Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
David Martinus
"ABSTRAK
Pengadaan Bahan Bakar Minyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
di seluruh wilayah Indonesia, merupakan tugas pokok Badan Usaha Milik
Negara PERTAMINA. Oleh sebab itu upaya penyempurnaan didalam pola
penyaluran/distribusi BBM perlu terus dilakukan untuk menghindari terjadinya
in-efisiensi. Dalam Tesis ini, penelitian diarahkan pada pola distribusi pada
daerah-daerah terpencil, namun tingkat pemakaian BBM-nya relatif masih
kecil.
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan pola
penyaluran/distribusi BBM dalam bentuk rute pelayaran yang efisien dan
murah serta dapat menekan kemungkinan terjadi dead freight dalam program
pengapalan BBM (shipment) dengan penerapan Model Jaringan - Susunan
Perentangan Minimum.
Metodologi yang digunakan meliputi penelitian awal untuk mengetahui
sistem penyaluran/distribusi BBM di wilayah UPPDN VII Cabang Manado saat
ini. Langkah berikutnya adalah pengumpulan data, berupa data kebutuhan
BBM, data kegiatan operasi perkapalan (operation sheet) yang dilanjutkan
dengan proses pengolahan data dan pada tahap akhir dilakukan simulasi
penjadwalan kapal (ships scheduling).
Hasil penerapan susunan perentangan minimum menunjukkan biaya
angkutan laut adalah sebesar Rp. 2,345,902,829,- per bulan, sementara itu
realisasi biaya angkutan laut saat ini adalah Rp. 2,911,822,587.50,- per bulan,
sehingga terdapat selisih biaya sebesar Rp. 565,919, 758.50,- per bu Ian.
Dengan demikian dalam waktu 1 tahun besarnya biaya yang dapat dihemat
adalah sebesar Rp. 6,791,037, 102,-.
Hasil evaluasi/analisa menunjukkan bahwa penerapan model jaringan -
susunan perentangan minimum dapat memberikan biaya angkutan laut yang
murah, faktor dead freight yang kecil, kebutuhan unit kapal yang kecil dan
rute pelayaran yang efisien.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T41222
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cecilia
"
Sistem distribusi BBM bersubsidi di Indonesia tidak berjalan dengan baik sehingga berdampak pada penurunan ketersediaan BBM di Indonesia. Untuk itu dilakukan penelitian terhadap sistem distribusi BBM bersubsidi Indonesia. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah mendapatkan suatu model perkiraan dinamis distribusi BBM agar dapat diketahui berapa jumlah persediaan minyak dalam beberapa tahun ke depan sehingga dapat menghasilkan aktivitas sistem yang efektif dan efisien. Penelitian ini dibatasi dengan BBM bersubsidi premium di Indonesia. Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap sistem distribusi ini adalah variabel jumlah produksi dan konsumsi BBM premium di Indonesia per tahun. Variabel-variabel yang diambil mulai dari tahun 2000 sampai 2030. Permodelan sistem distribusi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistem dinamik yang digambarkan dalam suatu diagram sebab akibat. Model ketersediaan BBM terdiri dari dua sub model yaitu sub model persediaan dan sub model kebutuhan konsumsi. Ada empat skenario menurut tujuan model, yaitu (1) skenario tanpa kebijakan; (2) skenario dengan kebijakan peningkatan harga BBM; (3) skenario dengan kebijakan penggunaan jenis BBM lain; (4) skenario dengan kebijakan pembatasan kendaraan bermotor. Setiap skenario akan menghasilkan perkiraan ketersediaan BBM yang berbeda-beda."
2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rini Dian Sari
"Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan komoditi yang vital dan mempunyai nilaiĀ  strategis bagi konsumen dan produsen sehingga diperlukan nilai optimal kuantitas BBM dan faktor-faktor yang berpengaruh pada proses distribusi. Penelitian ini mengambil kasus pendistribusian BBM di wilayah Maluku untuk memecahkan masalah distribusi BBM yang bertujuan agar permintaan BBM kepada konsumen tetap terjaga dan dengan tetap meminimumkan biaya distribusi perusahaan. Model Mix Integer Linier Programming (MILP) menjadi solusi yang ditawarkan pada penelitan ini.
Penelitian terdahulu hanya yang meneliti distribusi BBM masih belum ada yang memasukan faktor multi depot, multimoda transportasi, analisis skenario distribusi normal, kebencanaan dan lonjakan permintaan dengan tetap memperhitungkan jarak tempuh dan kondisi geografis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai optimal kuantitasi distribusi BBM dan factor-factor yang berperan dalam proses distribusi BBM untuk masing-masing skenario yang dianalisis.

Fuel oil (BBM) is a vital commodity and has a strategic value for consumers and producers so that the optimal value of the quantity of fuel and the factors that affect the distribution process are needed. This study takes the case of the distribution of fuel in the Maluku region to solve the problem of fuel distribution which aims to keep the demand for fuel to consumers maintained and by minimizing the company's distribution costs. The Mix Integer Linear Programming (MILP) model is the solution offered in this research.
Previous studies have only examined the distribution of fuel, but none have included multi-depot factors, multimodal transportation, analysis of normal distribution scenarios, disasters and surges in demand while still considering mileage and geographical conditions. The results of the research that has been carried out obtained the optimal value of the distribution of fuel quantity and the factors that play a role in the process of fuel distribution for each scenario that being analyzed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T55064
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library