Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shiddiq Sugiono
"Chatbot merupakan salah satu teknologi digital berbasiskan kecerdasan buatan yang telah dimanfaatkanberbagai perpustakaan untuk menunjang efisiensi layanan informasi. Pemanfaatan chatbot tersebut dinilai mampu menciptakan ekosistem smart library sehingga penting untuk terus dikembangkan agar pelangganmerasa puas terhadap pelayanan informasi yang diberikan. Kajian ini bertujuan untuk memberikangambaran mengenai manfaat yang dapat diperoleh perpustakaan dari pengimplementasian chatbot untukmencapai konsep smart library. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah tinjauan literatur dari basis data Google Scholar dan Scopus. Terdapat 5 artikel sebagai data penelitian utama. Hasil penelitianmenyebutkan bahwa setidaknya terdapat 2 manfaat yang dapat didapatkan dari pengimplementasianchatbot dalam layanan informasi perpustakaan yaitu: layanan informasi terpersonalisasi serta integrasi ruang siber dengan perpustakaan. Dalam layanan informasi terpersonalisasi, pelanggandapat memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus terbebani dengan informasi yangtidak diperlukan. Adapun dalam mengintegrasikan ruang siber dengan kehidupan nyata, pelanggansudahmampu mengakses layanan tanpa harus datang ke lokasi. Efisiensi menjadi kata kunci dalampemanfaatan teknologi untuk mendukung layanan perpustakaan. Penelitian empiris lebih dalammengenai chatbot, khususnya di Indonesia, perlu dilakukan untuk dapat mengembangkan serta mengevaluasi pemanfaatan teknologi tersebut."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2021
020 VIS 23:3 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Padelih
"Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Untuk mengetahui secara komprehensif bagaimana pemanfaatan tesis digital yang ada di Perpustakaan MM-FEUI, maka kajian skripsi ini akan melihat faktor internal dan eksternal dari kegiatan evaluasi. Dari sisi internal, evaluasi akan membahas konteks user-centered di Perpustakaan MM-FEUI. Sedangkan untuk mengevaluasi faktor eksternal, evaluasi akan membahas konteks system-centered pada Perpustakaan MM-FEUI. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada penguna yang sudah pernah memanfaatkan tesis digital dan berstatus sebagai mahasiswa MM-FEUI. Sedangkan pengumpulan data-data sekunder dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada kepala Perpustakaan MM-FEUI dan pengamatan pada bagian yang menangani pengelolaan tesis digital. Selain melakukan penyebaran kuesioner, wawancara dan melakukan pengamatan, penulis juga melakukan studi bibliografis untuk menunjang kelengkapan data penelitian. Data yang terkumpul lalu diolah dengan tujuan agar seluruh data yang terkumpul dapat disajikan dalam bentuk susunan yang baik dan rapi untuk kemudian dianalisa. Pengolahan basil penelitian akan dilakukan dengan bantuan SPSS versi 12.0. Kemudian basil pengolahan yang didapat dibuatkan tabel frekuensi dan di analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi user-centered pemanfaatan tesis digital di Perpustakaan MM-FEUI sudah baik Dikatakan demikian karena terdapat data sebagian besar mahasiswa MM-FEUI telah terbiasa menggunakan digital untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Selain itu dalam rentang waktu dua tahun terakhir terjadi peningkatan dalam hal pemanfaatan tesis digital oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah. Sedangkan dari sisi system-centered, ditemukan bahwa Kinerja MM-Digilib sebagai sarana intermediary ke tesis digital masih kurang optimal karena sebagian besar dari mahasiswa MM-FEUI banyak yang merasa kinerja MM-DIgilib masih kurang cepat. Sedangkan dari segi interface hamper setengah dari mahasiswa merespon desain interface pada MM-Digilib masih kurang menarik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
S15737
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library