Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Fikri Muhammad
Abstrak :
Selama ini, untuk penghitungan kinerja simpang digunakan Manual Kapasitas Jalan (MKJI) yang diterbitkan pada tahun 1997. Namun, kondisi dan perilaku lalu lintas saat ini sudah tidak sama dengan saat penyusunan MKJI. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Bina Marga menerbitkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) pada tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi nilai kinerja simpang eksisting, menganalisis perbedaan kinerja simpang serta meningkatkan kinerja simpang. Penelitian dilakukan di simpang Arion, Jakarta Timur dengan kondisi lalu lintas yang didapatkan secara primer pada jam sibuk pagi pada hari kerja. Hasil penelitian didapatkan nilai derajat kejenuhan pada simpang Arion dalam kondisi eksisting, yaitu 0,87 (MKJI) dan 0,81 (PKJI) pada pendekat utara; 0,4 (MKJI) dan 0,38 (PKJI) pada pendekat barat; 0,81 (MKJI) dan 0,74 (PKJI) pada pendekat selatan; 0,68 (MKJI) dan 0,64 (PKJI) pada pendekat timur. Berdasarkan RMSE perhitungan panjang antrian menggunakan PKJI lebih cocok daripada MKJI jika divalidasi dengan hasil pengukuran di lapangan. Pada skenario peningkatan kinerja, derajat kejenuhan berkurang sebesar 18,39 % (MKJI) dan 17,28 % (PKJI) pada pendekat utara. Pada pendekat selatan terjadi penurunan sebesar 4,9 % (MKJI) dan 4,05 % (PKJI). ......To date, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) which was published in 1997 was used to calculate intersections performance. However, the current traffic conditions and behavior are not the same as when the MKJI was drafted. Therefore, the Direktorat Jenderal Bina Marga issued Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) in 2022. The goal of this study are to investigate the performance of existing intersections, analyze differences in intersection performance and improve intersection performance. The research was conducted at the Arion intersection, Jakarta Timur with traffic conditions obtained primarily during the morning rush hour on weekdays. The results showed that the degree of saturation at the Arion intersection in the existing condition are 0.87 (MKJI) and 0.81 (PKJI) in the north approach; 0.4 (MKJI) and 0.38 (PKJI) in the western approach; 0.81 (MKJI) and 0.74 (PKJI) on the southern approach; 0.68 (MKJI) and 0.64 (PKJI) in the eastern approach. Based on the RMSE, the queue length calculation using PKJI is more suitable than MKJI if it is validated with field measurement results. In the performance improvement scenario, the degree of saturation decreases by 18.39% (MKJI) and 17.28% (PKJI) in the north approach. In the southern approach there is a decrease of 4.9% (MKJI) and 4.05% (PKJI).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Koeswahono
Abstrak :
Kondisi saat ini, dengan pertumbuhan sepeda motor yang tinggi menyebabkan adanya perubahan proporsi komposisi sepeda motor yang akan berakibat terhadap ketetapan nilai emp sepeda motor. Selain persentase sepeda motor kecepatan rata-rata lalu lintas mempengaruhi nilai ekivalensi mobil penumpang (emp). Analisis terhadap faktor sepeda motor dilakukan dengan pendekatan bahwa derajat kejenuhan maksimum. Dengan mendasarkan volume lalu lintas perjenis kendaraan, dan kecepatan rata-rata. Berdasarkan data volume lalu lintas diperoleh proporsi komposisi sepeda motor dan dikelompokkan menjadi tiga kelas berdasarkan distribusi frekuensi persentasenya. Dari sebaran data hubungan arus dan kecepatan diperoleh 2 kelompok data yaitu pada kecepatan diatas 20 km/jam dan kecepatan dibawah 20 km/jam. Nilai emp akan ditentukan dalam 8 kelas. Untuk memperoleh penyesuaian nilai emp yang terbaik maka nilai emp akan disesuaikan pada kondisi perhitungan derajat kejenuhan diatas 1 (satu) yang paling ekstrim atau yang paling tinggi, karena dengan melakukan analisis pada DS tertinggi maka secara langsung akan mengakomodir kondisi-kondisi derajat kejenuhan yang lainnya. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai emp sepeda motor yang sesuai dengan jumlah kelas. Analisis kualitatif terhadap kondisi derajat kejenuhan diatas 1 (satu) dengan memiliki kecepatan diatas 20 km/jam menyatakan kondisi lapangan saat lalu lintas padat kendaraan sepeda motor dapat memfaatkan ruang antar kendaraan lain untuk melakukan pergerakkan. ......The high growth of motorcycles, has resulted on the change of motorcycle composition proportion which will affect on the motorcycle Passenger Car Unit (pcu) value's. The percentage of their speed rate on the road has a great influence on the equivalence value of vehicles (pcu). Degree of saturation approach was used for analyzing the motorcycle factors based on the traffic volume per type of vehicle and its speed rate. From the traffic volume, the proportion of motorcycle composition was obtained and it is divided into three classes using the distribution of its percentage frequency. From the relationship between speed and flow, two units of data were obtained, i.e. data of over 20 km/hour speed and less than 20 km/hour speed. Pcu value was determined in 8 classes. To obtain appropriate and best pcu value, the emp value was adjusted to the condition of degree saturation over 1. Using the analysis of the highest DS, the other degree saturation conditions would be accommodated. Based on the analysis, the motor cycle pcu value adjusted to the number of classes was obtained. Qualitative analysis on the degree of saturation more than 1 with speed over 20 km/hour shows when the traffic is congested, mean while the motorcycles can use spaces between other vehicles.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30139
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover