Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ariawan Andi Suhandana
"Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti dalam melakukan tugas dan fungsi kelembagaan membutuhkan ketersedian data yang cepat dan akurat. Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan akan sistem informasi pengelolaan data perguruan tinggi sangat diperlukan terutama data perguruan tinggi yang bermasalah, saat ini pengelolaan yang dilakukan dengan cara manual yang disimpan kedalam file excel yang tentu saja mempunyai keterbatasan yang sangat banyak. Hal tersebut mengakibatkan permasalahan dalam pengawasan proses dan permasalahan pada perguruan tinggi yang bermasalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan perancangan sistem informasi perguruan tinggi bermasalah yang dapat memenuhi proses bisnis yang ada.
Dalam penilitian ini dilakukan perancangan Requirements sistem informasi yang memenuhi kebutuhan pengolahan yang ada saat ini. Perancangan ini menggunakan metode Rational Unified Process, dimana perancangan mengikuti workflow requirements dan dilakukan secara iteratif sebanyak 3 iterasi. Hasil penelitian berupa dokumen Requirement Artefact Set yang menjabarkan secara rinci kebutuhan dari sistem informasi pengolahan.

Directorate General of Institutional Affairs of Science, Technology and Higher Education in performing tasks and institutional functions requires the availability of data quickly and accurately. Along with the passage of time, the need for information systems of university data management is very necessary especially the data of colleges in violation. Currently, the management is manually stored into excel files which of course have a lot of limitations. This practice resulted in problems in the supervision of the process as well as the problems at the college in violation. To overcome these problems, it is required the design of information systems for problematic colleges that can meet existing business processes.
This research used the design of requirements information system that meets the existing processing needs. This design employs the Rational Unified Process method, where the design follows the workflow requirements and is done iteratively as much as 3 iterations. The results of the study are the Requirement Artefact Set document that elaborates in detail the needs of the problematic college information system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Ramlan
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa produktivitas dosen perguruan tinggi negeri dalam bidang penelitian sangat bervariasi. Hal ini bila diukur dari jumlah mereka ( Doses Universitas/Institut Negeri ) yang mengajukan proposal penelitian ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan dinyatakan lolos seleksi untuk dibiayai tergolong masih rendah dan bervariasi. Diduga ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Melalui penelitian ini dicoba ungkapkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi produktivitas dosen perguruan tinggi dalam bidang penelitian. Adapun faktor-faktor yang dianalisis yaitu : Kompetensi dosen, Pelatihan, Motivasi, iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja. Kelima prediktor ini diduga mempunyai hubungan korelasi dengan produktivitas dosen dalam bidang penelitian.
Berangkat dari asumsi ini hipotesis penelitian dibuat: terdapat hubungan yang signifikan antara variabel-variabel bebas (sumber daya manusia/kompetensi dosen, pelatihan, motivasi, iklim organisasi, dan kepuasan kerja) dengan produktivitas dosen dalam bidang penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas dosen dalam bidang penelitian. Dengan diketahuinya faktor-faktor yang berpengaruh tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengambil kebijakan baik di tingkat Departemen maupun di tingkat Lembaga Perguruan Tinggi tempat dosen bekerja untuk mengambil kebijakan yang tepat. Diharapkan melalui serangkaian evaluasi kebijakan, umpan balik, dan perbaikan, produktivitas dosen di bidang penelitian bisa ditingkatkan.
Subyek penelitian ini adalah dosen perguruan tinggi negeri, non akademi dan politeknik yaitu peserta penelitian program berbagai bidang ilmu. Dengan demikian, populasinya adalah dosen peserta program penelitian berbagai bidang ilmu sebanyak 886 orang. Sampel diambil secara purposive dengan memilih 137 peneliti berdasarkan kelompok universitas/institut dan pesebaran bidang ilmu yang dievaluasi terhadap artikel ilmiah peneliti/dosen dari semua perguruan tinggi negeri yang diundang mengikuti seminar nasional. Mereka dianggap cukup mewakili semua perguruan tinggi yang ada karena tersebar pada 44 perguruan tinggi (Universitas/Institut ) yang berlokasi di Jawa dan luar Jawa.
Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dari isian kuesioner diolah dengan perhitungan statistik. Metode regresi, stepwise, uji t, dan uji F digunakan untuk mengetahui hubungan/korelasi antara variabel bebas yang berkontribusi dominan dalam mempengaruhi variabel terikat, dan pengujian hipotesis.
Analisis kualitatif digunakan untuk mengkomfirmasikan hasil temuan empirik penelitian ini dengan teori-teori yang dikembangkan dan temuan-temuan penelitian yang sudah ada.
Temuan penting dalam penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor kompetensi dosen, pelatihan, iklim organisasi, motivasi kerja, dan kepuasan kerja, nyata-nyata berpengaruh secara signifikan dengan produktivitas dosen perguruan tinggi dalam bidang penelitian. Dari kelima faktor tersebut setelah dilakukan perhitungan dengan metode stepwise, faktor kompetensi dosen mempunyai kontribusi yang paling besar dalam mempengaruhi produktivitas dosen dalam bidang penelitian, diikuti oleh faktor iklim organisasi, pelatihan, kepuasan kerja, dan motivasi.
Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar ada kebijakan yang lebih reformatif terutama di bidang pengembangan kompetensi dosen, pelatihan, penataan kelembagaan/organisasi baik pada tingkat departemen maupun pada tingkat perguruan tinggi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dosen dalam bidang penelitian khususnya."
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahid Nashihudin
"Journal accreditation program aims to improve the quality and quantity of publications in the scientific community so as to competitiveness on the international scientific periodicals. This study aims to: (1) describe the journals that have been accredited by LIPI and Higher Education, which is viewed from the aspect field of science, the agency issuing, and the city of an issue; and 2) know the effort in preparing for publication journal managers become accredited and reputable international journals. Data sourced from literature studies, in the form of regulatory documents, articles, papers and presentations related to the accreditation of scientific periodicals. The data were analyzed descriptively. The conclusion of this study, namely: (1) 362 accredited journals, from LIPI total of 190 journals and 172 journals a number of Higher Education; the number of accredited journals is considered still relatively very small (only about 5.17%) when compared to the total number of indexed journals Indonesia ISJD (about 7000 journals); (2) accredited journals LIPI and DIKTI mostly from the city of Jakarta (of 113 journals, or 31.22%) to the science of Agriculture Veterinary Medicine and the Environment (43 accredited journals LIPI) and the health sector (34 accredited journal Higher Education); (3) the agency issuing the journal mostly from ministries agencies (134 journals or 70.53%) and university (99 journals or 57.56%); and (4) journal managers should immediately publish the journal in electronic version by paying attention to scientific principles in order to get the title of accredited and reputable international journals."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library