkan perubahan positif dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan auditor setelah Diklat. Penetapan kebutuhan Diklat membantu memperkuat kapabilitas APIP dalam melaksanakan tugas secara efektif, mendukung pencapaian tujuan strategis organisasi. Selain itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan antar variabel Perencanaan dan pengorganisasian, peningkatan kualitas, pekerjaan, dan pembelajaran yang dimoderasi oleh HCDP.

The Three Lines of Defense concept is crucial in improving the effectiveness of internal control and risk management, with the Government Internal Supervisory Apparatus (APIP) as the Third Line. This thesis evaluates the effectiveness of auditor training within Itjen TNI from the aspect of learning based on the Kirkpatrick approach and the preparation of an effective Human Capital Development Plan (HCDP) for APIP HR development. Using quantitative methods with Total Sampling techniques, questionnaires were distributed to all Itjen TNI personnel, and out of 144 questionnaires, 136 were successfully collected and statistically analyzed. The evaluation results showed positive changes in auditors' attitudes, knowledge, and skills after the training. Determination of training needs helps strengthen APIP's capability to carry out tasks effectively, supporting the achievement of organizational strategic goals. In addition, there is a positive and significant influence between the variables Planning and organizing, quality improvement, work, and learning moderated by HCDP.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library