Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 137 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Satria Utama
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37617
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Listyo Novarianto
Abstrak :
Kesempurnaan pembakaran yang ditandai dengan rendahnya kadar asap dari gas buang, serta penurunan konsumnsi bahan bakar pada mesin Diesel terus menerus dikembangkan dan dilakukan penelitian. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan magnet, yang digunakan pada saluran bahan bakar untuk meningkatkan kemampuan bahan bakar mengikat oksigen, sehingga dapat memberikan efek pembakaran yang lebih sempuma. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa magnetisasi bahan bakar solar (Fuel Magnetizer) dengan magnet pada saluran bahan bakarnya terbukti memberikan efek pembakaran yang lebih sempurna untuk kondisi mesin yang sama. Hal ini terlihat pada penurunan jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin per HP per jamnya (SFC) sarnpai dengan 22%, peningkatan effisiensi thermal sebesar 4,7%, dan penurunan kadar asap (opasitas) sebesar 3,1%. Efek magnetasi bahan bakar yang terbaik adalah dengan meletakkan magnet sedekat mungkin ke fuel filter pada mesin diesel dan meletakkan magnet ke-2 dekat dengan magnet (1), atau pada posisi X. Semakin lama penggunaan magnetasi pada saluran bahan bakar mesin diesel maka akan semakin baik, hal tersebut dapat dilihat pada penurunan SFC terbesar dan peningkatan effisiensi thermal terbesar terjadi pada mesin dengan pemakaian magnetasi bahan bakar selama beberapa jam
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Schulz, Erich J.
New York : McGraw-Hill , 1983
621.436 SCH d (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Calder, Nigel
Glasgow: J. Munroe & company, limited, 1927
623.872 CAL m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schulz, Erich J.
New York: McGraw-Hill, 1982
629.225 SCH d I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schulz, Erich J.
New York: McGraw-Hill, 1982
629.225 SCH d II
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kates, Edgar J.
Chicago : American Technical Society , 1974
621.436 KAT d (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arie R. Iskandar
Abstrak :
Dari hari ke hari sumber daya alam semakin menipis. Sementara itu, kebutuhan manusia akan energi terus bertambah. Hal itu mendorong meningkatnya harga bahan bakar minyak. Hal ini jelas akan membebani para pengguna bahan bakar minyak di seluruh dunia. Khusus untuk masyarakat Indonesia, krisis moneter yang sedang terjadi saat ini membuat harga bahan bakar semakin terasa membebani. Untuk itu perlu diadakan suatu penelitian untuk mengamati biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan oleh eeorang pemilik kendaraan. Penelitian ini bermjuan untuk memberikan gambaran secara umum mengenai biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan setiap periodenya oleh seorang pemilik kendaraan. Dengan begitu diharapkan pemilik kendaraan dapat membuat anggaran biaya yang seefektif dan seefisien mungkin serta dapat mempertimbangkan intensitas penggunaan kendaraau yang dimiliki. Selain itu, dari penelitian ini juga akan dilihat kecenderungan konsumsi bahan bakar kendaraan terhadap umur pakainya. Pada penelitian ini digunakan kendaraan Toyota Kijang Diesel '97 sebagai sarana pengambilan data. Kendaraan tersebut rata-rata rnenempuh jarak sekitar 36,8 km per harinya. Dari hasil pengolahan data didapatkan grafik Serta persamaan peningkatan konsumsi bahan bakar dan peningkatan biaya yang harus ditanggung seorang pemilik kendaraan atas bahan bakar, pajak, Serta biaya perawatan berkala. Selain itu, dari penelitian ini dapat dilihat kecenderungan penurunan rasio bahan bakar terhadap jarak tempuh yang berarti meningkatnya konsumsi bahan bakar. ......From time to time, natural resources are getting less. Meanwhile, human needs of energy are increasing. It has encouraged the increasing cost of fuel. Obviously, it will burden the users of fuel all around the world. Especially for Indonesian people, the monetary crisis that happen at the moment has made the cost of fuel become more a burden. Therefor, a research to observe fuel cost is needed. This research's goal is to give a general perception about fuel cost that a car owner has to spend, so a car owner can make a more effective and more efficient budget planning, and able to consider a better car usage intensity. Moreover, by this research the tendency cars's fuel consumption against its lifetime will be observed. This research uses a Toyota Kijang Diesel '97 as a mean for dat gathering. This vehicle has travelled I average of 36,8 km each day. Regression analysis and graphs of fuel co.st is gained from the data processing. More ver, from this esearch, the tendency of fuel-distanee rasio which means in the increasing of fuel consumpt·on will be presented.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37080
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jones, Clive T.
