Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Natasha Mariska
"Di Indonesia, baru satu perusahaan laboratorium klinik yang sudah go public, namun harga saham perusahaan ini jatuh dan tidak pernah kembali ke harga IPO-nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengelola reputasinya sebelum dan sesudah IPO melalui pengungkapan perusahaannya. Untuk mengetahui apa yang menjadi fokus pengungkapan perusahaan dan juga untuk mengetahui apakah pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan sudah mencerminkan kinerja perusahaan, penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan analisis isi dan analisis tematik pada prospektus perusahaan dan laporan tahunan perusahaan dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan perusahaan dalam prospektus mereka lebih fokus pada kualitas layanan mereka untuk mempromosikan layanan yang mereka berikan dan strategi mereka di masa depan. Sedangkan pada saat menganalisis realisasi strategi yang dipaparkan perusahaan pada prospektus, sebagian besar perusahaan tidak dapat merealisasikan strateginya, sehingga untuk menjaga reputasinya, dalam laporan tahunannya pengungkapan perusahaan lebih difokuskan pada kualitas manajemen dan kinerja keuangannya. Kedepannya penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk melihat bagaimana perusahaan mengelola reputasinya setelah melakukan IPO.
In Indonesia, there has been only one clinical laboratory company that has gone public, but this company's stock price has fallen and never returned to its IPO price. This study aims to know how the company manage their reputation pre and post IPO through their company’s disclosure. To determine the focus of the company’s disclosure and to find out whether the company's disclosure already reflects the company’s fundamental performance, this study uses case study approach by conducting content analysis and thematic analysis on the company prospectus and company annual reports from 2016 to 2020. The result shows that the company’s disclosure in their prospectus are more focused on their services quality to promote the services they provide and their strategy in the future. While analyzing the realization of their strategy, the company mostly can not realize their strategy, so to maintain their reputation, the annual report the company disclosure are more focused on their management quality and their financial perfomance. In the future this study is expected to be used as a way to see how companies manage their reputation after conducting IPO. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library