Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fitri Amalia Nur Majid
"Penelitian ini membahas tentang peta perjalanan pasien di pelayanan rawat jalan RS Kanker “Dharmais” pada tahun 2014. Dalam penelitian ini peneliti berusaha menemukan unit dengan variasi perjalanan pasien tertinggi dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dan metode cross-sectional. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variasi perjalanan pasien tertinggi berada di Instalasi Administrasi Pasien Jaminan (APJ) dengan faktor penyebab antara lain faktor program komputer penunjang, sumber daya manusia, infrastruktur hingga prosedur pelayanan. Penelitian ini juga menemukan bahwa variasi perjalanan pasien dapat mengurangi mutu pelayanan yang diberikan.

The focus of this study is about outpatient journey of “Dharmais” Cancer Hospital in 2014. The purposes of this study are to find where the highest variation of patient journey is exists and to analize the cause of the variation. This research is cross-sectional qualitative. The results of this research show that APJ Instalation is the unit with the highest variation of patient journey. Factors that causing it are software of computer to support the service, human resource, infrastructure, and service procedures. The researcher suggests that high variation of patient journey will reduce the quality of the service."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S57680
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Alyani Fauhan
"Kepuasan pasien pelayanan rawat jalan poli umum akan mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan pada fasilitas pelayanan kesehatan, tak terkecuali pada Klinik Satelit UI Makara Depok selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain cetak biru layanan terkait dengan gambaran alur pelayanan rawat jalan poli umum dan kendala yang terjadi dalam prosesnya serta hasil survey kepuasan pasien yang didapatkan. Desain penelitian ini menggunakan metode observasi pasien dengan pendekatan kualitatif, telaah dokumen, dan wawancara mendalam dengan para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya perbaikan pada tahap alur proses tertentu terutama dalam skrining di bagian pendaftaran. Peneliti membuat desain cetak biru layanan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan hasil kepuasan pasien di masa depan.

Patient satisfaction with general poly outpatient care will affect the quality of health services at health care facilities, including the UI Makara Depok Satellite Clinic during the Covid-19 pandemic. This study aims to obtain a service blueprint design related to the description of the general poly outpatient service flow and the obstacles that occur in the process as well as the results of the patient satisfaction survey obtained. The design of this study used a patient observation method with a qualitative approach, document review, and in-depth interviews with informants. The results of this study indicate that improvements are needed at certain stages of the process flow, especially in screening at the registration section. Researcher made a design of service blueprint as a consideration for improving patient satisfaction outcomes in the future.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library