New York: McGraw-Hill, 1991
R 621.4368 JON d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Ali Rimbasa
Abstrak :
Bahan bakar minyak memainkan peran yang sangat penting dalam pengembangan industri, transportasi, pertanian serta aktivitas manusia lainnya. Bahan bakar minyak yang umum digunakan adalah bahan bakar berbasis fosil yang jumlahnya terbatas, tidak terbarukan serta berdampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu dewasa ini penelitian dan produksi bahan bakar bersih dan terbarukan berbasis minyak nabati dan lemak hewani marak dilakukan. Biodiesel sebagai bahan bakar nabati yang populer untuk substitusi minyak diesel konvensional didapati masih banyak kelemahan baik di dalam proses produksinya maupun dari kualitas produk biodiesel itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi konversi minyak nabati yang lebih efisien dan menghasilkan bahan bakar setara solar atau yang dikenal renewable diesel. Teknologi hydrotreating katalitik sebagai existing technology di kilang pengolahan minyak bumi memiliki kemampuan untuk mengkonversi baik trigliserida maupun asam lemak bebas melalui satu tahap reaksi menjadi hidrokarbon jenis parafinik setara minyak diesel konvensional yang tidak mengandung senyawa oksigen sehingga stabilitasnya lebih baik dari biodiesel. Proses Hydrotreating katalitik berbasis NiMo/ɣ-Al2O3 yang dikerjakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk minyak diesel terbarukan (Renewable Diesel) setara minyak diesel konvensional dengan menggunakan umpan minyak kemiri sunan yang pemanfaatannya masih menggunakan proses transesterifikasi menghasilkan produk biodiesel. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu preparsi katalis, karakterisasi katalis dan sintesis renewable diesel dengan proses hydrotreating. Hasil katalis yang telah dipreparasi dilakukan karakterisasi dengan Brunaur Emmet Teller (BET) dan didapat luas permukaan 105.5 m2/g serta volume dan diameter pori masing-masing sebesar 0.1842 cc/g dan 34.93 A0. Kemudian identifikasi dengan X-ray diffraction (XRD) menunjukan keberadaan logam Mo dan persebarannya dalam support yang cukup merata. Hasil Scanning Electron Microscope (SEM) yang diperkuat X-ray Energy Dispersive (EDX) menggambarkan keberadaan logam Ni dan Mo dalam suatu komposisi mikro dan tekstur persebaran dari logam-logam aktif yang cukup merata. Produk hasil proses hydrotreating dengan variasi tekanan, suhu dan rasio berat katalis terhadap umpan minyak nabati dianalisis menggunakan Gas Chromatography (GC) dan dilakukan uji sifat fisika kimianya. Hasil GC menunjukan kenaikan suhu dan tekanan operasi meningkatkan yield produk hidrokarbon range diesel dengan yield tertinggi sebesar 30.95% pada tekanan 60 bar dan suhu 400 0C. Nilai konversi dan selektifitas adalah masing-masing 33.48% dan 95.72% dengan arah reaksi cenderung ke mekanisme decarbonylation. Perubahan di dalam rasio berat katalis terhadap umpan minyak nabati tidak mempengaruhi yield produk secara keseluruhan. Analisis sifat fisika dan kimia terhadap produk sebelum dilakukan distilasi menunjukan penurunan nilai densitas, viskositas, angka iod dan angka asam yang cukup signifikan dan mendekati spesifikasi minyak diesel komersial. ......Fuel plays a very important role in the development of industry, transportation, agriculture and other human activities. The ordinary fuel derived from fossils which has a limited reserves due to they are not renewable and have a negative impact on the environment. Therefore, currently the research and production of clean and renewable fuels based on vegetable oils and animal fats had been conducted extensively. Biodiesel as a biofuel that is popular for the substitution of conventional diesel oil was found still has some weaknesses both in the production process as well as on the quality biodiesel product itself. Therefore a technology for conversion of vegetable oil in efficient way is needed to produce equivalent diesel fuel or renewable diesel. Catalytic hydrotreating technology known as an existing technology in petroleum refineries has the ability to convert both triglycerides and free fatty acids through one reaction stage into hydrocarbons types paraffinic oil equivalent conventional diesel that contains no oxygen compounds thus better stability than biodiesel. Catalytic Hydrotreating process based on NiMo/ɣ-Al2O3 was conducted in this study aims to obtain renewable diesel oil products as well as conventional diesel oil using the feedstock of kemiri sunan oil which the utilization is still using the transesterification process to produce biodiesel. This research was conducted in three phases, namely catalysts preparation, catalyst characterization and synthesis of renewable diesel by hydrotreating process. The results of the prepared catalyst was characterized by Brunaur Emmet Teller (BET) and obtained 105.5 m2/g for the surface area and the pore volume and diameter of each are 0.1842 cc/g and 34.93 A0. Then identify with X-ray diffraction (XRD) showed the presence of metal Mo and spreading on the support of catalyst was fairly uniform. The results of Scanning Electron Microscope (SEM) were amplified Energy Dispersive X-ray (EDX) describes the presence of metal Ni and Mo in a micro composition and texture distribution of active metals are fairly evenly. Hydrotreating process products with variations in pressure, temperature and weight ratio of catalyst to feed vegetable oils were analyzed using Gas Chromatography (GC) and test of the physical and chemical properties. GC results showed the increase in operating pressure and suhue increased the yield hydrocarbon products in the range diesel with the highest yield of 30.95% at a pressure of 60 bar and temperature of 400 0C. The conversion and selectivity is 33.48% and 95.72% where the reaction route tends to the decarbonylation mechanism. Changes in the weight ratio of catalyst to feed the vegetable oil did not affect the overall product yield. Analysis of physical and chemical properties of the product prior to distillation showed a decrease in the value of density, viscosity, iodine numbers and acid numbers are quite significant and closer specification commercial diesel oil.
2015
T44606
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>